Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram : Ulasan Manjakan

CARA MEMBERSIHKAN KACA LAMPU MOBIL YANG BURAM

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram  – Lampu mobil merupakan salah satu bagian terpenting dalam berkendara. Saat malam hari, lampu mobil yang kusam akan membuat penerangan lampu kurang maksimal.

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram berikut ini akan memaparkan langkah-langkah membersihkan bagian tersebut tanpa perlu membawanya ke salon perawatan.

Sebenarnya, kaca mobil yang buram ini bisa dengan mudah dibersihkan dengan membawanya ke salon perawatan mobil. Namun, biayanya cukup mahal. Karena itu, bagi yang memiliki waktu luang dan ingin mengisi kegiatan saat dirumah saja, pengguna bisa melakukannya sendiri dengan peralatan sederhana dan mudah dijumpai. Berikut langkah-langkahnya.


1. Siapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Siapkan Alat Alat Yang Dibutuhkan

Sebelum mulai proses pembersihan, pengguna perlu menyiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu. Seperti kanebo dan kain microfiber, air hangat, sabun khusus mencuci mobil, compound (jika tidak ada bisa gunakan pasta gigi). Dibutuhkan juga amplas 1000 dan 2000 serta pertamax atau pertalite.


2. Cuci Bagian Kaca Lampu Mobil

Cuci Bagian Kaca Lampu Mobil

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram pertama yakni cuci lampu terlebih dahulu menggunakan cairan khusus pembersih mobil. Jika sudah, keringkan dengan kanebo. Pencucian dimaksudkan agar kotoran yang menempel pada kaca terangkat. Proses pembersihan selanjutnya pun bisa berjalan maksimal.


3. Buat Ramuan Untuk Membersihkan Kaca Lampu Mobil

Buat Ramuan Untuk Membersihkan Kaca Lampu Mobil4

Langkah selanjutnya yakni membuat ramuan pembersih kaca lampu. Caranya, dengan mencampurkan pertamax atau pertalite dengan cairan pembersih mobil. jika tidak ada, pengguna bisa menggantinya dengan sabun cuci piring cair. Rasio perbandingan keduanya yakni tujuh banding tiga puluh atau atau enam banding empat.

Jika ramuan sudah selesai diracik, mulailah mengamplas dengan menggunakan amplas 2000. Lakukan sambil mencelup amplas dalam ramuan tersebut. Jika sudah mulai terlihat bersih, siram kaca mobil dengan air, kemudian lakukan pengamplasan kembali menggunakan amplas 1000.

Jika kaca mobil masih terlihat buram, pengguna bisa kembali melanjutkan dengan amplas 200 sampai kaca benar-benar bersih. Setelah bersih, keringkan menggunakan lap.


4. Mengoleskan Compound Atau Odol Pada Lampu Kaca Mobil

Mengoleskan Compound Atau Odol Pada Lampu Kaca Mobil

Jika sudah bersih, oleskan odol atau compound pada permukaan kaca lampu mobil. untuk hasil maksimal disarankan menggunakan compound karena kandungan bahannya bersifat mengikis. Sehingga baret maupun lecet pada bagian tersebut bisa tertutup dengan sempurna.


5. Jika Kaca Lampu Mobil Berwarna Kuning

Jika Kaca Lampu Mobil Berwarna Kuning

Apabila lampu mobil buram karena berwarna kuning, bersihkan dengan compound dan odol sekaligus. Caranya, oleskan odol secara merata pada bagian yang menguning. Biarkan sebentar, kemudian bilas menggunakan air bersih. Keringkan dengan lap atau kanebo.


6. Jika Terdapat Baret Atau Goresan

Jika Terdapat Baret Atau Goresan

Bila kaca lampu mobil memiliki goresan atau baret halus, pengguna bisa mengamplas kembali. Gosok bagian yang tergores menggunakan air yang dicampur alkohol sampai tidak terlihat. 

Pengguna dapat menutupi bodi daerah sekitar lampu menggunakan kain untuk menghindari cat mobil tergores amplas. Untuk memudahkan, pengguna juga bisa mencelupkan amplas terlebih dahulu ke air.


  7+ Cara Mengendarai Mobil Manual di Belokan Supaya Aman & Nyaman

7. Cara Menggosok Kaca Lampu Mobil yang Benar

Cara Menggosok Kaca Lampu Mobil Yang Benar

Cara menggosok kaca lampu mobil yang benar adalah gosok secara perlahan searah maupun berlawanan dengan jarum jam. Saat proses pembersihan, jangan terlalu menekan ampelas. Gunakan juga lap microfiber atau kain dengan permukaan halus untuk menghindari bekas goresan atau lecet.

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram diatas bisa dengan mudah dilakukan sendiri di rumah. Untuk memastikan lampu mobil sudah berfungsi kembali dengan maksimal, cobalah untuk menyalakan dan sorotkan lampu ke arah tembok. Jika sudah memberikan cahaya yang terang dan baik, maka proses pembersihan berhasil.

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.