Ucapan Selamat Aqiqah

3 min read

Agama Islam telah memberikan cara yang baik untuk umatnya setelah proses kelahiran seorang anak. Seorang anak yang berhasil lahir di dunia dengan selamat, sehat, dan sentosa, hendaknya orang tuanya mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah. Sebagai orang tua laksanakan aqiqah untuk anak dan orang yang hadir hendaknya mengucapkan ucapan selamat aqiqah.

Acara aqiqah untuk anak harus dilakukan dengan cara menyembelih kambing kemudian dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan. Memasak dan mengolah daging kambing dengan nikmat adalah sebuah keutamaan dari acara ini. para orang tua yang mengadakan aqiqah dapat langsung membagikannya kepada keluarga dan tetangga maupun dengan mengundang datang ke rumah.


Ucapkanlah Selamat Aqiqah dan Doa yang Baik

Apabila para orang tua ingin mengundang sanak keluarga dan tetangga ke rumah, diwajibkan untuk mempersiapkan segala persiapan acara aqiqah dengan matang. Mengundangnya ke rumah disertai dengan upacara adat untuk memperingati kelahiran bayi adalah kebiasaan yang dilakukan di Indonesia.

Kebudayaan yang sangat kental inilah yang mengikat tali persaudaraan warganya satu dengan yang lain. Kerukunan akan menciptakan suasana hangat selama berlangsungnya acara aqiqah. Untuk tamu yang datang ucapkanlah ucapan selamat aqiqah dengan tambahan doa yang baik untuk si anak. Berikut ini adalah ucapan aqiqah yang baik yang bisa dicontoh:


1. Ucapan Selamat Aqiqah Bayi Laki-laki

Selamat Aqiqah Bayi Laki Laki

Bayi laki-laki yang lahir di sebuah keluarga, diharap kelak menjadi pemimpin keluarga yang bertanggung jawab kepada anggota keluarganya. Berkah dan rizky dari Allah bagi orang tua yang memang mengharapkan momongan untuk mengisi hari-hari mereka. 

Dengan tulus acara aqiqah yang diadakan adalah untuk mengungkapkan syukur, mengabarkan berita bahagia bagi keluarganya dan tetangga. Bagi yang datang untuk menghadiri undangan yang telah diberikan oleh orang tua, maka ucapkanlah ucapan yang baik untuk bayi laki-laki mereka. 

Semoga kelak menjadi anak yang mengerti dan mampu untuk mengemban tanggung jawab serta menjadi orang bermanfaat bagi orang di sekitarnya. Berikut contoh ucapan untuk acara aqiqah anak laki-laki :

“Selamat ya, bayi kecilmu lahir dengan sehat dan tampan. Semoga anak kesayanganmu ini menjadi anak sholeh serta taat kepada Allah.”
“Semoga bayi ini kelak menjadi seperti orang tuanya. Selamat kamu sudah mendapatkan putra yang kamu idamkan selama ini ya!”

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Pahlawan


2. Ucapan Selamat Aqiqah dalam Bahasa Inggris Untuk Bayi Laki-laki

Selamat Aqiqah Dalam Bahasa Inggris Untuk Bayi Laki Laki

Bayi yang lahir menjadi seorang penyejuk dalam keluarga. Membawa tawa dan suasana yang menyenangkan pada orang tua. Apalagi bayi yang lahir sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Maka kebahagiaan akan semakin terasa dan berlipat ganda. 

Acara aqiqah akan menjadi momen yang paling menyenangkan dalam hidup orang tua ini. Ucapan selamat aqiqah dapat diucapkan menggunakan Bahasa Inggris juga. 

Ini akan menjadi variasi dalam mengucapkan ucapan ini sekaligus akan membuat kesan berbeda dari ucapan biasanya. Simak contoh ucapannya untuk bayi laki-laki berikut ini dan bisa mulai berlatih untuk menirukannya.

“There is a best gift for you and your family. The handsome baby boy will be full of love in your house. It makes life colorful for you. Congratulations and be the wise parents. We hope you and your baby always health and happy forever”

3. Ucapan Aqiqah Untuk Bayi Perempuan

Ucapan Aqiqah Untuk Bayi Perempuan

Setiap orang tua mendambakan bayi perempuan yang lucu dan imut. Tidak lupa doa yang dipanjatkan adalah supaya bayi perempuan menjadi anak perempuan yang sholehah dan rajin beribadah kepada Allah. Memperlakukan seorang bayi haruslah dengan cara yang lembut, apalagi untuk seorang bayi perempuan.

Kabar bahagia akan diungkapkan melalui acara aqiqah untuk bayi perempuan. Mereka yang datang pada acara aqiqah yang diadkan oleh orang tua akan mengucapkan doa yang tulus untuk kebahagiaan untuk sang putri serta orang tuanya. Berikut adalah ucapan selamat aqiqah untuk bayi perempuan yang dapat diucapkan orang yang datang mengahadiri undangan.

“Selamat ya karena telah hadir seorang bayi perempuan yang imut. Semoga bayi yang cantik ini akan menjadi anak yang sholehah dan mampu menyayangi orang tuanya seperti orang tuanya yang selalu sayang padanya. Putri ini akan menjadi penghangat dan penambah kebahagian serta tawa dalam keluarga kecilmu ya.”

4. Ucapan Selamat Aqiqah dalam Bahasa Inggris untuk Bayi Perempuan

Selamat Aqiqah Dalam Bahasa Inggris Untuk Bayi Perempuan

Untuk lahirnya bayi perempuan kita harus mengucapkan selamat aqiqah saat menghadiri acara ini. Jika bosan dalam menggunakan ucapan aqiqah yang biasa, menggunakan Bahasa Inggris untuk ucapan ini adalah pilihan yang tepat sekali. Berikan kata yang baik untuk orang tua yang berbahagia karena lahirnya buah hati yang ditunggu-tunggu selama ini.

Berikut ucapan yang baik menggunakan Bahasa Inggris untuk bayi perempuan yang dapat dipakai saat menghadiri acara aqiqah. Jangan lupa untuk menyisipkan doa yang baik untuk anak yang baru lahir.

“Congratulations ya! Your happiness will start now, because the beautiful baby girl was born with the smile. Be a great parent forever, yes and I hope you and your baby will be a wonderful family.”  

Baca Juga: Ucapan Selamat Bekerja


5. Ucapan Selamat Aqiqah secara Islami

Selamat Aqiqah Secara Islami

Meskipun acara aqiqah merupakan acara Umat Islam, namun terkadang lupa dalam mengucapkan doa secara islami. Terkadang hadirin hanya datang dengan mengucapkan doa yang biasa tanpa menggunakan cara yang Islami dalam menyampaikan ucapan yang baik. 

Mari kita mencoba menggunakan cara islami dalam memberikan ucapan. Ucapan untuk memberi selamat pada acara aqiqah sudah memberikan kebaikan untuk sesama apalagi jika sesama muslim menggunakan cara Islami dalam mengucapkannya. 

Maka orang tua dan keluarga yang mendengarnya akan bahagia serta akan mempererat hubungan. Hubungan yang baik akan mengantarkan kepada surga, Yuk kita bersama mengucapkan selamat aqiqah dengan cara islami seperti berikut:

“Alhamdulillah, selamat ya! Barakallah untuk acara aqiqah anak mi ya. Bismillahirrohmanirrohim semoga Allah akan menjadikan anakmu menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Selalu jaga keluargaku dengan baik ya, ingatlah selalu untuk beribadah kepada Allah supaya akan selalu di tolong saat berada di dunia dan akhirat, Amin…”

Kelahiran seorang Putra dan Puteri akan membawa kebahagian kepada orang tua dan sanak keluarga. Hadirnya si buah hati akan membuat kehangatan di lingkungan rumah. Si buah hati ini yang akan meneruskan perjuangan orang tua dan menjadi orang yang bermanfaat untuk sekitar.

Perjuangan orang tua tidak hanya sampai pada melaksanakan acara aqiqah saja, bahkan ini adalah moment yang baru dimulai. Orang tua harus mampu mendidik dan mengontrol seorang anak supaya menjadi anak yang baik. 

Mendidik dengan cara menyekolahkan di tempat yang baik, memberikan tempat belajar yang nyaman, serta memberikan nasihat yang berguna. Ucapan selamat aqiqah dan doa yang diberikan oleh orang yang datang akan menjadi pembuka jalan seorang anak agar menjadi penerus kebaikan dari orang tua. 

Islam mengajarkan dengan memulai secara baik lewat aqiqah untuk anak yang baru lahir ke dunia ini. Tetap semangat dan ucapkan yang baik selalu ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *