6+ Cara Membersihkan Blok Mesin Motor & Merawat Supaya Bisa Awet

CARA MEMBERSIHKAN BLOK MESIN MOTOR

Kendaraan menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam kehidupan masa kini. Salah satu kendaraan yang banyak digunakan yakni motor. Untuk menjaganya lebih awet dan tahan lama, motor hendaknya dibersihkan secara rutin.

Namun, tidak sedikit yang fokus pada tampilannya saja dan menghiraukan bagian lainnya seperti blok mesin motor. Bagian yang satu ini termasuk pada komponen penting yang hendaknya dijaga dengan baik. Terdapat cara membersihkan blok mesin motor yang bisa dicoba. Yuk intip!


1.   Siapkan Alat yang Akan Digunakan

Siapkan Alat Yang Akan Digunakan

Langkah pertama yang hendaknya diperhatikan dalam membersihkan blok mesin motor yakni mempersiapkan peralatan yang akan digunakan. Alat yang akan digunakan tentunya sangat mudah untuk didapatkan di rumah. Kalau pun tidak ada di rumah, bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Di antara alat-alat yang harus disiapkan yakni amplas, bensin, mangkok, kuas, sikat gigi, dan sabun pembersih.

Selain peralatan yang telah disebutkan, langkah awal yang hendaknya diperhatikan dalam tata cara membersihkan blok mesin motor yakni membersihkan motor secara keseluruhan. Pastikan motor sudah dicuci bersih.


2.   Kombinasikan Bensin dengan Sabun Pembersih

Kombinasikan Bensin Dengan Sabun Pembersih

Selanjutnya, mengkombinasikan bensin dan sabun pembersih untuk menghasilkan cairan yang akan digunakan dalam membersihkan blok mesin motor. Caranya sangat mudah, yakni ambilah bensin secukupnya dari tangki motor, selanjutnya campur dengan sabun pembersih. Aduk secara merata dengan menggunakan kuas.

Sabun pembersih yang bisa digunakan yakni sabun cuci piring, pembersih lantai atau sabun untuk mencuci. Alternatif lainnya yang bisa dicoba yakni dengan menggunakan cuka yang dicampur dengan sabun pembersih. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu dalam membersihkan blok mesin motor.


3.   Sikatlah Blok Mesin Hingga Merata

Sikatlah Blok Mesin Hingga Merata

Selanjutnya, gunakan sikat gigi untuk menyikat blok mesin motor. Aplikasikan campuran pembersih yang telah tersedia pada setiap bagian maupun sela-sela blok mesin motor. Pastikan campuran pembersih diaplikasikan secara merata. Selain itu, sikat secara kuat sehingga noda membandel bisa hilang. Hal ini tentunya bisa dilakukan secara berulang, jika noda pada blok mesin sulit untuk dihilangkan.

Pada langkah ketiga ini, hendaknya dilakukan secara hati-hati. Pastikan tidak menyentuh bagian body motor yang dapat menyebabkan cat pada body motor terkelupas. Cukup diaplikasikan pada blok mesin motor berbahan metal.


4.   Bersihkan Secara Merata dengan Menggunakan Air

Bersihkan Secara Merata Dengan Menggunakan Air

Jika proses penyikatan sudah dilakukan secara merata, selanjutnya bersihkan dengan air bersih. Siramlah blok mesin motor dengan air bersih secara merata. Pastikan kerak, noda maupun kotoran lainnya yang menempel pada blok mesin tersapu bersih. Jika proses penyikatan dilakukan secara merata dan benar, maka blok mesin akan terlihat lebih bersih mengkilap dari sebelumnya.


5.   Gunakan Amplas untuk Karat Membandel

Gunakan Amplas Untuk Karat Membandel

Cara membersihkan blok mesin motor selanjutnya yakni menggunakan amplas. Alat yang satu ini digunakan sebagai alternatif jika ditemukan noda membandel pada blok mesin motor. Amplas halus yang biasa digunakan untuk membersihkan blok mesin motor yakni ukuran 400 dan 100. Sikap kehati-hatian sangatlah penting dalam proses penggosokan.

  7+ Cara Mengemudi Mobil Manual Di Jalan Macet Supaya Aman Nyaman

Gosok secara pelan guna menghindari goresan pada blok mesin. Jika campuran cairan pembersih masih tersedia, maka amplas bisa dicelupkan terlebih dahulu. Pertama-tama gunakan amplas berukuran 100 dan jika masih ditemukan noda membandel, ganti dengan ukuran 400.


6.   Aplikasikan Metal Polish Agar Lebih Mengkilap

Aplikasikan Metal Polish Agar Lebih Mengkilap

Langkah terakhir dalam membersihkan blok mesin motor yakni dengan mengaplikasikan metal polish. Caranya sangat mudah, tuangkan metal polish pada kain kering, lalu aplikasikan pada blok mesin secara merata. Metal polish yang dituangkan tidak perlu banyak, sedikit pun bisa membuat blok mesin terlihat mengkilap dibanding sebelumnya.

Selanjutnya, pastikan untuk membersihkan blok mesin motor secara rutin. Ada saat tertentu yang membuat blok mesin motor lebih mudah kotor, yakni ketika hujan dan jalanan dipenuhi dengan lumpur.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan blok mesin motor yang bisa dicoba. Setiap tahapan bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan juga menghemat pengeluaran. Selamat mencoba!

Cara membersihkan blok mesin motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.