Ucapan Selamat Khitan

4 min read

Ucapan Selamat Khitan

Ucapan Selamat KhitanUcapan selamat khitan pastilah sering diucapkan kepada adik, keponakan ataupun saudara lainnya. Khitan sejatinya menjadi bagian ibadah seorang muslim yang sudah baligh. Ketika seseorang telah dikategorikan baligh, maka harus sudah melaksanakan perintah Tuhan. Bagi orang yang akan melaksanakan khitan pastilah akan gugup dan takut. Wajar saja hal tersebut bisa terjadi karena ada rasa sakit yang akan dialami, setelah melaksanakan proses khitan.

Khitan berarti menuju lebih dewasa, sehingga beberapa kalangan orang ada yang memeriahkannya dengan hajatan atau pesta. Mengadakan acara hajatan inilah yang diniatkan dari tuan rumah, agar mendapatkan doa dari para tamu. Harapannya doa dan selamat selalu tercurah kepada ananda yang telah baligh dan dewasa. Ada beberapa ucapan selamat khitan yang bisa kita ucapkan ketika menghadiri undangan pesta atau hajatan.

Doa secara tidak langsung akan memberikan hal-hal baik dan keberuntungan di kemudian hari. Hakikatnya doa dari orang banyak itu ibarat anak panah yang salah satunya, akan menembus ke mustajabnya sebuah pengharapan. Beberapa ucapan berikut ini kepada orang yang khitan berisikan doa:


1. Doa Agar Lebih Mawas Diri

1. Doa Agar Lebih Mawas Diri

Mawas diri di era modern sangatlah penting dilakukan bagi seorang pemuda. Diketahui bersama jika saat ini banyak sekali pemuda yang terkena virus narkoba dan pergaulan bebas, sehingga masa depan pun sirna. Pendidikan yang berantakan akibat tidak bisa mawas diri untuk memilah dan memilih pergaulan.

Ucapan selamat khitan dengan meningkatkan mawas diri begitu penting kita ucapkan agar adik-adik terhindar dari berbagai dampak negatif era modern. Bisa kita mengucapkan dengan kalimat:

“Semoga dengan khitan ini bisa lebih berhati-hati dalam setiap aktivitas kedepannya”.

Baca Juga: Ucapan Selamat Paskah


2. Doa Agar Semakin Mandiri

2. Doa Agar Semakin Mandiri

Mandiri merupakan salah satu kondisi dimana seseorang tidak terlalu menggantungkan diri kepada orang tua, maupun keluarga yang dianggap lebih dewasa. Penting bagi seseorang yang sudah beranjak dewasa, untuk memiliki sifat dan sikap mandiri.

Seseorang yang sudah memiliki sikap mandiri, maka senantiasa dalam bertindak dan berperilaku akan lebih santun serta tidak terburu-buru. Doa yang bisa kita gunakan misalnya,

“semoga kedepan senantiasa lebih mandiri dan semakin cakap dalam bertindak”.

3. Doa Agar Paham Perilaku Baik dan Buruk

3. Doa Agar Paham Perilaku Baik Dan Buruk

Paham perilaku baik dan buruk sangat diperlukan bagi anak-anak kita. Saat ini di umur beranjak dewasa, apabila tidak memahami akan hak dan kewajiban, maka akan berpengaruh kepada masa depan anak tersebut. Oleh karena itu, kita haruslah memberikan saran dan nasehat secara terus-menerus, agar tidak menjauh dari tindakan yang baik.

Khitan menjadi sarana bagi kita sebagai orang tua agar bisa memberikan doa dan ucapan selamat khitan. Memberikan arahan ke depan harus berbeda dengan perilaku sebelum khitan. Salah satu perilaku yang berbeda, yakni lebih memperhatikan secara cermat perihal tingkah laku. Bisa kita ucapkan dengan kalimat,

“semoga dengan khitan ini menandakan semakin meningkatnya pemahaman akan tindakan baik dan buruk.”

4.  Doa Agar Sukses

4.  Doa Agar Sukses

Sukses di kemudian hari tentu menjadi harapan dan keinginan bagi setiap orang. Kita sebagai orang tua harus bisa membuka jalan pemikiran bagi anak-anak kita, agar semakin matang secara pemikiranya. Salah satu hal yang bisa kita maksimalkan pada moment khitan, yaitu ucapan selamat khitan. Bisa kita berikan ucapan dengan

“semoga khitan ini membuka kebaikan kepada ananda baik pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya.”

Meskipun ucapan yang kita berikan kepada anak kita sedikit dan pendek. Ada banyak hal dipikiran anak kita akan perkataan baik kita ini. Salah satunya akan meningkatkan kepercayaan diri dan semakin optimis dalam menjalani aktifitas.


5. Doa Agar Lebih Dewasa

5. Doa Agar Lebih Dewasa

Dewasa memang berbeda-beda dari sisi mana kita memandang. Ada yang menganggap dewasa berarti mandiri, ada pula yang menganggap dewasa itu tinggal di rumah sendirian. Secara umum dewasa, yaitu lebih mengenali diri dalam bertingkah laku sehingga bisa memahami hak dan kewajibannya. Ucapan selamat khitan bisa kita jadikan doa agar senantiasa anak kita lebih dewasa. Ucapannya bisa seperti dibawah ini:

“semoga dengan khitan ini menjadi titik awal ananda semakin dewasa berperilaku, dan bersikap di luar sana.”

6. Doa Agar Optimis

6. Doa Agar Optimis

Optimis sangatlah penting bagi seseorang untuk lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Seseorang yang tidak optimis, pastilah akan menurun kualitas dari aktivitas yang dilakukan. Seorang anak yang baru saja dikhitan, ada baiknya jika memberikan dorongan dan motivasi agar lebih terbuka pemikirannya. Bisa digunakan kalimat,

“Anakku, dengan khitan ini menandakan dirimu telah memiliki masa depan yang cerah dan membanggakan. Maka tingkatkanlah kualitas diri dengan belajar dan berperilaku baik kepada siapapun.”

Bisa pula anda katakan kepada orang tua dari anak yang sedang khitan dengan ucapan selamat khitan.

“Selamat kepada anak bapak yang telah beranjak dewasa. Semoga menjadi anak yang lebih giat belajar dan berusaha.”

7. Doa Agar Berfikir Positif

7. Doa Agar Berfikir Positif

Berpikir positif bagi seseorang akan menjadikan pikiran bersih dan tidak menimbulkan kegundahan hati. Seseorang yang tidak memiliki kegundahan hati, maka akan membuat pikiran segar dan optimis. Ucapan selamat khitan yang bisa kita berikan kepada anak kita atau anak dari teman kita berupa:

“Selamat atas khitan yang telah dilakukan. Semoga kedepan menjadi anak yang senantiasa memberikan rasa lega pada dirimu.”

8. Doa Agar Menjadi Anak yang Berbakti

8. Doa Agar Menjadi Anak Yang Berbakti

Anak yang berbakti kepada kedua orang tua tentu menjadi idaman di seluruh dunia. Doa dan harapan selalu mengangkasa dari para orang tua. Ucapan selamat khitan dengan mendoakan agar berbakti kepada orang tua, juga bisa  digunakan ketika menghadiri di acara hajatan khitanan di rumah teman,

“Tidak terasa kini anakmu telah baligh dengan tanda khitan, semoga menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.”

Bisa pula anda memberikan doa kepada anak yang sedang dikhitan dengan kata,

“Selamat wahai ananda, perjalananmu masih panjang setelah khitan ini. Selain meningkatkan ibadah, tugas penting lain yaitu berbakti ke orang tua dan membahagiakannya.”

Baca Juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Inggris


9. Doa Agar Giat Belajar

9. Doa Agar Giat Belajar

Khitan menandakan jika seseorang telah menuju sebuah kedewasaan diri. Memperhatikan diri sendiri berupa belajar haruslah senantiasa ada dipikiran agar masa depan lebih baik. Moment khitan sangatlah bagus kita memberikan doa dan motivasi kepada orang tuanya maupun kepada anaknya. 

“semoga khitan ini semakin menambah semangat belajar agar kedepan bisa tercapai cita-cita yang diinginkan.”
“Semoga setelah khitan bisa masuk sekolah kembali dengan penuh semangat dan mendapatkan nilai yang terbaik”. Kalimat ini bisa kita berikan kepada anak yang sedang khitan, sehingga bisa termotivasi dan semangat.

10. Doa Agar Tercapai Cita-Cita

10. Doa Agar Tercapai Cita Cita

Orang tua tentu bahagia melihat anaknya beranjak dewasa dan menjadi orang sukses di kemudian hari. Doa agar bisa tercapai cita-cita yang diinginkan bisa juga kita berikan saat bertemu dengan keluarga. “Semoga dengan khitan ini semakin membuat lebih dewasa dan bisa terwujud cita-cita yang diinginkan dengan penuh semangat.

Beberapa ucapan selamat khitan  di atas bisa digunakan untuk turut bersuka cita kepada anak, teman, dan saudara yang saat ini anaknya sedang khitan. Tentunya akan lebih senang dan berbahagia melihat anaknya sudah dewasa dan baligh. Ucapan di atas bisa disertai dengan hadiah untuk membuat anak menjadi senang dan bersemangat.

Demikian lah ulasan mengenai ucapan selamat khitan yang semoga bisa menginspirasi pembaca semua. Khitan merupakan sebuah langkah ibadah. Untuk itu penting untuk melakukannya dan tak kalah penting juga untuk turut hadir memberi doa kepada anak yang sedang khitan. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: