Contoh Pembukaan Pidato

7 min read

Pembukaan Pidato

Pembukaan PidatoPidato menjadi suatu hal yang harus dipersiapkan dengan baik karena harus tampil di depan khalayak umum. Hal yang perlu diperhatikan agar mampu memikat audiensi yaitu keberadaan pembukaan pidato yang menarik.

Aktivitas yang merupakan suatu orasi ini biasanya membantu untuk memberikan informasi, membujuk, juga menghibur. Tentunya kompilasi yang memberikan pidato yang menarik, sasaran yang akan tepat.

Dalam memberikan pidato juga perlu untuk mempertimbangkan pemilihan kata dalam pembukaannya. Hal ini akan memberikan kesan positif terhadap khalayak umum tersebut. untuk lebih lanjut akan membuka pidato ini, simak tinjauannya berikut!


Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Pembukaan Pidato

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Pembukaan Pidato

Dalam melakukan pidato, tentu harus tahu apa saja hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu dalam melakukan pembukaan. Saat mengetahui hal tersebut, pidato yang dilakukan akan lancar.

Tentunya kelancaran pidato akan berimbas pada informasi yang didapatkan dapat diterima oleh para audient. Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pembukaan pada pidato:

1. Melihat Kondisi Sekitar

Dengan melihat kondisi sekitar kita akan dengan mudah melakukan sapaan dalam pembukaan pada pidato tersebut. seperti halnya ketika banyak anak muda yang menjadi audiensnya, tentu alangkah lebih baik tidak menggunakan sapaan formal.

2. Pastikan Suara Jelas

Semenarik apapun tampilan kita dan sebagus apapun isi dari pidato yang akan disampaikan, ketika suara kita tidak jelas tentu audiens akan sulit menangkap informasi. Terlebih dalam pembukaan perlu adanya hal yang menarik.

Ketika dalam pembukaan pidato yang menjadi awal sudah tidak menarik dikarenakan suara tidak jelas, tentu pidato yang akan dibacakan tidak memiliki ketertarikan. Pastikan vokal yang digunakan jelas dengan intonasi yang tepat.

3. Memiliki Ekspresi Yang Tepat

Ekspresi akan terbentuk ketika kita memiliki sikap yang tenang. Hal ini tentu mengharuskan untuk tidak grogi ketika menyampaikan pidato. Adanya ekspresi wajah dan juga tubuh sangat diperlukan ketika melakukan pembukaan.

Adanya sebuah mimik yang sesuai dengan tema yang akan dibacakan memberikan sebuah kesan menarik. Ketika tema yang diusung tentang perjuangan, pastikan pembukaan yang ada dengan suara yang lantang dan semangat.

Baca Juga: Pidato Bahasa Jawa


Macam-Macam Pembukaan Pada Pidato Dan Contohnya

Macam Macam Pembukaan Pada Pidato Dan Contohnya

Setiap orang tentu memiliki ciri khas atau karakter khusus dalam diungkapkan. Dalam pidato, ada beberapa macam pidato yang harus dibahas. Terkait dengan hal ini.

1. Pembukaan Pidato Jenis Resmi

Pidato resmi atau yang sering disebut sebagai pidato formal yang diterima pemilihan kata yang sopan dan sesuai dengan kaidah bahasa yang ada. Hal ini biasanya merupakan pembicaraan dalam acara terkait dengan perkantoran.

Saat memberikan undangan dalam acara resmi, tentu saja hal yang pertama kali dilakukan adalah bersyukur dan menyapa para tamu undangan. Ungkapan terima kasih karena menghadiri acara juga perlu disampaikan.

Pidato yang ada di acara resmi perlu dipertimbangkan di penghormatan para tamu. Biasanya isi dari pidato resmi ini merupakan sebuah fasilitas isi di acara yang terbilang penting. .

Contoh pembukaan pada saat pidato jenis:

“Alhamdulillah, salam bahagia dan juga sejahtera bagi rekan-rekan semua. Kenikmatan yang kita rasakan saat ini seperti yang dinikmati mendengar, melihat, dan nikmati menjadi Tuhan yang kita cintai syukuri, untuk itu marilah kita bersyukur atas segala kesenangan yang diberikan ”.

“Selamat siang dan salam untuk kita semua, saya berharap semoga tuhan selalu memberikan terima kasih dan sayang untuk kita semua Hari ini ijinkan saya untuk memberikan sepatah dua patah kata sebagai penggerak acara ini ”.

“Para hadirin yang saya hormati, pertama-tama alangkah lebih baik kita bersyukur atas kenikmatan yang kita dapatkan hingga saat ini. Begitu banyak karunia Tuhan yang telah diberikan kepada kita”.

2. Untuk Pidato Berisi Informasi

Sebuah pidato yang ditujukan untuk membuka atau menjelaskan sesuatu tentang khalayak ramai ini bisa tergolong resmi maupun tidak resmi. Namun demikian, kompilasi menggunakan sebuah pidato informasi ini memerlukan sebuah serius dan juga tertib.

Adanya suasana yang mendukung akan membuat isi informasi yang mudah dicerna dan dipahami. Perhatian khalayak perlu agar pesan bisa tersampaikan.

Saat melakukan pidato pembukaan jenis informasi ini harus disampaikan dengan jelas. Tentunya isi pidato harus sistematis. Keakuratan dari informasi ini perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kesan ambigu.

Sebagai contoh pembukaan dari pidato informasi ini seperti pembicaraan:

 “Hadirin yang saya muliakan, akhir-akhir ini virus corona dengan mudah menyebar bahkan sampai ke lingkungan desa. Terbukti dengan jumlah korban yang bertambah bahkan dari masyarakat lokal ”.

“Teman, rekan-rekan yang saya sayangi, seperti yang telah kita ketahui saat ini tentang politik dan juga ekonomi terbilang sangat suram saat ini. hal ini membuat kita perlu langkah untuk antisipasi dengan membangun keterampilan ”.

3. Jenis Pidato Persuasi

Sebuah pidato yang dirancang untuk membangun keyakinan pendengar ini perlu sebuah pemilihan kata yang tepat. Tentunya pembukaan harus ada yang menarik agar pendengar di awal pidato mulai terbangun.

Dalam hal ini orang yang berpidato harus memiliki keterampilan berbicara yang sangat menarik dan berkompeten. Tanggung jawab untuk mengubah audiens dari ketidaksetujuan menjadi sebuah persetujuan.

Tentunya kompilasi pidato ini harus didasarkan pada fakta dan juga akal yang bisa dipertanggung jawabkan. Alasan yang masuk akal akan mudah diterima oleh audiens.

Contoh pembukaan jenis pidato persuasi disetujui:

“Salam sejahtera bagi kita semua, sebelum panjang lebar saya mengumumkan sebuah pidato, sebelum kita tengok keluar dari masa lalu yang ada saat ini. kompilasi banjir ada dimana-mana, apakah masih bisa kita bersantai? ”.

“Assalamualaikum wr.wb. Selamat pagi para hadirin. Semoga kita selalu dalam kondisi sehat walafiat. Sebelum saya mengutarakan sebuah informasi, mari kita bersyukur atas apa yang telah kita nikmati saat ini ”.

4. Pembukaan Untuk Pidato Jenis Aksi

Sesuai dengan namanya, pidato tindakan ini tentu saja ada yang mau melakukan pergerakan. Meskipun hampir mirip dengan pidato persuasif, namun aksi ini memerlukan kesadaran individu.

Untuk tujuan dari pidato, tindakan ini adalah sebuah kebersamaan atau tujuan bersama. Tentunya kompilasi melakukan pembukaan harus sangat berwibawa dan juga menjadi orang yang disegani.

Percakapan dalam pembicaraan pembukaan ini tentu saja harus sangat diutamakan. Hal ini karena biasanya mereka akan menjadi panutan dalam sebuah komunitas.

Contoh pembukaan kompilasi melakukan pembukaan aksi ini yaitu:

Salam hangat untuk kita semua di hari yang sangat cerah dan berbahagia ini. Lingkungan menjadi hal yang sangat penting karena merupakan tempat tinggal kita. Lingkungan yang bersih dan nyaman menjadi idaman ”.

“Selamat pagi dan salam bahagia untuk semuanya, saatnya kita perlu mengingat siswa yang ingin pindah negara. Adakalanya negara ini perlu sumbang asih tenaga dan pikiran kita untuk memajukannya ”.

5. Pembukaan Pidato Untuk Sambutan

Dalam acara yang baik itu tidak ada, mengundang pihak yang memberikan sambutan sebagai salah satu penggerak dalam acara tersebut. kompilasi memberikan sambutan ini perlu dipertimbangkan bagaimana ia mengadakan pembukaan.

Agar audiens tertarik dan juga tertarik untuk diundang perlu ada suatu keahlian dalam membawakan sambutan yang ada. Apapun isi dari sambutan tersebut, berikan tanggapan yang luar biasa.

Berikut contoh untuk pembukaan pada saat sambutan:

“Assalamualaikum wr.wb. Para hadirin yang diundang dan diundang undangan yang dirahmati Allah. Terima kasih saya ucapkan atas kerelaan saudara semua untuk bisa menghadiri acara jalinan silaturahmi pada hari ini ”.

“Salam sejahtera untuk kita semuanya, Para hadirin yang berbahagia semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang kepada kita semuanya. Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dalam acara yang besar ini lebih disukai tokoh masyarakat.

Baca Juga: Pidato Perpisahan Kelas 6


Contoh Pembukaan Pidato Yang Umum Digunakan

Contoh Pembukaan Pidato Yang Umum Digunakan

Seperti yang dibahas sebelumnya, sebelum melakukan pembacaan isi, tentu saja diperlukan pembukaan pembuka dari pidato tersebut. agar penampilan mempesona, perlu adanya pembukaan yang menarik.

Ada beberapa jenis pembukaan pidato yang biasa digunakan orang dan dibilang wajib untuk diikutkan kompilasi melakukan pidato. Beberapa kalimat yang biasa digunakan untuk melakukan pembukaan dari pidato memuji:

1. Dengan Memperkenalkan Diri

Dengan Memperkenalkan Diri
[

Saat menghadiri suatu acara yang belum pernah dilakukan sebelumnya, tentu saja mengundang rasa saling berhubungan dalam acara tersebut. hal ini memerlukan seseorang untuk memperkenalkan dirinya terlebih dahulu.

Saat seseorang sudah mengenal identitas orang yang membacakan pidato tersebut, rasa penasaran dan ingin tahu audient akan terbangun. Hal ini menjadi alasan mengapa orang melakukan pidato dengan perkenalan terlebih dahulu.

Contoh untuk pembukaan dari pidato yang memperkenalkan diri terlebih dahulu memuji:

“Pagi yang sangat cerah ya!

Saya berharap kalian juga memiliki hati yang pantas layaknya suasana yang ada pada hari ini. Dan saya yakin kamu semua memiliki yang baik-baik saja. Seperti bunga sakura yang bermekaran menambah cantiknya suasana.

Ingin Tahu, Sebelumnya? Antusias saya untuk memperkenalkan diri pada semua orang yang mendukung bahwa sangat mendukung pada hari ini.

Ada pepatah yang sering kita dengar. Tidak tahu pasti kita tidak akan sayang. Dan saya sangat setuju dengan hal itu. oke, perkenalkan nama saya Ainur Baroroh atau biasa dipanggil dengan Nur.

Mungkin dari kalian ada yang sudah setuju saya, saya di sini sebagai wakil direktur Bank intan Permata. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sepatah dua patah kata untuk kemajuan kita semua ”./su_box]


2. Sebuah Pembukaan Dengan Menyajikan Fakta Atau Sejarah

Sebuah Pembukaan Dengan Menyajikan Fakta Atau Sejarah

Fakta atau sejarah bisa digunakan untuk acara pembukaan. Hal ini Buktikan agar audiens memiliki rasa tertarik untuk mendengarkan pidato yang ada.

Fakta yang ada ini biasanya akan dipilihkan yang mungkin audiens tidak pernah tau dan terbayangkan sebelumnya. rasa ingin tahu yang semakin menjadi suksesnya kompilasi membacakan pidato ini.

Contoh pembukaan pada pembukaan yang menggunakan fakta dan sejarah yaitu:

“Assalamualaikum wr. Wb.

Hadirin yang berbahagia!

Tepat pada hari ini di tahun yang dimulai pada 10 November, banyak orang-orang yang berjuang mempertahankan negara agar Indonesia bisa merdeka. Dengan gagah dan berjuang melawan penjajah untuk kesenangan esok hari.

Kenikmatan yang ada pada saat ini yang kita rasakan tidak terlepas dari perjuangan mereka. Sangat memilukan jika kita melupakan hal ini dan tidak berhasil memperjuangkan mereka.

Oleh karena itu, berdirinya saya pada saat ini untuk mengingatkan kalian semua dalam acara ingatkan hari pahlawan nasional. Berbagai semangat dan antusiasme untuk negara ini masih membutuhkan negara ''.


3. Pembukaan Dengan Menggunakan Unsur Humor

Pembukaan Dengan Menggunakan Unsur Humor

Banyak orang yang beranggapan mengucapkan pidato yang sangat panjang dan sibuk. Namun dengan menggunakan pembukaan pidato yang terselip mutasi humor membuat kesan berbeda.

Adanya humor yang menyenangkan pada pidato pembukaan akan menjadi daya tarik audiens dalam menyambut pidato selanjutnya. Terima memilih humor yang bisa diterima oleh semua kalangan.

Contoh dari pembukaan pada pembukaan yang menggunakan unsur humor yaitu:

“Rekan-rekan yang saya sayangi dan banggakan,

Adakah disini yang pernah terlintas di belakangnya Para pengusaha memiliki postur di luar kota yang terlihat bahagia? Hal ini karena mereka tidak pernah menjadi sarden di pagi hari seperti pegawai hehe.

Berbeda dengan saya yang selalu menjadi steak daging sapi yang ada di jalan. Meskipun ada sebuah ac namun tetap saja panas membara ada dalam diri ini karena kemacetan yang selalu menemani.

Pastikan kalian semua tidak menjadi steak daging sapi seperti ini, karena tidak enak juga. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan solusi agar enak dengan menjadi pengusaha ”.


4. Dengan Memanjatkan Ungkapan Syukur Kepada Tuhan

Dengan Memanjatkan Ungkapan Syukur Kepada Tuhan

Hal yang paling umum digunakan dalam pidato pembukaan adalah dengan memanjangkan kalimat pujian bagi Tuhan. Hal ini dapat dilakukan pada jenis pidato apapun.

Rasa menghargai syukur ini bisa berupa kesehatan dan juga kenikmatan yang dirasakan saat ini atau kapan pun pun. Sebelum melakukan syukur perlu juga untuk menyapa audiens terlebih dahulu.

Contoh dari pembukaan yang menggunakan undangan syukur yaitu:

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Pertama-tama saya ucapkan sebuah panjatan puji syukur kehadiran Allah SWT atas limpahan rahmat yang diberikan kepada saya dan juga semua orang semuanya. Terlebih lagi telah memberikan peluang yang indah bertatap muka dengan kalian semua.

Bertatap muka dengan orang-orang hebat. Menjadi anugerah yang sangat bahagia. Tentunya tidak semua orang bisa merasakan hal yang saya rasakan saat ini. semoga keberkahan dari Allah selalu menyertai kita semua ”.


5. Pembukaan Yang Menggunakan Gambaran Dan Juga Ilustrasi

Pembukaan Yang Menggunakan Gambaran Dan Juga Ilustrasi

Ilustrasi menjadi hal yang juga bisa dilakukan untuk digunakan sebagai pembuka dalam suatu pidato. Hal ini memberikan audient berpikir kritis dan juga tertantang.

Adanya ilustrasi ini bisa terdiri kilas balik peristiwa atau keadaan yang disajikan saat ini oleh seseorang. Gambaran yang ada akan membuka mata seseorang melihat apa yang akan disampaikan pada sambutan yang ada.

Berikut contoh pembukaan pada saat pidato yang menggunakan presentasi:

“Selamat pagi para pejuang abdi negara, salam hangat untuk kita semua!

Sebelum kita mulai materi yang membahas tentang kepekaan terhadap perasaan, alangkah lebih baik kita melihat kejadian yang sering terjadi akibat ini. Seperti halnya banyak sampah yang kini ditemukan disepanjang sungai. 

Lingkungan yang luar biasa menjadi terlihat sangat kotor dan juga kumuh. Saya ingin bertanya kepada para audiens semuanya. Apakah nyaman kompilasi melihat kondisi yang seperti ini?

Jika kalian semua menjawab tidak, tentu terbesit di benak kalian apa yang harus dilakukan bukan? Jika untuk saya sendiri tentu akan membuat kedisiplinan untuk meminta Lingkungan yang ada ”.

Pembukaan pidato memang menjadi kunci utama ketika hendak melakukan sebuah pidato pada audiens. Pasalnya, pembukaan merupakan awalan dari orasi yang akan diberikan.

Pada saat awal tampilan sudah memberikan kesan yang menarik dan menyenangkan, siapkan orang akan menyambut pidato dengan saksama. Pastikan pemilihan kata disesuaikan dengan tema yang akan diusungnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *