Bedanya Mobil Matic dan Manual

1 min read

Bedanya mobil matic dan manual

Bedanya Mobil Matic dan Manual – Mobil merupakan salah satu moda transportasi yang paling sering dicari orang. Mobil seringkali menjadi pilihan bagi pengendara karena dapat melindungi dari panas dan hujan.

Sebelum membeli mobil, pengemudi harus mengetahui beberapa hal. Salah satunya adalah bedanya mobil matic dengan mobil manual, agar tidak salah beli. 

Ada beberapa perbedaan signifikan antara mobil matic dengan mobil manual. Perbedaan ini dapat menjadi bahan pertimbangan individu sebelum membeli mobil. Berikut adalah bedanya mobil matic dengan mobil manual.


Sistem Pengoperasian Mobil pada Keduanya

Sistem Pengoperasian Mobil Pada Keduanya

Pada mobil manual, terdapat tiga buah pedal, yaitu gas, rem, dan kopling. Pada mobil matic, hanya ada dua pedal, yaitu rem dan gas. Untuk mobil manual, perpindahan gigi dilakukan secara manual dengan menggunakan kopling dan tuas persneling. Berbeda dengan mobil matic yang menggunakan alat bernama gearbox dan tidak menggunakan kopling.


Kenyamanan dalam Berkendara

Kenyamanan Dalam Berkendara

Bedanya mobil matic dan manual dapat ditemukan pada kenyamanan saat mengemudi. Di lalu lintas Jakarta yang macet, mobil matic lebih digemari karena tidak membuat pengemudi mudah capek. Mobil manual dapat membuat pengemudi lebih mudah capek karena harus menginjak kopling terus-menerus.


Pengereman Mobil Manual Vs Matic

Pengereman Mobil Manual Vs Matic

Bedanya pengereman mobil matic dengan manual adalah di tingkat kehalusannya. Pada mobil matic, pengemudi harus mengerem dengan hati-hati karena tidak ada persneling dan engine break

Inilah mengapa mobil manual lebih nyaman digunakan di tanjakan. Perlambatan mobil matic juga lebih lambat dibandingkan mobil manual. Hal ini berimbas pada rem mobil matic yang lebih cepat aus.


Perawatan Mobil Matic dan Manual 

Perawatan Mobil Matic Dan Manual 

Mobil matic membutuhkan harga perawatan yang lebih mahal dibandingkan mobil manual. Hal ini dikarenakan harga komponen suku cadang mobil matic yang lebih mahal. Perawatan mobil matic juga seringkali harus dibawa ke bengkel, tidak seperti mobil manual yang di terkadang bisa dikerjakan sendiri. Inilah bedanya mobil matic dan manual dari segi perawatan.


Konsumsi Bahan Bakar 

Konsumsi Bahan Bakar 

Inilah salah satu bedanya mobil matic dan manual yang cukup signifikan. Mobil manual lebih hemat bahan bakar dibandingkan mobil matic. Hal ini karena mesin mobil matic bekerja lebih ekstra dan membutuhkan banyak bahan bakar untuk bisa melaju.


Akselerasi Mobil Matic dan Manual

Akselerasi Mobil Matic Dan Manual

Mobil manual memiliki akselerasi yang lebih responsif dibandingkan mobil matic. Hal ini karena mesin mobil matic lebih rumit dibandingkan mobil manual. Inilah alasan mengapa mobil balap lebih banyak yang dirancang secara manual. Akselerasi yang lebih responsif membuat mobil manual lebih nyaman digunakan di tanjakan daripada mobil matic.


Harga Beli Mobil

Harga Beli Mobil

Harga mobil manual memang lebih murah dibandingkan dengan mobil matic. Perbedaan harga mobil manual dan matic yang baru berada pada rentang 5-20 juta. Harga mobil matic yang mahal memang didukung dengan kenyamanan dalam berkendara. Namun, mobil manual dianggap lebih budget friendly bagi pengemudi dengan penghasilan yang belum terlalu besar. 

Setelah mengenali bedanya mobil matic dengan mobil manual, pengemudi bisa lebih bijaksana dalam membeli mobil. Tentunya, mobil matic dan manual memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini bisa disesuaikan kepada kebutuhan dan budget masing-masing pengemudi. 

Apabila memang memiliki budget yang lebih ketat, mobil manual bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Jika ingin tidak mudah capek saat mengemudi di jalanan Jakarta yang macet, mobil matic bisa menjadi pilihan tepat. Setelah mengenali bedanya mobil matic dan manual, diharapkan pengemudi dapat membeli mobil sesuai kebutuhan, bukan karena tren atau gengsi.

 Bedanya mobil matic dan manual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *