Ucapan Selamat Menikah Bahasa Jawa

4 min read

Ucapan Selamat Menikah

Ucapan Selamat Menikah Bahasa JawaMomen bahagia peristiwa pernikahan menjadi peristiwa sakral yang akan selalu dikenang oleh pasangan suami istri. Berbagai peristiwa indah memberikan momen kebahagian dengan banyaknya ucapan selamat menempuh hidup baru. Terasa lebih mengena ketika satu atau beberapa ucapan tersebut menggunakan bahasa daerah asal pengantin baru tersebut. Salah satunya ucapan selamat menikah bahasa jawa, yang menjadi asal daerah sang pengantin.

Dalam prosesi pernikahan sering terdengar dan bahkan berulang-ulang berbagai ungkapan syukur serta selamat atas kebahagian pengantin. Yang disampaikan mulai dari pembawa acara hingga para tamu undangan yang hadir.tentunya akan berbeda jika prosesi tersebut menggunakan adat Jawa, maka hampir di semua rangkaian pesta tersebut menggunakan bahasa Jawa, termasuk bentuk ucapan selamat dan syukurnya.

Kebahagian sepasang kekasih akan tampak pada saat resepsi pernikahannya. Berbagai ucapan selamat dari sanak saudara, kerabat, teman dan relasi akan menambah kebahagian pengantin baru tersebut. apalagi dengan ucapan selamat dan syukur tersebut diungkapkan menggunakan bahasa Jawa, yang menjadi asal-usulnya. Beberapa ucapan selamat menikah bahasa jawa yang dapat dijadikan inspiratif, antara lain:


1. Ucapan Selamat dan Syukur

1. Ucapan Selamat Dan Syukur

Menghadiri suatu pesta pernikahan, tentunya akan banyak diperdengarkan ucapan selamat dan syukur akan terlaksananya pernikahan dari orang yang hadir di pesta tersebut. Yang sudah semestinya untuk di aminkan bersama-sama. Beberapa bentuk  ucapan selamat menikah bahasa jawa, sebagaimana berikut:

  • Ndherek bingah anggenipun mbangun polokrami ingkang satuhu, mboten cekap anggenipun ngagem roso katresnan naming sapisan. Hananging betah pinten-pinten lumebering katresnan kagem piyantun ingkang sami. Yang artinya; ikut berbahagia dalam membangun pernikahan yang suci, tidak cukup hanya sekali rasa cinta saja. Tetapi butuh berkali-kali limpahan rasa cinta untuk orang yang sama.
  • Ndherek mangayubagyo lan sugeng polokromo, tansah memuji lumbering kabingahan kagem tematen kekalih. Mugio Guti tansah paring gancar ing rejeki lan ndhadosaken keluarga samawa. Yang artinya; ikut berbahagia dan selamat menikah, semoga kedua pengantin selalu penuh kebahagian. Dan semoga Tuhan memberikan kelancaran rejeki dan menjadikan keluarga yang samawa.

Baca Juga: Ucapan Selamat Imlek


2. Ungkapan Syukur Dan Ikut Berbahagia

2. Ungkapan Syukur Dan Ikut Berbahagia

Memberikan ucapan selamat menikah bahasa jawa memang sudah semestinya kepada kedua mempelai yang sedang berbahagia. Yang akan terasa lebih baik jika ucapan selamat tersebut disertai ungkapan dan rasa syukur kepada Sang Khalik. Demikian beberapa ucapan selamat dan syukur yang dapat dijadikan inspirasi, seperti:

  • Sugeng lumebeting balewisma, mugio tansah pinaringan berkarhing Gusti Allah lan kalimpahan gancar anggenipun ngupadi rejeki. Yang artinya; selamat memasuki rumah tangga, semoga selalu mendapat berhat Tuhan dan lancar dalam mencari rejeki.
  • Ngaturaken sugeng polokrami, mugi-mugi enggal diparingi momongan lang tansah rukun anggenipun mbangun kaluarga samawa. Yang artinya; megucapakan selamat menikah, moga-moga segera diberi momongan dan selalu rukun dalam berkeluarga

3. Pemberian Ucapan Selamat Untuk Sahabat

3. Pemberian Ucapan Selamat Untuk Sahabat

Saat salah satu sahabat hendak menikah, tentunya ada rasa syukur dan ikut berbahagia dengan pernikahan tersebut. Maka hadir di pesta perkawinannya menjadi kebanggaan sekaligus kehormatan bagi sang pengantin. Untuk sudah sepatutnya  memberikan ucapan selamat menikah bahasa jawa kepada sahabat yang menjadi asal-usulnya, seperti:

  • Selamet bro lan sis, mugo-mugo dhadi keluargo sing samawa, dongaku gek cepet diparingi momongan. Yang artinya; selamat bro dan sis, semoga menjadi keluarga yang samawa, doaku semoga cepat dapat keturunan.
  • Selamet bro lan sis, melu bungah amargo wis wancine anggomu sekalian dhadekake keluarga sing samawa, yang artinya; selamat bro dan sis, ikut bahagai karena memang sudah waktunya kalian menjadi keluarga samawa.
  • Sugeng polokrami, kanggo temanten sekalian, mugo-mugo Gusti paring berkah, dadio keluarga sing rukun lan samawa. Yang artinya; selamat menikah untuk pengantin berdua, semoga Tuhan memberikan berkah, menjadi keluarga yang rukun samawa.

4. Ucapan Selamat menikah bahasa jawa Untuk Saudara Yang menikah

4. Ucapan Selamat Menikah Bahasa Jawa Untuk Saudara Yang Menikah

Ketika ada salah satu saudara atau keluarga yang menikah, tentu kehadiran di resepsi pernikahan tersebut menjadi wajib. Apalagi jika diminta menjadi salah satu panitia di acara tersebut. Sebagai bentuk penghormatan kepada pengantin, ada baiknya memberikan ucapan selamat menikah bahasa jawa, sebagaimana berikut:

  • Ngaturake sugeng polokrami kangmas …. /dhimas …., mugio lancar ngupadi rejeki lan tansah pinaringan berkah ing Gusti. Yang artinya; mengucapkan selamat menikah kangmas …. /dhimas ……, semoga lancar rejekinya dan selalu mendapat berkah dari Tuhan.
  • Ndherek bungah lan sungeng polokrami, mugi-mugi guyup rukun ngantos kaken ninen. Yang artinya; ikut berbahagia dan selamat menikah, semoga selalu rukun hingga kakek nenek.

5. Penyampaian Ucapan Selamat Untuk Relasi Atau Rekanan

5. Penyampaian Ucapan Selamat Untuk Relasi Atau Rekanan

Menghadiri pesta pernikahan relasi atau rekanan bisnis tentunya perlu persiapan dan kado istimewa. Apabila rekanan atau relasi bisnis tersebut berasal dari Jawa, maka pemberian ucapan selamat menikah bahasa jawa akan terasa tepat dan lebih mengena. Tentunya disamping kado atau hadiah lainnya. Beberapa ucapan selamat tersebut antara lain:

  • Sugeng polokrami lan ndherek mangayubagyo, mugio Gusti allah Amberkahi rahmat pengantin kekalih. Yang artinya; selamat menikah dan ikut berbahagia, semoga Tuhan memberikan berkar dan rahmat kepada kedua pengantin.
  • Ndherek bingah lan ngaturaken sugeng polokrami kagem penganten kekalih, mugio guyup rukun kadosdene mimi lan mintuna, yang artinya; ikut berbahagia dan mengucapkan selamat menikah, semoga rukun seperti mimi dan mintuna.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Ayah


6. Ucapan Selamat Menggunakan Jawa Halus

6. Ucapan Selamat Menggunakan Jawa Halus

Ketika mendapat undangan untuk menghadiri pesta pernikahan yang menggunakan prosesi adat Jawa. Hampir semua penyampaian dan runtutan acaranya menggunakan bahasa jawa halus atau kromo inggil. Nah, tentunya akan lebih afdol jika dalam memberikan ucapan selamat kepada pengantin baru juga menggunakan bahasa Jawa halus juga, seperti:

  • Ndherek sugeng mangayubagyo anambut silaning akrami…… Mugi-mugi berkah lan ndadhosaken keluargo ingkang samawa. Yang kurang lebih artinya, ikut berbahagia atas pernikahan…… semoga berkah dan meenjadi keluarga samawa.
  • Ndherek mangayubagyo, mugi o rukun kadhos mimi lan mintuna. Yang artinya; ikut berbahagia, semoga hidup rukun seperti mimi dan mintuna. Mimi dan mintuna merupakan hewan laut yang selalu hidup berpasangan disepanjang hayatnya.
  • Nderek mangayubagyo lan memuji dumateng Gusti Allah, mugi-mugi temanten kekalih tansah kaparingan berkat kawilujengan anggenipun nglampahi gesang akrami. Yang artinya; ikut berbahagia dan berdoa kepada Tuhan, semoga kedua pengantin selalu diberi berkah dalam menjalani pernikahannya.
  • Sugeng polokrami, mugio tansah kalimpahan berkat saking Gusti Allah anggenipun ngupadi sandang, papan lan pangan. Yang artinya; selemat menikah, semoga selalu dilipahi berkat Tuhan dalam mencari sandang, papan dan pangan.
  • Sugeng polokrami, mugi-mugi anggenipun balewisma tansah guyup lan rukun ngantos kaken lan ninen. Yang artinya selamat menikah, semoga dalam berumah tangga selalu guyup rukun hingga kakek nenek.

 

Demikian kumpulan ucapan selamat menikah bahasa jawa yang disampaikan kepada pengganti baru yang berasal dari Jawa. Tentunya ucapan selamat menempuh hidup baru tersebut akan lebih mengena di hati apabila disampaikan dengan bahasa ibunya atau asalnya.

Semoga ucapan selamat menikah bahasa jawa dapat menginspirasi dan bermanfaat. Sembari ikut ambil bagian dalam melestarikan kearifan budaya Jawa.  Yang semakin lama tergerus oleh arus budaya liberal di era globalisasi dunia. Sehingga akan bertambah banyak anak muda khusus yang berasal atau keturunan dari Jawa yang paham akan adat budayanya. Ndherek sugeng Mangayubagyo.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: