Cara Membersihkan AC Mobil Calya

1 min read

Cara membersihkan ac mobil Calya

AC merupakan salah satu fasilitas pada mobil yang penting. Selain membuat hawa tetap sejuk, evaporator juga berguna untuk menjaga suhu tetap stabil dan nyaman. Bagian ini tentu membutuhkan perawatan rutin, sama seperti komponen mobil lainnya. Cara membersihkan AC mobil Calya ini mungkin berguna bagi pemilik kendaraan dengan brand Toyota Calya.

Sebelum mulai membersihkan, sebaiknya tempatkan mobil lokasi yang bersih dan tidak berdebu. Ini berguna agan proses pembersihan tidak terhambat. Jika sudah, beberapa peralatan juga perlu disiapkan seperti sikat gigi, cairan pembersih, lap, dan brush. Berikut langkah-langkahnya.


1. Temukan Lokasi Blower

Temukan Lokasi Blower

Cara membersihkan AC mobil Calya pertama yakni temukan lokasi blower. Biasanya, saluran ini terletak di laci sisi dasbor atau dikenal dengan glove box. Jika sudah ketemu, buka glove box tersebut menggunakan bantuan obeng. Disana akan ada filter AC dengan bentuk persegi panjang.

Untuk mencari tahu posisi blower berada di atas atau bawah, pengguna bisa mengambil filter tersebut. Caranya, raba filter AC yang sudah diambil tadi. 


3. Lihat Kondisi AC

Lihat Kondisi AC

Langkah selanjutnya yakni periksa kondisi filter AC. Jika kondisinya tidak begitu kotor, pengguna hanya perlu membersihkan dengan sikat biasa sampai bersih. Cara tersebut akan membuat debu-debu kotor rontok.


4. Bersihkan AC dengan Cairan Pembersih

Bersihkan AC Dengan Cairan Pembersih

Pengguna juga bisa menggunakan cairan khusus pembersih AC mobil untuk membersihkannya. Gunakan cairan yang berbentuk spray agar lebih mudah. Posisikan spray dekat dekan bagian blower yang moncong dan lakukan penyemprotan ke arah bawah. Posisi seperti ini akan membuat penyemprotan menyentuh hingga bagian dalam.


5. Nyalakan AC Mobil

Nyalakan AC Mobil

Setelah dibersihkan dengan cairan khusus pembersih, pengguna perlu menyalakan AC selama lima menit. Hal itu berguna agar permukaan evaporator basah karena embun yang keluar. Evaporator sendiri berguna untuk menjaga suhu mobil agar tetap dingin.

Dengan menyalakan AC, proses pembersihan akan lebih mudah. Apalagi jika dinyalakan dengan kecepatan tinggi, udara yang keluar pun lebih maksimal.


6. Bersihkan AC dengan Cairan Pembersih

Bersihkan AC Dengan Cairan Pembersih

Setelah AC dinyalakan selama lima menit, langkah selanjutnya yakni menyemprotkan cairan pembersih khusus AC mobil ke blower. Kemudian, arahkan selang cairan ke bagian blower melalui filter AC. Jika arahnya sudah dirasa benar, mulailah menyemprot secukupnya saja.

Namun jika ingin mendapatkan hasil maksimal, pengguna bisa menyemprotkan spray hingga habis. Cairan tersebut nantinya menyebar ke evaporator dengan bantuan embun karena AC dinyalakan lima menit sebelumnya.

Untuk mengetahui cairan pembersih AC sudah merata, lihatlah melalui ventilasi kolong mobil. Jika sudah muncul gelembung busa akibat cairan yang disemprotkan tadi, maka proses pembersihan sudah dimulai. Proses pembersihan biasanya memakan waktu 10 hingga 15 menit


7. Bersihkan Selang Ventilasi AC

Bersihkan Selang Ventilasi AC

Setelah itu, mulai bersihkan selang ventilasi. Jika tersumbat, pembuangan kotoran tidak akan berjalan lancar. Pengguna dapat memeriksa dan membersihkan selang menggunakan lidi atau kayu tumpul.  Caranya, masukkan lidi pada selang kemudian tusuk-tusuk untuk mengusir kotoran yang menyumbat.

 Jika sudah, pengguna hanya perlu menunggu sampai kotoran turun dan suhu AC kembali normal seperti semula. Tetapi jika suhu tidak juga dingin, mungkin saja ada kerusakan pada sistem AC. Jika sudah begini, mau tidak mau mobil harus dibawa ke bengkel.


8. Pasang Kembali Filter AC dan Dasbor

Pasang Kembali Filter AC Dan Dasbor

Terakhir, pasang kembali filter AC dan dasbor. Pastikan filter sudah bersih dan bebas kotoran. Pasang glove box ke posisi semula. Caranya sama seperti membuka dasbor. AC pun sudah bersih dan siap digunakan kembali

Itu dia cara membersihkan AC mobil Calya sendiri tanpa perlu ke bengkel. Membersihkan AC mobil sendiri memiliki banyak manfaat lho, seperti menambah pengetahuan baru, menghemat waktu dan uang tentunya.

Cara membersihkan ac mobil Calya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *