Cara Mematikan Gps Mobil

2 min read

Cara Mematikan Gps Mobil

GPS menjadi salah satu alat yang wajib dipasang pada kendaraan mobil. Hal semacam ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan keamanan. Alat tersebut bisa melacak bahkan secara otomatis mematikan mesin dari jarak jauh sekalipun.

Namun meskipun sudah umum dipakai, nyatanya tidak banyak orang tahu cara mematikan gps mobil. Keberadaan alat GPS ini begitu penting, terutama bagi pemilik mobil rental.

Dengan begitu bisa dengan mudah memantau kemana arah mobil yang sedang dipergunakan para penyewa. Memasang GPS sebenarnya tidak terlalu sulit. Begitu pun cara mematikan gps mobil juga termasuk cukup sederhana. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini :


1. Mencabut Langsung Alatnya Dari Mobil

Mencabut Langsung Alatnya Dari Mobil

Mematikan GPS mobil sebenarnya sangat sederhana. Jika tidak mau repot, langsung saja cabut alat tersebut langsung dari mobil. Hal seperti ini semua orang sepertinya mampu untuk melakukannya sendiri. Apalagi jika sebelumnya memang dipasang sendiri alatnya, karena sudah tahu dimana letak GPS tersebut diletakkan bukan?

Namun sebaiknya jangan asal cabut saja. Terutama untuk mobil rental seperti avanza, pajero, dan lainnya mencabut paksa seperti ini bukan pilihan bagus dan efeknya bisa fatal. Boleh langsung mencopotnya sendiri, tapi setidaknya lakukan sesuai prosedur.


2. Menghubungi Teknisi Yang Berpengalaman

Menghubungi Teknisi Yang Berpengalaman

Jika memang kurang yakin untuk mencabut sendiri perangkat GPS mobil, ada baiknya panggil teknisi saja. Sebab bagaimanapun juga mereka pasti lebih berpengalaman sehingga tingkat kerusakan yang diakibatkan juga sangat minim. Pikirkan jika seandainya ketika memilih mencabut sendiri GPS lalu salah memotong kabelnya.

Pada kondisi seperti itu, GPS tidak akan mati malah akan mengaktifkan notifikasi GPS alarm yang terkoneksi pada smartphone. Bahkan jika salah potong kabel juga bisa memicu adanya konsleting listrik pada mobil sehingga akan lebih berbahaya. Maka ada baiknya mematikan GPS mobil dengan memanggil teknisi yang handal supaya lebih aman.


3. Melalui Aplikasi Dengan Fitur Cut Engine

Melalui Aplikasi Dengan Fitur Cut Engine

Bagi pemilik mobil yang tidak gaptek, mungkin lebih baik pakai cara ini. Mematikan GPS mobil memang lebih mudah lewat aplikasi. Beberapa aplikasi bisa langsung terkoneksi dengan alat GPS yang sedang terpasang pada mobil. Melalui aplikasi tersebut, pengguna bisa dapat dengan mudah memantau pergerakan mobil bahkan mematikan mesin maupun GPS.

Pastikan aplikasi yang dipakai sudah dilengkapi dengan fitur cut engine. Oleh karena dengan fitur inilah, GPS mobil baru bisa dimatikan. Pengguna bisa mematikan GPS mobil hanya dengan sekali sentuhan saja, yaitu melalui aplikasi yang terinstall pada smartphone.


4. Mematikan GPS Lewat SMS

Mematikan GPS Lewat SMS

Tidak hanya lewat aplikasi saja sebenarnya. Di jaman yang serba canggih seperti saat ini banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan dengan mudah melalui bantuan teknologi komunikasi. Termasuk mematikan GPS mobil saat ini bisa dilakukan melalui sms saja.

Sebagai informasi, alat GPS ini sebelumnya sudah diisi dengan nomor kartu selular. Jadi nanti pengguna tinggal sms saja kode untuk mematikan GPS. Setelah itu kirim ke nomor selular yang sudah dipasangkan pada perangkat GPS tersebut.


5. Menggunakan Alat GPS Jammer

Mematikan GPS Lewat SMS

Terakhir untuk cara mematikan GPS mobil adalah menggunakan sebuah alat bernama GPS jammer. Sebenarnya alat ini berfungsi sebagai pendeteksi sinyal GPS pada mobil. Namun setelah berhasil mendeteksi, GPS Jammer pun bisa sekaligus mematikan sinyal GPS tersebut. Menggunakan alat ini sangat mudah. Tinggal letakkan saja alat tersebut pada kabin mobil.

Tunggu beberapa saat hingga kira-kira sekitar 5 menit. Lama kelamaan sinyal GPS akan hilang dan secara otomatis akan mati (nonaktif) dengan sendirinya. Penggunaan alat ini sebenarnya perlu hati-hati. Pasalnya pada umumnya bukan hanya bisa menghilangkan sinyal GPS saja namun juga sinyal GSM. Artinya bisa mengacaukan sistem sinyal smartphone juga.

Itu tadi beberapa cara mematikan gps mobil. Dari kelima cara, coba pilih mana yang lebih mudah dilakukan. Semoga informasi ini bisa membantu terutama bagi yang sedang membutuhkan.

Cara Mematikan Gps Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *