Cara Memasang Stiker Mobil

1 min read

Cara Memasang Stiker Mobil

Cara Memasang Stiker Mobil  – Memasang stiker mobil memang bukan perkara mudah. Tetapi, sesekali mungkin ingin mencobanya sendiri. Oleh karena itu, cara memasang stiker mobil berikut ini penting untuk diketahui. Proses ini dikenal dengan istilah wrapping.

Wrapping bagi pemula merupakan hal yang sulit. Namun jika tahu teknik dan ilmunya semua akan terasa mudah. Untuk itu, berikut langkah demi langkah memasang stiker mobil sendiri, tanpa perlu ke jasa pasang stiker.


1. Siapkan Bahan Stiker dan Alat Pemotong

Siapkan Bahan Stiker Dan Alat Pemotong

Cara memasang stiker mobil pertama yakni siapkan bahannya. Pengguna bisa memakai bahan stiker jenis doff, matt atau oracal seri 61. Kemudian ukur lingkar bodi mobil pengguna sisi kanan, bagian belakang dan depan. Belilah bahan stiker secukupnya, sesuai ukuran mobil.

Siapkan juga alat pemotong bahan stiker. Pengguna bisa memakai pisau cutter yang memiliki mata pisau tajam. Sebaiknya, gunakan cutter yang memiliki fitur auto lock untuk memudahkan pemotongan.


2. Siapkan Alat Penyapu Atau Penggosok

Siapkan Alat Penyapu Atau Penggosok

Siapkan juga alat penyapu atau penggosok yang dikenal dengan rakel. Pengguna bisa dengan mudah menemukan benda ini di pasaran. Rakel atau sqeeze bisa dengan mudah dijumpai di pasaran. Jika ingin berkualitas, pengguna bisa memilih produk dari Oracal dengan merk dagang Orafol Squeeze.

Rakel sangat nyaman digenggam, karena memang sudah didesain pabriknya untuk memudahkan proses pemotongan stiker.


3. Siapkan Alat Pemanas

Siapkan Alat Pemanas

Pengguna juga membutuhkan alat satu ini. Alat pemanas atau hot gun berfungsi untuk menyemburkan panas. Tingkat kepanasan bisa diatur karena terdapat tombol pengaturan di bagian pegangannya.


4. Bersihkan Mobil

Bersihkan Mobil

Sebelum memulai wrapping atau pasang stiker, mobil harus dibersihkan permukaannya dengan shampo dan kanebo atau lap halus. Pastikan kendaraan bersih dari debu dan semua kotoran yang menempel. Jangan anggap remeh debu, karena jika stiker sudah terpasang sementara ada sedikit saja debu menempel, gundukan kecil akan muncul. Hal itu pasti akan merusak keindahan stiker.


5. Mulai Proses Pemasangan atau Wrapping

Mulai Proses Pemasangan Atau Wrapping

Sebaiknya sisakan lebar sekitar 5 cm karena bahan stiker yang mudah menyusut saat dipanaskan dengan hotgun. Mulailah bentangkan bahan stiker hingga menutupi mobil di sisi kanan maupun kiri. Pengguna bisa minta tolong teman atau saudara untuk memegang sisi satunya.

Kemudian tempelkan badan badan mobil. Pastikan apakah sudah terpasang secara sempurna. Setelah yakin, lanjutkan dengan mengambil magnetic hook. Magnetic hook  merupakan magnet khusus untuk merekatkan stiker ke bodi mobil.

Letakkan magnetic hook di sisi tengah bahan stiker dan sebelah kiri bawah. Pastikan tidak ada geseran. Jika perlu, letakkan juga di sudut lain agar stiker menempel dengan sempurna. Apabila tidak menemukan benda tersebut, pengguna juga bisa menggunakan solasi atau sisa bahan stiker.

Selanjutnya, kupas kertas bagian 4 hingga 5 cm pada bagian belakang stiker tepat di tengah antara sisi kanan dan kiri.  Jika mulai dari tengah, pengguna bisa melanjutkan ke samping kanan atau kiri.

Tahap berikutnya, kupas kertas stiker dari patokan vertikal tadi, atau sisi kanannya, terserah saja. Pengguna bisa minta bantuan teman untuk memegang stiker yang belum digosok sementara pengguna mulai menggosok dengan rakel.

Saat menggosok, pelan-pelan saja. Jangan sampai ada sisi yang terlewat karena bisa menimbulkan gelembung. Saat menyapu bahan stiker, gunakanlah gerakan yang teratur. Hotgun akan dibutuhkan jika bahan stiker yang belum digosok sengaja menempel di bodi mobil.

Itulah cara memasang stiker mobil yang bisa dipraktekan sendiri. Jangan takut untuk mencobanya. Bagi pemula mungkin bisa memulai dengan wrapping stiker kecil atau sedang terlebih dahulu, jangan langsung full body.

Cara Memasang Stiker Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *