Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

7 min read

UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Ada banyak ucapan selamat hari raya idul fitri yang diucapkan. Hari ini umat Islam mulai menjalani hari – hari tanpa adanya puasa kembali, bulan Ramadhan telah pergi. Bahkan banyak sebagian orang yang tidak berani untuk pulang ke kampung halaman.

Maka idul fitri yang dilakukan akan menjadi berwarna daripada idul fitri yang dilakukan hanya biasa – biasa saja. Padahal ucapan ini bisa diunggah dengan menggunakan berbagai media sosial tersebut. Media sosial bisa menjadi perantara.

Idul fitri memang menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak umat Islam. Atau ada juga yang sekedar berkunjung ke rumah saudara. Semua itu tergantung kepada setiap manusianya sendiri tetap saja ada yang beda.

Tetapi kalau dalam masa pandemi COVID-19 ini maka kamu tidak bisa bepergian. Melainkan kamu hanya bisa mengantarkan ucapan untuk hari raya idul fitri. Nah, berikut ini ada beberapa jenis ucapan yang bisa kamu coba:


1. Ucapan Idul Fitri Islami

Ucapan Idul Fitri Islami

Memberikan ucapan selamat hari raya khususnya idul fitri memang merupakan hak yang wajib untuk dilakukan. Tidak jarang banyak orang yang mengucapkannya sekalipun bukan termasuk orang Islam.  Selamat hari raya idul fitri.

Bahkan ada yang sempat viral beberapa orang non muslim yang menyanyikan lagu lebaran dengan penuh hikmat. Tentu umat Islam tidak boleh kalah melainkan harus tetap menjaga fitrah walau bulan fitri akan berakhir.

“Mari kita memulai hari dengan hari yang baru dan hari yang fitrah. Tetaplah beribadah dan jangan sampai putus ibadah walau Ramadhan telah berlalu. Tetaplah bersabar dan memaafkan kesalahan beberapa orang dekat yang dikenal. Karena bisa mampu memperbaiki fitrah yang baru,”.

Sabar adalah salah satu poin yang harus dimiliki oleh umat Islam, sebab dengan sabar maka bisa melatih diri. Karena emosi bukanlah sikap yang baik melainkan bahkan sangat buruk sehingga tidak boleh dilakukan. 

Di hari yang fitrah ini seharusnya banyak umat Islam tetap merayakan hari idul fitri di situasi maupun kondisi apapun. Sebab itulah tidak boleh diremehkan, hari yang fitri adalah hari yang selalu ditunggu umat Islam.

Di hari yang penuh maaf ini tentunya harus lebih banyak berbuat baik walaupun bulan selalu berganti. Dan pada tahun depan semoga bisa bertemu dengan bulan Ramadhan serta bulan fitri nantinya.

Semoga saja umur masih panjang sehingga bisa merasakan seperti apa suka cinta berpuasa di bulan Ramadhan. Lalu berlebaran di hati yang fitri, fitri adalah suci. Bahkan banyak orang berlomba – lomba untuk tampil suci. 

Izinkan saja cahaya ini menjadi bukti kalau fitrah tidak harus dengan baju baru, fitrah tidak harus dengan harta. Melainkan fitrah yang sesungguhnya tidak harus dengan hal apapun melainkan fitrah adalah kesucian.

Di hari suci yang berbeda ini, mari kita kembali dekatkan kepada Allah SWT. Mari kita sambut hari yang bersih. Hari yang bersih, suci dan indah.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Sahabat


2. Ucapan Selamat Idul Fitri Tentang Makanan

Ucapan Selamat Idul Fitri Tentang Makanan

Ucapan selamat hari raya idul fitri ini bisa langsung digunakan karena ucapan ini sudah jelas berbeda. Karena di idul fitri kali ini bisa menggunakan ucapan dengan berbau makanan di bulan fitri yang suci.

Terkadang tak perlu datang ke tempat sanak keluarga, melainkan bisa dengan membagikan ucapan ini. Sebenarnya ada banyak sekali ucapan yang bisa digunakan, tetapi bisa pilih salah satu ucapan yang ingin digunakan.

“Saat takbir mulai menggema di telinga, saat itulah idul fitri telah menampakkan kakinya, saat helaian daun hijau sudah berubah menjadi ketupat. Saat itu harum lebaran mulai tersebar kemana – mana.

 

Mari kita buka hari yang baru, lembaran baru hari ini. Hari ini pula maaf sudah dibuka secara selebar – lebarnya. Entah seberapa lama maaf itu belum termaafkan maka bukalah pintu maafnya.

Selamat hari raya idul fitri dari tahun ini, tahun depan dan beberapa tahun yang akan datang. Tetaplah seperti ini hari kemenangan adalah hal yang suci,”.

Bahkan tidak jarang ada beberapa orang yang suka sekali mengunggah foto dengan ucapan yang menarik. Semoga salah satu pilihan ucapan ini bisa langsung kamu gunakan menjadi status di media sosial tersebut.

Sebab itu kalau tengah menjalani hari lebaran maka tak lengkap rasanya. Kalau tidak menggunakan ucapan menarik yang ada pada media sosial. Bahkan lebih banyak orang yang merespon unggahan tersebut.

Bahkan dengan adanya hal ini bisa menjadi perantara untuk meminta maaf dari orang yang satu ke orang lainnya. Maka harus memulai lembaran baru dari orang yang terakhir ke kehidupan di masa depan nanti.

Ada yang memberikan ucapan yang hampir sama satu lainnya tetapi ada pula yang memiliki ucapan unik. Bahkan dengan adanya ucapan yang kedua ini diharapkan bisa memotivasi bagi beberapa orang yang membacanya.

Mari kita mulai hari dari 0 kembali, mari kita nikmati kue lebaran yang penuh hikmat. Hari baru setelah bulan Ramadhan yang berakhir itu adalah fitrah. Fitrah adalah hal yang berbau suci, putih serta bersih.

Mungkin kekhilafan menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang selalu membuat kesalahan.


3. Ucapan Idul Fitri Yang Lembut

Ucapan Idul Fitri Yang Lembut

Idul fitri adalah salah satu hari yang paling dinanti oleh umat Islam karena dengan adanya hari yang fitri ini. Banyak umat Islam yang mulai bermaafan kembali, banyak umat Islam yang mulai bersuka cita. 

Merasakan kesulitan menjalani puasa adalah hal yang rumit. Menahan dahaga, lapar, menguji kesabaran dan pengujian. Kini bulan fitri bisa menjadi momen yang membahagiakan oleh banyak orang.

“Selamat hari lebaran.. Maafkan segala kesalahan yang baik disengaja maupun tidak disengaja. Maaf jika kata – kata pernah menyakiti hati. Hati ini kadang pernah salah ucap ataupun ucapan lainnya.

 

Maaf bila lidah ini pernah berkata kasar dan akhirnya bisa menyinggung orang lain, maaf diri ini selalu berbuat dusta, kasar dan luka. Maafkan saja kalau pernah berlaku kesalahan mulai hari ini dan nanti,”.

Sebab dengan adanya bulan fitri ini semakin banyak orang yang merayakannya. Tua, muda, dewasa dan unsur manusia lainnya bisa berlebaran. Lebaran adalah salah satu kata yang selalu teringat di dalam hari yang fitri.

Mari kita manfaatkan hari lebaran ini untuk bersukacita dan memanfaatkan momen ini untuk dekat dengan Allah SWT. Manfaatkanlah karena tidak semua hari seperti hari fitri melainkan hanya ada satu hari saja hari yang fitri.

Sedangkan hari lainnya adalah hari yang berbeda tentu berbeda jelas dengan hari yang fitri. Momen penuh haru ada disana, kecupan orang tua, maaf dari segala sanak saudara pun ada disana.

Semua hal sudah tertulis jelas di sana tanpa ada yang tahu banyak sekali hal yang ada di dalam idul fitri. Tak terkecuali kalau ingin menggunakan hari fitri sebaik – baiknya maka luangkan waktu hanya untuk keluarga.

Luangkan waktu karena tidak ada hari yang seperti hari yang fitri ini bahkan sebagian orang jarang menggunakannya. Lebih baik manfaatkan untuk hal yang baik, contohnya saja seperti berlebaran beserta anak yatim.


4. Selamat Hari Lebaran Takbir

Selamat Hari Lebaran Takbir

Sebelum memasuki idul Fitri biasanya akan dimulai dengan yang namanya takbir. Mengumandangkan “Allahu Akbar Allahu Akbar Walillah Ilham,” suara itu bergema di daerah manapun.

Seakan hari itu tiada umat selain umat Islam yang pada akhirnya membuat umat merasa bersyukur entah apa yang didapatkan. Tentunya kalau memiliki hari yang banyak manfaat memang tidak boleh disia-siakan begitu saja.

Apalagi hari fitri ini tidak ada pada setiap hari melainkan jarang sekali muncul. Bahkan kalau dihitung memang hanya muncul satu hari saja dalam setahun. Sebab harus dimanfaatkan secara sebaik mungkin.

“Takbir mulai mengumandangkan suaranya, ayat ayat Alquran dibacakan dengan penuh jiwa. Bulu – bulu ini mulai berdiri saat mendengar takdir seakan terpanggil oleh sang maha kuasa.

 

Bahkan hal ini lah yang selalu dimimpikan oleh semua umat Islam untuk mendengar takbir yang semakin menggema. Sayup – sayup itu mulai memunculkan suaranya bahkan percaya atau tidak inilah yang terjadi,”.

Memang dengan adanya ucapan selamat hari raya idul fitri ini diharapkan beberapa orang lebih mengetahuinya. Bahkan ucapan ini bisa menjadi buktikan betapa cintanya seseorang kepada hari yang fitri. 

Seseorang yang rindu akan kedatangan fitri yang suci, fitri adalah tanda kebesaran setelah berakhirnya bulan ramadhan. Padahal banyak orang yang menyia – nyiakan hal ini tentu dengan adanya hal ini.

Karena tidak ada yang tahu apakah tahun depan bisa bertemu lagi. Atau sudah berpulang ke rumah sang maha kuasa dan takdir tidak ada yang bisa mengelak.


5. Suasana Selamat Hari Lebaran 

Suasana Selamat Hari Lebaran 

Lebaran adalah hari yang selalu dinanti oleh banyak orang karena dengan berlebaran maka hari – hari yang dilakukan akan sempurna. Tanpa adanya suka cita maka tak akan lengkap adanya lebaran.

“Saat awan mulai membentuk lafal Allah, saat itu juga awan mulai mengikuti langkah umat Islam. Langkah yang seolah seperti ditakdirkan oleh sang maha kuasa. Entah seberapa lama suasana ini mulai terlihat. 

Seberapa lama pula hari ini mulai berbicara, burung – burung mulai bertebaran. Mengingatkan hari suci ini telah tiba dengan segenggam penuh kebahagiaan di dalam jiwa. Mari kita raih jiwa yang bersih. 

 

Tatkala air mulai mengalir membersihkan kotoran yang ada. Saat kafan menjadi pakaian terakhir, putih dan bersih. Saat bulan penuh makna ini mulai kembali maka kita sucikan diri masing – masing.

Mohon maaf kalau ada kesalahan baik mengenai hati atau tidak. Maafkan kesalahan dengan membuka pintu maaf sebesar-besarnya. Minal aidzin wal faidzin, taqaballahu minna wa minkum,”.

Lebaran menjadi salah satu pintu menjalin silaturahmi baik itu bersama keluarga maupun bersama orang jauh. Silaturahmi tidak harus bertemu secara fisik bahkan silaturahmi bisa dilakukan secara daring.

Dengan berkomunikasi langsung menggunakan beberapa media sosial yang telah ada. Maka silaturahmi yang dilakukan akan jauh lebih mudah. Tentunya hal ini akan menjadi hal yang selalu diutamakan oleh umat Islam.


6. Ucapan Selamat Lebaran Akhir Ramadhan

Selamat Lebaran Akhir Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh Rahmat yang memiliki segudang manfaat yang berharga bagi dunia dan alam seisinya. Tentu saja menjadi bulan yang banyak diinginkan oleh umat Islam bukan hanya sekedar bermaafan saja.

Saat Ramadhan telah berakhir, ucapan selamat hari raya idul fitri bisa menjadi saksi kebisuan kedatangan hari kemenangan. Hari kemenangan yang telah menghitung jam, menit maupun detiknya.

“Bulan Ramadhan adalah awal dari segala hal tetapi kemenangan akan ada pada hari fitri. Hari dimana banyak orang mulai bermaaf-maafan antara satu sama lain. Bahkan di hari itu juga banyak kue lebaran bertebaran.

 

Menjadikan kesucian lebih berharga, asam, manis asin menjadi satu. Segala hal sudah dilewati mulai dari sana. Mulai dari sana pula, kesucian mulai terungkap kembali akan sosok yang membahagiakan.

Selamat hari raya idul Fitri 1441 hijriah, semoga hari idul Fitri kali ini bisa memberikan warna baru. Semoga bisa bertemu di bulan Ramadhan selanjutnya bahkan semoga saja sampai pada hari kemenangan tiba”.

Semoga saja ucapan idul Fitri ini bisa membantu mengingatkan kalau hari kemenangan telah tiba. Bahkan perlahan – lahan hari itu mulai melangkahkan kakinya, bertahan bersama hari kemenangan adalah hal yang indah.

Apalagi kalau hari kemenangan banyak hal yang dilakukan. Mulai dengan makan ketupat bersama dengan keluarga. Lengkap dengan makanan istimewa khas idul Fitri yaitu opor ayam, rendang dan sambal kentang goreng.

Nikmat rasanya semua hal yang ada pada bulan idul Fitri tanpa menghitung hari cepat saja berlalunya. Bahkan sepertinya waktu tak pernah berhenti seperti jarum jam yang selalu berputar kemana saja.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri


7. Ucapan Lebaran Penuh Hikmat

Lebaran Penuh Hikmat

Merupakan sesuatu hal yang sifatnya suci memang haruslah secara sungguh – sungguh bahkan dengan bersungguh-sungguh. Maka hal yang dilakukan bisa jauh lebih serius dibandingkan hal yang tidak bermakna.

Contohnya saja lebaran bahkan pun dilakukan dengan bermakna misalnya saja memberi makanan ke orang yang tidak mampu. Itu salah satu contoh sedekah yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik lagi.

“Hari raya adalah hari yang selalu ditunggu banyak umat Islam. Terlebih lagi masalah perayaan memang harus dirayakan sebesar mungkin. Agar orang tahu idul Fitri harus sama setiap tahunnya tanpa ada perbedaan.

 

Sekalipun ada halangan tetap saja harus ada gema yang selalu berkumandang. Menandakan bahwa ada awal yang selalu berbahagia dan diakhiri dengan akhir kesunyian. Selamat menjalankan lebaran yang fitri,”.

Tetaplah bersedekah karena dengan sedekah bahkan semakin banyak saja beberapa hal yang didapatkan. Pada hari yang suci tidak ada salahnya kalau memberikan kebahagian pada orang – orang tertentu.

Contohnya saja orang yang tidak mampu pastinya tidak memiliki hal apapun lagi melainkan harus dilakukan dengan penuh cita. Sebab dengan adanya kenaikan maka akan ada kebaikan yang lainnya.

Ucapan hari raya idul Fitri jauh lebih bermakna jika tetap membagikan kepada beberapa orang. Contohnya saja sanak keluarga yang jauh tetapi tetap ingin merayakan idul Fitri bersama. Maka gunakan saja ucapannya.

Banyak sekali beberapa ucapan yang bisa digunakan bukan sekedar sebagai ucapan pengantar saja namun banyak orang yang tidak menyadarinya bahwa ucapan ini sangatlah bermakna. Namun tentunya bahkan ada beberapa orang yang sudah bangga dengan menggunakan salah satu ucapan tersebut. Semoga beberapa ucapan memang bermanfaat. 

Diharapkan akan lebih baik lagi hari suci yang dirayakan, bukan sekedar memakai hal yang baru saja. Tetapi bisa dilihat dari keunikan apa yang ada pada hari suci ini. Akan tetap berlangsung atau tidak hari idul Fitri tersebut?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *