Cara Melacak Motor Yang Hilang

1 min read

CARA MELACAK MOTOR YANG HILANG

Saat kehilangan motor maka langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencari cara melacak motor yang hilang tersebut. Cara ini terkadang cukup ampuh untuk menemukan jejak motor. Terlebih jika motor yang bilang tersebut belum lama.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan sepeda motor yang hilang. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas beberapa cara melacak motor yang hilang tersebut. Informasi dibawah ini bisa digunakan untuk kapan saja saat dibutuhkan. Maka dari itu, informasi dibawah ini dapat dikatakan cukup penting.


1. Menggunakan Aplikasi Pelacak

Menggunakan Aplikasi Pelacak

Cara pertama yang paling praktis dan efektif adalah dengan menggunakan aplikasi pelacak. Di Play Store ataupun AppStore sendiri banyak sekali ragamnya. Cara kerja dari semua aplikasi ini pun cenderung sama saja, yaitu menggunakan fitur GPS. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa dari aplikasi tersebut.

Lalu, setelah pengunduhan selesai maka hanya tinggal menginformasikan tipe mesin, nomor polisi dan hal lainnya. Dengan begitu biasanya keberadaan motor sudah dapat diketahui. Perlu diingat untuk menuliskan hal yang sama pada saat melapor ke kantor polisi. Karena dengan begitu, polisi pun akan lebih mudah untuk melacak posisi pasti motor tersebut.


2. Menggunakan Website Pelacak

Menggunakan Website Pelacak

Cara kerja dari sistem aplikasi dan website ini pun cenderung sama. Namun, jika ingin cara yang cepat maka lebih baik menggunakan website. Karena tidak harus menunggu proses pengunduhan selesai terlebih dahulu.

Namun, kekurangan dari pelacakan via website ini adalah sangat bergantung dengan sinyal. Selain itu juga akan lebih mudah jika pada motor sudah dipasang GPS. Maka, lain waktu sangat berguna untuk memasang GPS pada motor. Karena akan sangat berguna di kemudian hari.


3. Membuat Laporan Untuk Pelacakan Lewat Jalur Hukum

Membuat Laporan Untuk Pelacakan Lewat Jalur Hukum

Jika cara satu dari cara kedua sudah dilakukan namun belum membawa titik terang maka saatnya untuk menggunakan cara ketiga ini. Cara ini adalah dengan meminta bantuan dari pihak kepolisian. 

Dengan cara satu ini biasanya sepeda motor lebih cepat ditemukan, namun tentunya harus dijadikan barang bukti terlebih dahulu. Sehingga tidak bisa langsung diambil begitu saja, terlebih jika motor juga melalui proses jual beli selama jangka waktu hilang tersebut.


4. Meminta Bantuan Banyak Orang Dengan Memasang Iklan Kehilangan

Meminta Bantuan Banyak Orang Dengan Memasang Iklan Kehilangan

Cara satu ini juga cukup efektif untuk menemukan sepeda motor yang hilang. Dengan memanfaatkan sosial media maka akan semakin banyak orang yang mengetahui info kehilangan. 

Lalu, dengan begitu orang-orang mungkin bisa membantu jika secara tidak sengaja melihat sepeda motor tersebut. Maka, pada saat membuat pengumuman ini lebih baik untuk menyertakan foto dan ciri-ciri lainnya dari sepeda motor.


5. Meminta Bantuan Teman Yang Ahli Melacak

Meminta Bantuan Teman Yang Ahli Melacak

Setiap orang pasti memiliki setidaknya satu saja teman yang memiliki keahlian ini. Namun, jika tidak punya, maka bisa juga mencari teman yang mungkin memiliki teman yang ahli pada bidang ini. Setelah menemukannya maka selanjutnya adalah perlu memberikan informasi tentang sepeda motor secara jelas dan rinci.

Lalu, orang yang ahli tersebut akan melacak keberadaan motor tersebut. Bahkan ada beberapa yang mampu untuk mematikan mesinnya dari jarak yang jauh. Maka dari itu cara satu ini sungguh tidak ada salahnya untuk dicoba.

Itulah beberapa cara melacak motor yang hilang yang efektif. Untuk meningkatkan keamanan maka lebih baik untuk menambahkan kunci pengaman pada motor. Selain itu juga tidak ada salahnya untuk menambahkan GPS di motor. Karena bisa saja kedepannya nanti hal itu akan dibutuhkan.

Cara Melacak Motor Yang Hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *