Ucapan Selamat Hari Waisak

5 min read

Ucapan Selamat Hari Waisak

Ucapan Selamat Hari WaisakUcapan selamat hari waisak biasanya sering dicari saat akan menyambut tahun baru Waisak, dimulai dengan upaya bersih-bersih Rupang oleh para suhu di Vihara. Hal tersebut dilakukan sebagai pengejawantahan upaya pembersihan diri dari perbuatan dan pikiran kotor manusia selama ini.

Dimana selanjutnya untuk mempersiapkan diri menyambut tahun baru Waisak  di Vihara masing-masing. Dan tidak  lupa untuk saling berbagi dengan menyampaikan ucapan selamat hari waisak.


Mengenang 3 Peristiwa Suci Dan Penting

Mengenang 3 Peristiwa Suci Dan Penting

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Keponakan

Sebenarnya terdapat 3 peristiwa penting yang perlu direnungkan terlebih dahulu, sehingga perayaan ini juga dikenal dengan Tri Suci Waisak. Yang pertama merupakan peristiwa lahirnya  sang Budha, Sidharta Gautama pada tahun 623 SM. Pada peristiwa kedua menjadi perenungan akan tercapainya penerangan agung, dengan menjadi Sang Budha saat berusia 35 tahun, atau 588 SM.

Dan peristiwa ketiga atau  terakhirnya adalah  wafatnya sang Budha Gautama di usia 80 tahun, atau 543 SM. Ketiga peristiwa tersebut merupakan upaya perenungan diri menuju nirwana. Maka, pemberian ucapan selamat hari waisak, dari dan kepada keluarga dan sahabat menjadi lebih istimewa.


Contoh Ucapan Selamat Saat Hari Waisak

Contoh Ucapan Selamat Saat Hari Waisak

Baca Juga: Ucapan Selamat Tinggal

Upacara waisak atau Waisak dirayakan setahun sekali di setiap bulan Mei. Umat budha di indonesia biasanya akan merayakannya di candi Borobudur, dengan lilin yang dinyalakan, serta dimasukan ke dalam sebuah lentera. Dan pelaksanaannya dilakukan pada malam hari, saat purnama sidhi atau pada waktu bulan terang penuh. Beberapa ucapan selamat hari waisak yang dapat dijadikan inspirasi, antara lain:

1. Saat Menyambut Waisak Bersama Keluarga

Saat menyambut Waisak bersama keluarga menjadi momen yang membahagiakan sembari memperingati Tri Hari suci. Dengan saling memberikan ucapan selamat hari waisak kepada keluarga dan kerabat yang berkumpul. Tentunya akan lebih baik lagi jika menggunakan kata dan kalimat yang sopan, sebagaimana berikut:

  • Selamat Waisak, semoga kalian semua selalu diliputi kedamaian dan kebahagian sadhu….sadhu….sadhu….
  • Semoga di hari raya Tri suci waisak ini, seluruh anggota keluarga semakin sukses dan bahagia
  • Merenungi makna perjalanan hidup Sang Buddha sungguh merupakan pengalaman yang luar biasa mencapai ketenangan dan ketulusan hati untuk mencapai kebahagian. Selamat merayakan hari trisuci waisak.
  • Tiada yang lebih bermakna, selain merayakan peristiwa suci Sang Buddha bersama keluarga tercinta. Selamat hari waisak.
  • Kebahagian hakiki ketika berkumpul bersama keluarga hingga dapat saling memberikan ucapan selamat hari Waisak dengan setulus hati. Selamat merayakan Waisak.

2. Merayakan Waisak Bersama Kekasih

Ucapan selamat hari waisak kepada kekasih atau pujaan hati, tentunya memiliki makna dan kesan tersendiri. Apalagi mengucapkannya saat bulan purnama penuh di hari raya Waisak. Tentunya momen kebahagian tersebut akan semakin mempererat hubungan sepasang kekasih tersebut. beberapa ucapan selamat yang dapat dijadikan inspirasi, antara lain:

  • Mengenang 3 peristiwa suci bersamamu, telah memberikan semangat untuk selalu menjaga hati dan kepercayaanmu… selamat Waisak sayangku.
  • Selamat berbahagia sayangku, semoga curahan kebahagian selalu bersamamu di hari Tri suci waisak Ini.
  • Menjalani kehidupan di Bumi bersamamu menjadi kebahagian yang teramat sangat. Selamat merayakan Waisak cintaku.
  • Berbagi kasih denganmu semakin terasa indah, terutama saat merayakan kebahagian Waisak bersamamu.
  • Saat memperingati hari raya Waisak, kulihat keindahan bulan purnama terpancar begitu mempesona di parasmu. Semoga di hari trisuci Waisak ini, kebahagian selalu terpancar dari parasmu.

3. Untuk Teman Dan Sahabat

Orang lain yang memiliki kedekatan hubungan selain keluarga adalah sahabat dan teman. Memberikan ucapan selamat hari waisak kepada sahabat atau teman yang merayakan, tentunya akan memberikan nilai positif. Apalagi ucapan selamat tersebut memiliki makna yang dalam berkaitan dengan hubungan persahabatan, sebagaimana berikut:  

  • Semoga di hari raya Tri Suci waisak ini, hubungan persahabatan yang selama ini terjalin semakin kokoh dan kuat.
  • Indahnya di hari kebahagian ini dengan terhapusnya segala kebencian dan permusuhan. Selamat hari waisak sahabatku.
  • Semoga kebahagian dan kesejahteraan selalu mengalir di hari Waisak ini
  • Mempelajari kesederhanaan Sang Buddha, akan mengantarmu mencapai ketenangan dan kedamaian menuju kebahagian sejati. Selamat hari Waisak.
  • Liku-liku perjalanan sang Buddha menjadi teladan yang penuh makna untuk menggapai kebahadian dan ketulsan hati. Turut mengucapkan Selamat hari Waisak.

4. Kepada Rekan Atau Relasi Kerja

Memberikan ucapan selamat hari waisak kepada rekan kerja atau relasi bisnis yang merayakan, merupakan salah satu penghargaan. Sehingga secara tidak langsung akan membina hubungan kerja dan bisnis yang baik. Beberapa ucapan selamat hari Tri suci waisak yang dapat dijadikan inspirasi, antara lain:

  • Dengan meneladani perjalanan hidup sang Budha, tentunya akan dapat membimbing ke arah jalan menuju kemuliaan. Selamat hari raya tri suci Waisak.
  • Selamat hari waisak, semoga cahaya agung Sang Buddha menerangi jalan menuju kebahagian anda.
  • Perjalanan suci Sang Budha yang penuh dengan makna, dapat memberikan limpahan rejeki, kesejahteraan dan kebahagian. Selamat hari tri suci Waisak.
  • Turut mengucapkan selamat Waisak, semoga terang cahaya Sang Buddha memberikan limpahan rejeki, kesehatan dan kesejahteraan.
  • Menjadikan ajaran sang buddha untuk mencapai kebahagian dan ketulusan hati merupakan keistimewaan di hari suci ini. Selamat merayakan Waisak.

5. Kepada Anak-anak Atau Orang Yang Lebih Muda

Berbagi ucapan selamat waisak kepada anak-anak yang merayakan, akan memberikan nuansa kedekatan yang baik. Dengan kedekatan tersebut menjadikan anak-anak merasa nyaman dan terlindungi. Tentunya bahasa dan pilihan kata sebaiknya sesuai dengan tingkat pemahaman anak-anak, seperti:

  • Selamat merayakan waisak, semoga cahaya purnama dapat memberikan pengetahuan dan kebahagian untukmu.
  • Merenungkan saat kelahiran pangeran Sidharta hingga menjadi Sang Buddha yang sarat akan makna hidup yang luar biasa. Semoga peristiwa tersebut mampu menguatkanmu.
  • Semoga di hari Waisak ini, anak-anak dan para remaja semakin bersemangat meraih cita dan harapannya.
  • Merayakan Waisak bersama kalian anaka-anak dan remaja memberikan gambaran keindahan akan masa kanak-kanak pangeran sidharta.

6. Untuk Tetangga Yang merayakan waisak

Ketika ada tetangga yang sedang merayakan hari tri suci Waisak, tidak ada salahnya untuk memberikan ucapan selamat. Sehingga kedekatan dan hubungan bertetangga  dapat terjalin dengan baik. Beberapa contoh ucapan selamat Waisak yang dapat menjadi inspirasi antara lain:

  • Kebahagian hidup bertetangga bersamamu menjadi semakin indah saat merayakannya Waisak bersamamu.
  • Semoga kedamaian dan kebahagian selalu menyertai anda di hari tri suci waisak ini.
  • Dalam renungan peringatan peristiwa suci waisak, tentunya akan memberikan makna ketenangan dan kedamaian dalam hidup bertetangga. Selamat waisak, sadhu…sadhu….sadhu…
  • Semoga terangnya cahaya bulan purnama di hari Waisak ini mampu mendatangkan kesejahteraan, kedamaian dan kebahagian hidup bertetangga.
  • Selamat Waisak dan semoga cahaya sang Budha mampu memberikan jalan kemuliaan dan kebijaksanaan.

7. Untuk Orang Yang Lebih Tua

Dengan memberikan ucapan selamat Waisak kepada orang atau umat Budha yang lebih tua atau senior, akan memberikan kebahagian tersendiri. Selain sebagai bentuk penghargaan juga merupakan bagian dari toleransi kehidupan beragama di Indonesia. Beberapa ucapan yang menginspirasi tersebut, antara lain:

  • Selamat dan semoga kedamaian Waisak selalu menyertaimu.
  • Dharma yang dilakukan dengan ketulusan hati, akan mengantarmu pada kedaimainan. Selamat hari Waisak.
  • Merenungkan 3 peristiwa di hari suci Waisak ini, menyadarkanku untuk menghargai dan menghormatimu.
  • Pengalaman dan perjalanan hidupmu, menjadikan keindahan tersendiri untuk selalu berbagi di hari Waisak ini.
  • Peringatan hari Waisak menjadi tenang, saat melihatmu tersenyum penuh kehangatan dan kebahagiaan.

Nah, demikian ketujuh ucapan selamat hari waisak yang dapat dijadikan inspirasi. Dengan merayakan hari Waisak sembari mengenang kelahiran sang Budha Gautama, diharapkan timbul semangat berbagi dan saling mengasihi. Apalagi  perayaan tersebut dilakukan bersama keluarga dan sahabat, tentunya akan semakin membahagiakan.

Meskipun hanya sekedar ucapan selamat hari waisak, kalimat sederhana tersebut akan terasa menyejukan hati apabila disampaikan oleh orang yang terkasihi.  Sehingga pembersihan diri dari kotornya perbuatan dan pikiran manusia menjadi perenungan terbaik umat Budha.  Semoga bermanfaat dan Selamat Waisak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *