Cara Dempul Mobil

1 min read

10. Cara Dempul Mobil

Pernah punya mobil yang tidak sengaja tergores atau penyok di beberapa sisi? Mobil dalam kondisi seperti itu memang perlu dilakukan pengecatan ulang supaya tampak baru lagi.

Namun sebelum proses pengecatan, pendempulan perlu dilakukan lebih dulu. Cara dempul mobil memang sepertinya sudah diluar kepala buat para montir bengkel. Tapi bukan tidak mungkin orang biasa mampu melakukan sendiri.

Jika kebetulan sedang tidak ada dana untuk ke bengkel mengapa tidak coba mendempul mobil secara mandiri? Dengan begitu bukankah bisa lebih hemat? Berikut ini akan dijelaskan informasi tentang bagaimana cara dempul mobil secara sederhana. Dijamin hasilnya tidak kalah rapi dengan montir bengkel.


1. Memastikan Mobil Benar-Benar Bersih

Memastikan Mobil Benar Benar Bersih

Langkah pertama adalah pastikan mobil yang akan didempul bersih bebas dari kotoran seperti karat dan lainnya. Lihat jika seandainya ada karat pada bagian sisi bodi mobil segera bersihkan. Pakai cairan anti karat atau bila perlu lakukan pengamplasan. Kotoran dan karat ini nantinya dapat mengganggu proses pendempulan.


2. Pastikan Mobil Yang Didempul Memiliki Tekstur Lurus

Pastikan Mobil Yang Didempul Memiliki Tekstur Lurus

Selanjutnya periksa juga tekstur bodi mobil. Pastikan bagian bodi yang akan didempul sudah memiliki tekstur yang lurus. Setidaknya pas dan sesuai dengan bodi standar mobil itu sendiri. Lalu bagaimana jika seandainya ada bagian yang penyok?

Maka segera lakukan sedikit perbaikan, gunakan sejenis palu khusus untuk bodi mobil. Ratakan hingga lurus dan sesuai dengan bodi standar mobil. Kalau sudah cukup rata dan lurus, bersihkan kembali hingga benar-benar bersih.


3. Memberikan Cat Basic

Memberikan Cat Basic

Sebelum dilakukan proses pendempulan, harus diberikan cat basic dulu. Cat basic sebelum dibalurkan pada mobil, perlu dicampur dulu dengan thinner. Perbandingan komposisi cat basic dengan thinner adalah 1 : 1.

Komposisi bahan harus sama karena cat basic ini hanya dipakai untuk lapisan awal saja. Setelah cat basic siap, lakukan pengecatan pada bodi mobil yang ingin didempul.


4. Siapkan Dempul Sesuai Kebutuhan

Siapkan Dempul Sesuai Kebutuhan

Jika sudah melakukan pengecatan basic, lanjutkan dengan menyiapkan dempul sesuai kebutuhan. Dempul sebenarnya ada 3 jenis. Berikut apa saja jenis dempul yang bisa diketahui :

  • Dempul plastik, bersifat cepat keras dan kering.
  • Jenis dempul plamir, yang proses pengeringannya cenderung sedikit lebih lama.
  • Dempul buatan, terbuat dari percampuran banyak jenis bahan dan dikenal memiliki kualitas rendah.

5. Oleskan Dempul Pada Bodi Mobil

Oleskan Dempul Pada Bodi Mobil

Dempul sudah siap, silahkan lanjutkan proses pendempulan bodi mobil. Oleskan bahan dempul pada bagian yang diinginkan. Jangan lupa ratakan seluruh bagian supaya tidak ada gumpalan. Untuk meratakan dempul, gunakan skrap.


6. Amplas Dempul

Amplas Dempul

Setelah didempul, tinggal tunggu sejenak hingga mengering. Saat dirasa cukup kering lanjutkan dengan proses pengamplasan. Proses ini dilakukan untuk memastikan dempul sudah sama rata dengan bodi mobil di sekitarnya. Pengamplasan ini cukup penting mengingat ketika hasil dempul tidak rata, nanti hasil akhir juga tidak akan bagus.


7. Lakukan Pendempulan Ulang

Lakukan Pendempulan Ulang

Jika didapati masih ada bagian yang kurang rata, lakukan pendempulan ulang. Caranya sama dengan yang sebelumnya. Jika sudah, keringkan kemudian amplas lagi. Lakukan berulang-ulang hingga dirasa bodi mobil yang didempul sudah cukup rata.


8. Bersihkan Dan Keringkan

Bersihkan Dan Keringkan

Ketika hasil dempulan sudah dirasa cukup rata, sesuai standar bodi mobil, dan telah rapi lakukan pembersihan. Proses pembersihan bisa menggunakan sabun namun yang khusus untuk mobil. Jika sudah bilas hingga bersih, sampai tidak ada sisa busa yang menempel. Tinggal keringkan saja beberapa saat sebelum dicat ulang.

Itu tadi cara dempul mobil dengan sederhana dan mudah. Kini jika mobil kebetulan sedang tergores, atau penyok bisa mulai lakukan pengecatan sendiri di rumah. Jangan lupa lakukan dulu proses pendempulan dengan mengikuti cara-cara yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Dempul Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *