20+ Ucapan Selamat Hari Guru untuk Orang Telah Berjasa untuk Kita

Ucapan Selamat Hari GuruBertepatan dengan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2020 ini. Sudahkah menyiapkan kata ucapan selamat hari guru yang bagus untuk diberikan kepada para guru yang ada di sekolah? Guru merupakan elemen penting dalam kemajuan sebuah negara.

Seorang guru memiliki peran dan andil yang besar dalam mendidik para anak-anak penerus bangsa. Generasi yang terdidik dengan baik akan turut andil berkontribusi dalam kemajuan suatu negara. Negara-negara maju yang ada di dunia, pasti memiliki sumber daya manusia yang baik.

Demi terwujudnya sumber daya manusia yang baik, maka diperlukan sistem pendidikan yang baik. Dan guru menjadi pemeran utama dalam menentukan kualitas dari pendidikan itu sendiri. Sumber daya manusia menjadi salah satu syarat yang harus terpenuhi, jika suatu negara ingin maju.

Guru menjadi bagian terpenting dalam mencetak anak-anak dengan memiliki ilmu pengetahuan serta diikuti dengan akhlak yang baik. Oleh karena itu, untuk menghormati serta menghargai jasanya ditetapkanlah Hari Guru Nasional oleh pemerintah.


Sejarah Hari Guru di Indonesia

Sejarah Hari Guru Di Indonesia

Berbicara mengenai Hari Guru di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari organisasi yang bernama PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Organisasi ini sebagai wadah bagi seluruh guru yang ada di Indonesia. Sebelum berdirinya PGRI, organisasi yang mewadahi seluruh guru yang ada di Indonesia bernama PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda) yang didirikan pada tahun 1912 dalam masa penjajahan Kolonial Belanda.

Di dalam PGHB terdapat beberapa sub-organisasi perguruan yang berdasarkan suku dan agama yang diantaranya adalah Persatuan Guru Bantu (PGB) dan Perserikatan Guru Desa (PGD). PGHB beroperasi sampai masa penjajahan kolonial Belanda runtuh di Indonesia. Masa penjajahan Belanda berakhir dan digantikan oleh Jepang, yang pada waktu itu seluruh organisasi dan tempat-tempat sekolah dipaksa tutup dan tidak boleh beroperasi.

Keadaan tersebut tetap bertahan hingga sampai terjadinya kekalahan Jepang atas Amerika Serikat dalam peperangan yang momen tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pejuang terdahulu. Momen tersebut dimanfaatkan hingga sampai menghasilkan Proklamasi Kemerdekaan RI yang dibacakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945.

Semenjak dicetuskannya proklamasi kemerdekaan, maka berakhir sudah masa penjajahan yang dilakukan oleh Jepang di tanah bumi Indonesia. Dengan berakhirnya masa penjajahan tersebut, maka aturan-aturan yang diterapkan oleh pemerintahan Jepang mulai dihilangkan. Sekolah-sekolah mulai diaktifkan kembali begitu pula dengan organisasi keguruan sudah mulai beroperasi kembali.

Pada tanggal 24-25 November 1945 untuk pertama kalinya diadakan Kongres Guru Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh seluruh guru yang ada di Indonesia dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda-beda Kongres Guru Indonesia dilaksanakan untuk menyatukan semua guru yang ada di Indonesia, tanpa perlu mengkotak-kotakan berdasarkan latar belakang. Semuanya berkomitmen untuk menjadi satu dalam perjuangan mencerdaskan bangsa.

Dengan dibentuknya persatuan guru yang satu, maka seluruh organisasi keguruan yang ada di Indonesia pada waktu itu dihapus. Dan digantikan dengan organisasi tunggal yang menjadi wadah baru bagi guru-guru di Indonesia yang bernama PGRI.

Seluruh guru tanpa dilihat dari latar belakang budaya maupun agama semuanya bergabung menjadi satu dalam organisasi PGRI, yang tetap bertahan hingga sekarang. Berdasarkan kongres itulah, pemerintah menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang tanggalnya juga bertepatan dengan lahirnya PGRI di Indonesia.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Guru 


Kumpulan Ucapan Selamat Hari Guru 2020

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Guru 2020

 

Baca Juga: Ucapan Selamat Menikah Bahasa Jawa

Ditetapkannya tanggal 25 November sebagai Hari Guru memiliki sejarah yang panjang. Dimana hari tersebut harus tetap dijaga sampai ke generasi-generasi selanjutnya. Setiap Hari Guru terjadi harus ada perayaan yang terjadi di lingkungan sekolah seperti dilakukannya upacara dan sebagainya sebagai bentuk rasa terima kasih kepada para guru yang berjasa dalam negara ini.

Selain itu juga, sebagai seorang murid bukankah sebaiknya untuk memberikan kata ucapan selamat kepada guru yang telah mendidiknya selama ini? Nah, berikut di bawah ini ada kumpulan kata ucapan selamat hari guru yang bisa digunakan:

1. Ucapan Selamat Hari Guru yang Indah

Selamat Hari Guru Yang Indah

Ada banyak kata ucapan untuk guru yang bisa dibaca di bawah ini dan diberikan kepada para guru. Silahkan pilih satu yang terbaik untuk guru terbaik ya:

  • Buku memang jembatan ilmu, tetapi guru adalah gudangnya ilmu. Selamat Hari Guru!
  • Selamat Hari Guru! Guru yang baik adalah guru yang mampu memahami muridnya dengan baik.
  • Guru, begitu mulia jasa yang telah engkau berikan, yang tidak akan pernah bisa aku lupakan sepanjang hidupku. Selamat Hari Guru!
  • Setiap orang bisa menjadi guru dan setiap rumah bisa menjadi sekolah. Selamat Hari Guru!
  • Seorang guru yang baik akan menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak didiknya. Selamat Hari Guru!
  • Di atas papan yang kau ukir dengan kapurmu, terlihat jelas betapa besarnya dedikasimu terhadap murid-muridmu. Selamat Hari Guru!
  • Selamat Hari Guru! Seorang guru selalu ikhlas membagikan ilmu pengetahuannya kepada anak didiknya.
  • Guru adalah gudangnya ilmu yang jika ingin memasukinya kuncinya hanya dengan menghormatinya. Selamat Hari Guru!

2. Ungkapan Istimewa Untuk Hari Guru

Ungkapan Istimewa Untuk Hari Guru

Memberi ungkapan kepada guru di perayaan hari guru juga akan memberi kesan tersendiri di benak para guru. Berikut ini contoh ucapan yang bisa dijadikan referensi:

  • Guru rela membakar dirinya untuk menerangi jalan murid-muridnya menuju masa depannya. Selamat Hari Guru!
  • Selamat Hari Guru! Guru adalah senjata terbaik untuk menciptakan para generasi penerus bangsa yang baik.
  • Selalu menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. Selamat Hari Guru!
  • Belajarlah dengan sungguh-sungguh karena hanya dengan itu kamu bisa meraih impianmu. Selamat Hari Guru!
  • Tidak ada yang lebih mulia daripada seseorang yang sedang menempuh jalan untuk menimba ilmu. Selamat Hari Guru!
  • Lebih baik dapat nilai buruk, tapi hasil usaha sendiri daripada dapat nilai bagus, tapi hasil dari mencontek. Selamat Hari Guru!
  • Tugas seorang guru adalah untuk mengajarkan ilmunya kepada muridnya, sedangkan tugas seorang murid adalah berusaha untuk memahaminya. Selamat Hari Guru!
  • Selamat Hari Guru! Lebih baik belajar di masa muda, daripada belajar di masa tua.
  • Bagaikan lampu di malam hari, guru akan selalu menerangi di setiap langkah kaki dari murid-muridnya dalam menjemput masa depannya. Selamat Hari Guru!

3. Ucapan Hari Guru yang Baik

Ucapan Hari Guru Yang Baik

Kata ucapan selamat di atas masih kurang ? Tenang, di bawah ini masih ada beberapa kata ucapan yang bisa diberikan kepada guru terbaikmu yang ada di sekolah:

  • Tidak ada yang namanya terlambat bagi orang-orang yang berniat untuk menimba ilmu. Selamat Hari Guru!
  • Selama hembusan nafas dapat didengar, selama itu pula kesempatan untuk belajar akan terus terbuka. Selamat Hari Guru!
  • Masa depan yang cerah tidak didapatkan dengan bermalas-malasan, tapi didapatkan dengan cara bekerja keras. Selamat Hari Guru!
  • Pendidikan yang baik akan mencetak anak-anak penerus bangsa dengan memiliki keseimbangan antara ilmu dan akhlaknya. Selamat Hari Guru!
  • Selamat Hari Guru! Apapun yang diajarkan oleh guru di sekolahmu, maka hargailah dengan mendengarkan dan menghormatinya.
  • Guru, engkau adalah pahlawan bangsa tanpa tanda jasa yang rela berkorban tanpa lelah demi mencerdaskan generasi bangsa. Selamat Hari Guru!

4. Ucapan Indah Untuk Guru

Indah Untuk Guru

Kadangkala seorang murid ingin menyampaikan perasaannya melalui kata kiasan yang menyampaikan pesan tersirat di dalamnya. Untuk contoh ucapannya, bisa dilihat pada ucapan-ucapan di bawah ini:

  • Selamat Hari Guru ! Guru yang baik akan membuat muridnya mengerti tentang apa yang diajarkan.
  • Guru yang baik itu harus memberikan suri tauladan yang baik kepada murid-muridnya. Selamat Hari Guru!
  • Tidak ada yang lebih indah didengar daripada goretan kapur di papan tulis yang dilakukan oleh seorang guru. Selamat Hari Guru!
  • Guru rela menjadi lampu cahaya yang menerangi jalan anak didiknya menjemput masa depannya. Selamat Hari Guru!
  • Selamat Hari Guru! Di depan memberi contoh dan belakang memberi dorongan, itulah tugas mulia dari seorang guru.
  • Selamat Hari Guru! Jangan pernah merasa lelah untuk menjadi lampu yang menerangi jalan langkah generasi bangsa.
  • Guru tidak hanya sebuah profesi, dia lebih dari itu. Dia adalah pencetak masa depan bangsa. Selamat Hari Guru!
  • Tidak ada yang lebih tulus mengajarkan ilmunya dari suara sepeda yang kau kayuh untuk menuju tempat murid-muridmu. Selamat Hari Guru !
  • Selamat Hari Guru ! Teruslah berjuang dalam mewujudkan anak-anak penerus bangsa yang berwawasan luas dan berakhlak mulia.
  • Guru, kau adalah kompas penunjuk arah terbaik bagi murid-muridmu dalam menggapai cita-cita dan impiannya. Selamat Hari Guru!

5. Ucapan Terima Kasih untuk Guru

Ucapan Terima Kasih Untuk Guru

Selain bisa memberikan kata mutiara terhadap guru, bisa juga memberikan ucapan terima kasih kepada beliau atas dedikasi yang sudah dia berikan. Baca ucapannya di bawah ini:

  • Setiap guru pasti mempunyai hati dan semua yang berhati selalu ingin dihargai. Selamat Hari Guru!
  • Terima kasih kami ucapkan, kepada Bapak dan Ibu guru yang selalu tulus dalam mendidik kami.
  • Tak ada yang lebih tulus daripada suaramu yang menjelaskan ilmu-ilmu Tuhan kepada kami yang akan berguna dalam masa depan kami. Terima kasih kami ucapkan.
  • Terima kasih atas kesabaranmu dalam mendidik kami yang terkadang kami masih suka menyepelekannya. Selamat Hari Guru!
  • Tidak akan bisa kami membalas semua jasa dan pengorbanan yang engkau lakukan ketika mendidik kami, terima kasih bapak dan ibu guru.
  • Jasamu tidak akan mampu untuk kami balaskan, hanya doa baik yang kami panjatkan untukmu para pahlawan bangsa.

6. Ucapan Penuh Makna Untuk Guru

Ucapan Penuh Makna Untuk Guru

Terkadang ada guru yang begitu tersentuh hanya dengan diberikan ucapan saja oleh muridnya. Ini dianggap sebagai bentuk kasih sayang yang tak ternilai harganya, Berikut contohnya:

  • Terima kasih atas dedikasi yang engkau berikan selama mendidik kami. Selamat Hari Guru!
  • Dedikasi yang kau ajarkan kepada kami akan menjadi bekal penting kami untuk meraih cita-cita kami. Terima kasih Bapak dan Ibu guru.
  • Hanya doa dan rasa terima kasih yang bisa kami berikan kepada Bapak dan Ibu guru yang telah sabar dan ikhlas dalam mendidik kami.
  • Ilmu yang telah kau berikan semoga akan selalu berguna bagi kami, yang menjadi bekal untuk meraih cita-cita yang kami impikan, terima kasih.
  • Terima kasih aku ucapkan kepada para guruku yang telah mendidikku hingga aku sampai pada versi terbaikku.
  • Jika ilmu adalah cahaya, maka kau adalah lampu yang akan menjadi sumber cahaya itu. Selamat Hari Guru!

Guru adalah sosok penting dalam urusan mencetak anak-anak yang kelak akan menjadi penerus bangsa. Dengan mendidik generasi penerus dengan baik, maka negara ini bisa menjadi lebih baik lagi dari generasi sebelumnya. Dan guru memiliki andil yang besar dalam mewujudkan itu.

Hari Guru dijadikan sebagai Hari Nasional agar seluruh masyarakat tahu, bahwa guru adalah profesi yang mulia. Dan kehadirannya harus benar-benar dihargai dan dihormati dengan baik. Nah, itulah kata ucapan selamat hari guru yang bisa dibaca pada konten ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Tinggalkan komentar