Ucapan Selamat Hari Ibu

7 min read

Ucapan Selamat Hari Ibu

Ucapan Selamat Hari IbuSetiap satu tahun sekali tepatnya pada tanggal 22 Desember akan selalu dikenang sebagai hari ibu. Hari dimana sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengorbanan yang dilakukan oleh ibu kepada anak-anaknya. Di hari yang spesial ini mari siapkan ucapan selamat hari ibu terbaik yang bisa dihadiahkan untuk ibu di rumah.

Berbicara mengenai ibu hanya satu kata yang terpikir di kepala, yaitu hebat. Tidak ada manusia yang hebatnya menyamai seorang ibu. Walaupun itu tentara, polisi, angkatan laut, bahkan sampai superhero pun masih kalah hebat dengan seorang ibu.

Ada banyak sekali pengorbanan yang dilakukan oleh ibu demi keluarga yang dimilikinya terutama anak-anaknya. Beliau rela menahan kantuk untuk menjaga dan melindungi anaknya dari gigitan nyamuk di malam hari agar dapat tidur dengan nyenyak.

Masih ada banyak sekali contoh-contoh pengorbanan yang dilakukan oleh ibu yang dimana pengorbanan tersebut dilakukan berlandasan rasa cinta dan kasih sayang. Karena tidak ada yang mampu menandingi bahkan mengalahkan rasa cinta yang dicurahkan oleh seorang ibu karena kasih ibu itu tercurahkan sepanjang masa.


Mengenal Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Mengenal Sejarah Hari Ibu Di Indonesia

Ditetapkannya 22 Desember sebagai hari ibu di Indonesia diambil berdasarkan dari Kongres Perempuan Indonesia I yang dilaksanakan pada tanggal 22-25 Desember 1928. Kongres ini pertama kalinya digelar di Yogyakarta dan dihadiri langsung dari berbagai tokoh perempuan di Indonesia pada kala itu.

Para tokoh-tokoh perempuan yang hadir di Kongres Perempuan Indonesia I sama-sama memiliki tujuan untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan yang di mana pada masa itu kehadiran perempuan kerap disepelekan.

Berbagai macam latar belakang yang berbeda-berbeda dari mulai suku, agama, dan budaya saling berkumpul menjadi satu dengan tujuan yang sama, yaitu emansipasi wanita. Berawal dari kongres inilah cita-cita akan kesetaraan di antara laki-laki dengan perempuan akhirnya terwujud hingga tetap dijalankan hingga sampai generasi sekarang ini.

Tepat pada hari ulang tahun Kongres Perempuan Indonesia yang ke-25 pada tanggal 22 Desember 1953. Ditetapkan sebagai hari ibu yang diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno yang menjabat sebagai presiden pada waktu itu. Setiap perayaan hari ibu di Indonesia biasanya dirayakan dengan diliburkannya pekerjaan ibu seperti menyapu, memasak, mencuci, dan pekerjaan rumah lainnya.

Hari ibu lebih dari itu, sebagai bentuk rasa terima kasih kepadanya seseorang bisa memberinya bunga ataupun kata-kata. Kata atau  ucapan sebagai bentuk rasa terima kasih atas pengorbanannya yang begitu luar biasa. Kali ini akan banyak sekali contoh ucapan yang bisa digunakan.

Baca Juga: Ucapan Selamat Menikah Bahasa Jawa


Kumpulan Ucapan Selamat Hari Ibu 2020

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Ibu 2020

Hari ibu yang dirayakan tiap satu tahun sekali, yaitu pada tanggal 22 Desember, sudah sebaiknya sebagai rasa ucapan terima kasih berikan hadiah yang terbaik untuknya. Hadiahnya bisa seperti diajak jalan-jalan, diberi bunga maupun dengan cara yang lebih sederhana, yaitu diberi ucapan.

Walaupun hanya dengan kata ucapan, itu masih lebih baik daripada tidak dirayakan sama sekali. Karena yang ibu ingin hanya satu, yaitu orang-orang yang dicintainya. ingat akan hari yang spesial ini. Berikan ucapan yang baik untuk ibu terbaik di hari yang spesial dengan kata-kata ucapan di bawah ini:

1. Ucapan Selamat Hari Ibu yang Baik

Ada banyak sekali ucapan selamat hari ibu yang bisa dibaca dan digunakan di bawah ini, pilih salah satu ya, yang pastinya pilih yang paling baik dan cocok digunakan untuk ibu yang ada di rumah. Contohnya:

  • Umurmu memang terbatas, tetapi rasa cinta dan kasih sayang yang kau berikan tidak ada batasnya. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu! Salah satu keahlian yang dimiliki oleh ibu adalah selalu menebarkan kasih sayangnya dengan tulus kepada anak-anaknya.
  • Kasihnya sepanjang masa yang selalu senang memberi tanpa pernah sedikitpun meminta kembali. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu ! Tak ada yang lebih ikhlas dari sesuap nasi yang diberikan oleh ibu kepada anaknya di sore hari.
  • Rawatlah ibumu di masa tuanya, seperti dia merawatmu di masa kecilmu. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu ! Ibu, hidupmu memang tidak akan selamanya, namun di setiap hembusan nafasmu kau habiskan untuk memberi kasih sayang kepada anak-anakmu.
  • Bila nanti waktunya telah tiba, raga ibu akan ditelan bumi. Tapi percayalah, kasih sayang yang pernah diberikan akan selalu teringat sepanjang masa. Selamat Hari Ibu!
  • Matanya memang tak seluas lautan, tapi rasa peduli dari tatapannya bisa melebihi luasnya lautan. Selamat Hari Ibu!

2. Ucapan Penuh Makna

Beberapa ucapan di bawah ini sangat penuh makna yang bisa dijadikan referensi yang cocok untuk ibu. Tentunya ini bisa menjadi sesuatu yang bisa mewakili perasaan sang anak:

  • Tidak ada rasa sayang di dunia ini yang tulusnya seperti rasa sayang yang diberikan seorang ibu kepada anak-anaknya yang tak meminta balasan sedikitpun sepanjang hayatnya. Selamat Hari Ibu!
  • Ibu, bahu kecilmu tak seluas bantal di kamarku. Tapi disana tempat senyaman-senyamannya berteduh dari jahatnya dunia ini. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu! Ragamu mungkin akan luntur bersama waktu, tetapi kasih sayangmu tak akan pernah luntur sepanjang waktu.
  • Tuhan, bolehkah aku berdoa? Sayangilah ibuku seperti beliau menyayangiku. Selamat Hari Ibu!
  • Tidak ada balas budi yang bisa dilakukan oleh anak untuk membalas semua jasa ibunya kepada dirinya. Selamat Hari Ibu!
    [/su_note]
  • Jika engkau ingin melihat bidadari. Lihatlah di pintu rumahmu yang selalu menunggu kedatanganmu, seorang perempuan tangguh yang rapuh raganya, namun tidak pernah rapuh kasih sayangnya. Selamat Hari Ibu!

3. Ungkapan Selamat Hari Ibu yang Indah

Kata-kata ucapan di atas masih kurang? Tenang saja, di bawah ini masih ada beberapa kata ucapan yang tidak kalah keren dari yang di atas. Mari dibaca di bawah ini:

  • Selamat Hari Ibu! Boleh saja tubuhnya rapuh dimakan oleh waktu, namun kasih sayangnya tidak boleh rapuh dimakan oleh waktu.
  • Ibu, rasa sayangmu kepada anakmu tak akan pernah luntur bersama waktu yang akan selalu teringat sepanjang waktu. Selamat Hari Ibu!
  • Kebaikan untuk anaknya adalah hal utama yang akan diprioritaskan oleh seorang ibu yang bisa jadi melebihi dirinya sendiri. Selamat Hari Ibu!
  • Jika besok-besok ibumu telah tiada, jadilah anak yang soleh dengan merawatnya melalui doa-doa tulusmu. Selamat Hari Ibu!
  • Tidak ada yang diinginkan oleh seorang ibu di dunia ini selain melihat kebahagiaan dari anak-anaknya. Selamat Hari Ibu!

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Ayah

4. Ucapan Sangat Menyentuh

Siapa yang tidak tersentuh dengan berbagai ucapan menyentuh hati? Tentunya semua akan tersentuh. Terlebih lagi yang mengucapkannya itu adalah orang yang tercinta. Berikut inspirasi ucapan selamat hari ibu yang bisa diucapkan:

  • Selamat Hari Ibu! Pelukannya memang tak luas, namun pelukannya sehangat mentari yang hendak tenggelam di sore hari.
  • Ternyata musik itu benar. Bahwa kasih sayang seorang ibu itu tak terhingga sepanjang masa yang dengan senang hati ibu memberikannya. Selamat Hari Ibu!
  • Umurnya memang tidak sampai sepanjang masa, tapi rasa kasih yang diberikan kepada anaknya akan selalu dirasa sepanjang masa. Selamat Hari Ibu!
  • Di kedua matanya yang kecil, tersirat perhatian luar biasa yang hanya bisa dilakukan oleh seorang ibu kepada anak-anaknya. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu! Tak ada harta di dunia ini yang semewah suapan nasi yang diberikan ibu kepada anaknya yang tengah lapar.
  • Tidak ada yang lebih tulus dari rasa sayang ibu kepada anaknya. Selamat Hari Ibu!
  • Tidak ada orang di dunia ini yang kasih sayangnya melebihi kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya. Selamat Hari Ibu!
  • Ibu, kasihmu yang engkau curahkan kepada anakmu akan tetap abadi sepanjang masa walau nanti ragamu telah hilang dihapus masa. Selamat Hari Ibu!

5. Ucapan Selamat Hari Ibu yang Inspiratif

Dari kata ucapan di atas masih belum ketemu kata ucapan yang baik untuk diucapkan kepada ibu? Ini ada beberapa kata ucapan lagi, semoga ada yang cocok di hati ya:

  • Suatu waktu nanti tubuhmu akan luntur bersama waktu, tapi tidak dengan kasih sayangmu dia akan abadi sepanjang waktu. Selamat Hari Ibu!
  • Ketahuilah, tidak ada kehilangan di dunia yang lebih pedih selain ditinggal pergi oleh seorang ibu untuk selamanya. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu! Pandangannya memang tak seluas samudera, tetapi perhatian dan rasa kepeduliannya melebihi luasnya samudera.
  • Rasa sayang sepanjang hayatnya tidak akan pernah mampu untuk dibalaskan sedikitpun oleh anak-anaknya. Selamat Hari Ibu!
  • Sayangi lah selalu ibumu, seperti beliau yang selalu menyayangimu. Selamat Hari Ibu!
  • Adakah sesuatu yang sifatnya abadi ? Itu adalah doa dan kasih sayang yang diberikan oleh ibu kepada anaknya yang selalu terucap sepanjang hidupnya. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu! Tidak ada satupun ibu di dunia ini yang tidak pernah menyayangi anak-anaknya.
  • Raga ibu memang sederhana, tapi didalamnya terdapat ornamen indah bagi orang-orang yang dicintainya. Selamat Hari Ibu!

6. Ucapan Untuk Ibu Tersayang

Begitu banyak bentuk kasih sayang yang bisa diungkapkan kepada ibu tercinya. salah satunya dengan ucapan menyentuh hati. Berikut ini inspirasi ucapan selamat hari ibu yang bisa dijadikan referensi

  • Selamat Hari Ibu! Hati ibu memang sederhana tidak besar dan tidak luas, tapi ada ornamen indah dan tempat senyaman-nyamannya untuk tinggal.
  • Selamat Hari Ibu! Ibu adalah sosok perempuan hebat yang berhati baja.
  • Ibu, mungkin saja umurmu akan habis dimakan waktu, tetapi kasih sayangmu tidak akan pernah habis dimakan waktu. Selamat Hari Ibu!
  • Tak ada kasih sayang di dunia ini sesuci dan setulus kasih sayang yang diberikan ibu kepada anak-anaknya. Selamat Hari Ibu!
  • Selain guru, bagiku ibu juga pahlawan tanpa tanda jasa yang akan dikenang sepanjang hayatnya. Selamat Hari Ibu!
  • Selamat Hari Ibu! Dari sosok ibu lah kita akan belajar bagaimana cara mencintai dan mengasihi dengan sebaik-baiknya.
  • Selamat Hari Ibu! Jika ingin belajar bagaimana mencintai dan mengasihi dengan tulus, maka belajarlah dari seorang ibu karena rasa cinta yang dia berikan tak pernah meminta balasan apapun.
  • Tidak ada hal baik yang dilakukan oleh seorang anak kepada ibunya selain berbakti kepadanya. Selamat Hari Ibu!
  • Seorang ibu akan rela mengorbankan dirinya demi orang-orang yang dicintainya. Selamat Hari Ibu!
  • Bagi ibu, kebahagiaan orang-orang yang dicintainya lebih utama dan penting daripada bahagianya sendiri. Selamat Hari Ibu!

Sejak pertama kali diresmikan pada tahun 1953, perayaan hari ibu sudah akan memasuki tahun ke-67 pada tahun 2020 ini. Dengan bertambahnya umur, semoga ibu-ibu yang ada di seluruh dunia tetap bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang yang dicintainya.

Tidak hanya itu juga, ibu merupakan sekolah pertama bagi anak-anaknya oleh karena itu jadilah ibu cerdas dengan memiliki wawasan yang luas. Salah satu cara untuk mendapatkan wawasan yang luas adalah dengan belajar dan mengenyam bangku pendidikan dengan baik.

Dengan memiliki ibu yang cerdas, maka anak-anak pun dapat dididik dengan sebaik-baiknya hingga dapat menggapai cita-citanya dengan baik dan menjadi orang yang bermanfaat di lingkungannya ketika sudah dewasa nanti. Nah, itulah ucapan selamat hari ibu yang bisa dibaca pada konten ini. Jangan lupa pilih kata ucapan yang terbaik ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: