7+ Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil & Merawat Supaya Bisa Awet

CARA MEMBERSIHKAN KACA LAMPU MOBIL

Saat memiliki kendaraan bermotor khususnya mobil, tentu harus rajin untuk membersihkannya. Tidak hanya bagian body mobil saja, akan tetapi kaca lampu juga perlu untuk dibersihkan. Hal ini agar nyala lampu tidak terhalang kotoran atau goresan. Cara membersihkan kaca lampu mobil pun bisa dilakukan sendiri.

Alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembersihan cukup mudah untuk ditemukan. Jadi, bisa melakukan pembersihan di rumah saat mempunyai waktu luang. Diperlukan tata cara yang benar agar saat membersihkan berjalan dengan lancar. Berikut urutan cara yang bisa diikuti :


1. Siapkan Peralatan

Siapkan Peralatan

Untuk memulai tahap pembersihan, maka diharuskan untuk menyiapkan peralatan terlebih dahulu. Hal ini harus disiapkan agar proses pengerjaan berjalan dengan cepat. Peralatan yang perlu disiapkan adalah kain, amplas, oli, cairan pembersih, dan alkohol. Taruhlah peralatan tersebut pada kotak alat perkakas agar mudah untuk mengambilnya. Letakkan juga kotak itu dekat dengan tempat pembersihan kaca lampu.


2. Mengelap Kaca Lampu

Mengelap Kaca Lampu

Kaca lampu mobil tentunya berdebu karena sering dipakai keluar. Tahap pertama untuk membersihkannya yaitu dengan mengelap kaca tersebut. Gunakanlah kain bersih untuk melakukan pembersihan. Hal ini bertujuan agar kaca bisa cepat bersih dan debu akan menempel pada kain tersebut. Lakukan pengelapan secara perlahan secara berulang-ulang. Selain itu, bisa juga mengelap dengan arah yang sama.

Baca Juga: Komponen AC Mobil Dan Fungsinya


3. Oleskan Cairan Pembersih

Oleskan Cairan Pembersih

Jika kaca sudah bersih setelah dilap, maka cara membersihkan kaca lampu mobil selanjutnya adalah mengoleskan cairan pembersih. Cairan ini bisa dibeli di bengkel atau di toko yang menjual perlengkapan otomotif. Oleskan cairan pembersih menggunakan kuas yang kecil. Di samping itu, kuas juga harus memiliki tekstur yang halus agar tidak merusak kaca lampu tersebut.


4. Gosok dengan Kain Bersih

Gosok Dengan Kain Bersih

Setelah tahap pengolesan selesai, maka gosok ah bagian tersebut menggunakan kain bersih. Lakukan penggosokan secara merata atau meliputi seluruh bagian kaca lampu mobil. Jangan menyisakan cairan pembersih pada kaca tersebut. Sebaiknya segera dilap agar tidak tertumpuk dengan debu atau kotoran. Lakukanlah penggosokan secara berulang sekitar dua sampai tiga kali agar hasil semakin bersih.

Baca Juga: Kenapa AC Mobil Tidak Dingin


5. Amplas Kaca dengan Cairan Alkohol

Amplas Kaca Dengan Cairan Alkohol

Jika kaca lampu mobil memiliki goresan atau lecet, maka harus dilakukan pengamplasan. Pada tahap ini bertujuan agar goresan pada kaca tersebut bisa hilang. Saat mengamplas, bisa juga menggunakan cairan alkohol agar hasil semakin halus. Hindari melakukan pengamplasan dengan kasar dan tergesa-gesa karena itu akan merusak bahan kaca. Lakukan hingga goresan benar-benar bersih dan hilang. 


6. Tunggu Sampai Kering

Tunggu Sampai Kering

Tunggulah cairan alkohol meresap pada kaca setelah diamplas. Jika ingin kering dengan cepat, proses pengeringan bisa dilakukan di bawah paparan sinar matahari. Hal ini kurang lebih memakan waktu dua sampai lima menit tergantung dari panasnya sinar matahari. Setelah melewati menit tersebut, lakukanlah pengecekan dengan memegang kaca lampu apakah sudah kering atau belum.

Baca Juga: Ciri Kompresor AC Mobil Rusak


  7 Ciri Ciri Aki Mobil Soak dan Tips Perawatan Aki Mobil Supaya Awet

7. Lakukan Pengecekan Ulang

Lakukan Pengecekan Ulang

Tahap paling akhir yaitu mengecek ulang apakah masih ada kotoran yang tersisa pada kaca lampu mobil. Jika masih ada, maka harus dibersihkan secara ulang seperti cara pada awal tadi. Lakukan pembersihan di area yang dirasa masih kotor atau masih terdapat goresan yang mengganggu penampilan kaca lampu mobil.

Demikian rincian cara membersihkan kaca lampu mobil yang wajib untuk diingat. Lakukan pembersihan secara hati-hati agar tidak ada kerusakan pada kaca lampu. Hindari juga hal-hal yang dilarang pada langkah-langkah yang tertera di atas. Rutin membersihkannya merupakan salah satu kunci agar tampilan kaca terlihat baik.

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *