Ucapan Belasungkawa

8 min read

Ucapan Belasungkawa

Ucapan BelasungkawaKepergian seseorang merupakan peristiwa yang menyedihkan bagi siapapun terutama bagi keluarga atau kerabat yang ditinggalkan. Setidaknya diri dapat membantu dengan ucapan belasungkawa. Akan tetapi, seringkali terjadi kesalahpahaman akibat hal ini.

Tentu saja semua tidak ingin orang yang berduka justru merasa semakin sedih akibat ucapan yang diberikan. Maka, dalam menyampaikan ucapan belasungkawa pun sesungguhnya terdapat adab atau tata cara yang harus diperhatikan agar tidak melukai perasaan orang yang berduka.

Oleh karena itu, sebaiknya mempelajari terlebih dulu bagaimana tata cara menyampaikan ucapan tersebut dengan baik dan benar. Di bawah ini merupakan rangkuman beberapa jenis ucapan belasungkawa yang dapat diucapkan untuk mewakilkan rasa empati diri.


Ucapan Belasungkawa kepada Sahabat atau Kerabat yang sedang Berduka

Ucapan Belasungkawa Kepada Sahabat Atau Kerabat Yang Sedang Berduka

Semua tidak pernah tahu ucapan mana yang mungkin sangat berarti dalam hidup seseorang yang sedang ditimpa musibah. Yang bisa lakukan adalah saling menguatkan satu sama lain terutama di saat paling menyedihkan dalam hidup seseorang.

Tidak perlu khawatir apabila diri tidak pandai merangkai kata-kata, karena sesungguhnya dengan niat yang tulus dan ucapan yang tepat dengan izin Tuhan perasaan akan dengan sendirinya tersampaikan dan menjadi kebaikan.  Niatkan ucapan tersebut sebagai ibadah yang ikhlas. Berikut contoh ucapan belasungkawa yang dapat dijadikan referensi:

1. Ucapan Belasungkawa Islami

Sebagai seorang muslim sangat dianjurkan untuk saling mendoakan terhadap kebaikan dan ketika saudaranya ditimpa musibah. Allah SWT mengajarkan umat-Nya untuk senantiasa bersabar ketika mendapati musibah seraya mengucapkan, ‘Inna lillaahi wa inna Ilahi raaji’uun

Ucapan tersebut artinya ‘sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah lah juga kami kembali’. Seseorang dianjurkan untuk sabar dan ikhlas menerima takdir dari Allah SWT. Berikut ucapan belasungkawa bernuansa islami:

  • Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Semoga seluruh amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT. Teruntuk keluarga dan kerabat yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan dan kekuatan untuk melalui musibah ini. Al-Fatihah.

  • Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Kami turut berduka cita atas meninggalnya Almarhum dan/atau Almarhumah (Nama). Kami doa kan  Almarhum(ah) dilapangkan lagi diterangkan kuburannya, dijauhkan dari siksa kubur dan senantiasa mendapat pertolongan Allah SWT.

  • Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Sesungguhnya tiada sesuatu yang luput dari genggaman Allah SWT dan semua ini merupakan ketetapan-Nya. Teriring doa untuk Almarhum dan/ atau almarhumah (Nama) semoga dimudahkan urusan-Nya, diterima amal ibadahnya dan surga menjadi tempat kediamannya. Al-Fatihah. Aamiin.

  • Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Sungguh beruntung lah seseorang yang meninggal dalam keadaan muslim. Terlebih lagi seorang muslim yang baik seperti Almarhum(ah). Kami turut berduka cita atas meninggalnya saudara kami iaitu Almarhum(ah) semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya, diberikan tempat terbaik di alam sana dan bersatu dalam golongan mukmin umat Rasulullah. Al-Fatihah. Aamiin.

  • Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Seluruh amalan telah terputus kecuali tiga hal amal jariah, anak yang Saleh, dan ilmu yang bermanfaat. Kami turut berduka cita atas meninggalnya Almarhum(ah) semoga amalannya sewaktu hidup senantiasa menerangi jalannya di akhirat dan menjadi bekal penolongnya di yaumul hisab. Al-Fatihah. Aamiin.

2. Ucapan Belasungkawa Bijaksana

Tidaklah mudah bagi seseorang menghadapi kenyataan bahwa seseorang yang di cintai telah tiada. Membutuhkan kesabaran dan keikhlasan yang tinggi dalam mengarungi hidupnya ke depan.

Alangkah baiknya apabila sebagai teman atau kerabat yang baik mampu memberikan ucapan yang bijaksana yang dapat membuat yang ditinggalkan tabah. Berikan ucapan-ucapan yang bijaksana agar yang berduka menjadi lebih tegar. Maka inilah beberapa contoh ucapan bijaksana:

  • Sungguh tidak ada kata yang dapat terucap selain belasungkawa kami sedalam-dalamnya untuk mendiang (nama). Kami hanya berharap kalian tahu bahwa pikiran dan hati kami selalu bersama kalian. Semoga kalian dapat diberikan kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini.

Salam hangat dari kami keluarga (nama)

  • Di momen yang menyedihkan ini, izinkan kami mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya teruntuk mendiang (nama). Kami akan selalu mengingat jasa-jasa beliau dan semoga beliau diberikan tempat yang layak di alam akhirat sana. Tentunya Kami selalu mendoakan kebaikan bagi beliau dan berharap pula kesabaran dan ketabahan bagi keluarga yang di tinggalkan.

Tertanda, keluarga (nama)

  • Kami selaku keluarga (nama) mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya salah satu sahabat terbaik, seorang ayah/ibu dan rekan yang sangat berdedikasi dalam hidupnya. Sungguh surga telah mendapatkan seorang manusia berhati malaikat. Kami doa kan yang terbaik bagi Almarhum(ah) dan keluarga yang di tinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran dalam melalui musibah ini.

3. Ucapan Belasungkawa Motivasi

Orang yang sedang berduka sangat memerlukan dukungan dari lingkungan sekitarnya. Sungguh perbuatan yang mulia apabila dapat menyampaikan perasaan tentunya dengan tulus seraya memotivasi yang berduka untuk selalu tegar. Inilah beberapa ucapan belasungkawa yang memotivasi:

  • Setiap pertemuan selalu berakhir dengan perpisahan. Begitupun setiap yang bernyawa pasti menemui kematian. Akan tetapi, yakinlah kita semua kelak akan dipertemukan dalam surga-Nya kelak.
  • Kami ucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya atas meninggalnya mendiang (nama). Kami doa kan semoga beliau tenang di alam akhirat dan Apapun yang terjadi kita semua akan senantiasa berada di samping kalian. Salam hangat kami keluarga (nama)
  • Kami turut berduka cita atas meninggalnya mendiang (nama). Kami sungguh memahami betapa sulitnya peristiwa ini bagi kalian. Hanya dengan bersabar dan ikhlas kita semua dapat melalui ini.

Tetaplah hidup dengan baik dan mari mendoakan mendiang agar selalu diberikan keberuntungan di alam sana. Teruntuk keluarga (nama) : ‘Kalian kuat tetaplah tegar’

  • Izinkan kami menyampaikan belasungkawa kami terhadap musibah meninggalnya mendiang (nama) dalam peristiwa / akibat penyakit (sebutkan alasan). Tiada hal yang lebih menyakitkan kami selain mendengar musibah ini harus menimpa kalian.

Kami akan senantiasa membantu mendoakan mendiang agar tenang di alam sana. Kami juga mengharap kan bagi keluarga yang di tinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran dalam melalui musibah ini. Tertanya, keluarga (nama)

Baca Juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun


Ucapan Belasungkawa dalam Beberapa Bahasa

Ucapan Belasungkawa Dalam Beberapa Bahasa

Sebagian orang mungkin memiliki teman di luar daerah atau di luar negeri yang tidak semua bahasanya sama. Tentunya ucapan belasungkawa akan terasa lebih tulus apabila disampaikan dengan bahasa milik sendiri atau orang yang sedang berduka.

Akan tetapi, jangan jadikan bahasa menjadi penghalang dalam menyampaikan perasaan tulus terkait belasungkawa ini. Oleh karena itu, inilah beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam beberapa bahasa berbeda:

1. Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris

Terdapat hal-hal yang terkadang tidak bisa disampaikan secara langsung karena terlalu emosional. Hal ini menunjukkan betapa berharganya orang yang meninggal tersebut bagi diri.

Begitupun dalam bahasa inggris, dimana akan mengucapkan bahwa diri sangat mencintai orang yang telah meninggal dan menuliskannya dalam cara paling tulus yang bisa dilakukan. Inilah beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam bahasa inggris:

  • I deeply apologize to hear the sad news that your beloved parents/friend (etc) has passed away. Our thoughts and hearts are always with you in this hard moment. We wish all the best to your parents/friends. God bless us. Amen.
  • My beloved friend, I sincerely feel sorry to hear that your parents/friend has passed away. We would always remember how good he was as a human being and a loving parent/friend. Rest in peace. God bless us. Amen.
  • My friends, I am very sorry to hear the news that your parents/friend has passed away. I really wish I could accompany you in this hard moment of yours. But, our thoughts and heart will always be with you. Rest in peace Mr/Mrs/Ms (name). God bless us. Amen.
  • There is nothing I could say except my sincerely sorry towards mr/mrs/Ms that has passed away. Our deeply thought and heart are always with them (family abandoned). Rest in peace. May heaven be your destination. God bless us. Amen.

2. Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Sunda

Peribahasa silih asih, asah, asuh merupakan landasan hidup suku Sunda. Hal ini tidak terlepas dari persaudaraan yang begitu kuat yang menjadi rantai pengikat dalam hidup bermasyarakat.

Hal ini berlaku tidak hanya dalam keadaan senang namun juga dalam keadaan sulit seperti sedang berduka. Anjuran untuk mengucapkan belasungkawa sudah menjadi hukum tidak tertulis dalam masyarakat. Inilah beberapa ungkapan belasungkawa dalam bahasa Sunda:

  • Innalillaahi wa inna ilaihi raaji’uun. Parantos mulih ka jati almarhum/ah (nama) dina yuswa nu ka-52 tahun. Mugia amal ibadahna di tampi ku Gusti Allah, dicaangkeun pakuburanna dilapangkeun sareung dipasihan kasalematan dina raraga ngahadep Pangeran Gusti Allah. Al-Fatihah. Aamiin.
  • Innalillaahi wa inna ilaihi raaji’uun. Simkuring ngiring nyeredet hati tur cipanon ku pupusna Pangersa (nama). Simkuring mung tiasa ngadorong ku pidua mugia arwah almarhum ditampi iman islamna yen kenging tempat nu pangsaena di sisi Allah SWT. Al-Fatihah. Aamiin.
  • Innalillaahi wa inna ilaihi raaji’uun. Ngiring belasungkawa mugia kulawargi nu ditinggalkeun kenging kasabaran tur kaikhlasan dina raraga mayunan musibah ieu. Mugia almarhum ditampi amal ibadahna, dilapangkeun pakuburanana tur ditempatkeun di tempat nu pangsaena. Al-Fatihah. Aaamin.
  • Innalillaahi wa inna ilaihi raaji’uun. Ngiring belasungkawa kalayan almarhum Bapak/Ibu (nama) mugia sadaya kalepatan anjenna dihapunten ku Gusti Allah, ditampi amal ibadahna, tur dikempelkeun sasarengan Rasullulah SAW di surga Allah SWT. Al-Fatihah. Aamiin.

3. Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Jawa

Bahasa jawa dapat ditemui hampir di seluruh daratan indonesia. Mayoritas orang jawa pergi untuk merantau ke luar daerah sehingga tidak aneh jika populasi orang jawa tersebar di seluruh nusantara. Berikut beberapa contoh untuk mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Jawa:

  • Kulo ngaturaken takziah baza. Muga tumindak almarhum ditampa dening Allah SWT. semoga kulawargane sing ditinggal bakal diberkahi kanthi wani lan ikhlas nalika ngadhepi tragedi iki.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un. Kulo ngaturaken nderek takziah baza. muga-muga Allah ngapura kabeh dosa lan kesalahane almarhum. Muga-muga Gusti Allah maringiake kelaparan kuburan, lan dijaga supaya disiksa.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un. Ngaturaken belasungkowo. Mugi-mugi pikantuk papan palenggahan. Inggang langung sekeca. Papan ingkang kinayoman sing rahmating. Gusti kang mahawelas. Aamiin.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Ibu


Ucapan Belasungkawa Sesuai Agama dan Kepercayaan

Ucapan Belasungkawa Sesuai Agama Dan Kepercayaan

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama. Kekayaan ini mendorong masyarakatnya untuk menjunjung tinggi rasa toleransi. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Tak terkecuali bagi para penganut agama dan/atau kepercayaan yang berbeda di setiap daerah.

Maka tentunya diajarkan untuk saling menghormati dan mengasihi sesama dalam setiap momen tidak terkecuali momen berduka. Terdapat beberapa cara mengungkapkan belasungkawa dalam berbagai agama dan kepercayaan. Inilah ucapan belasungkawa sesuai agama yang dianut masing-masing:

1. Ucapan Belasungkawa dalam Agama Kristen/ Protestan

Tuhan dalam agama kristen/protestan disebut Bapa, Putra (Yesus Kristus), dan Roh Kudus, dimana diri mengenalnya sebagai trinitas. Maka setiap orang yang bernyawa akan kembali kepada Tuhannya. Inilah ucapan belasungkawa dalam agama kristen:

  • Kami mengucapkan turut berdukacita atas meninggalnya (nama) semoga ia tenang di alam sana diberikan penghiburan dan kekuatan oleh Tuhan Yesus. Beristirahatlah dengan tenang. Selamat jalan.
  • Kami sangat berdukacita atas wafatnya (nama). Kami berharap Tuhan Yesus memberkati mendiang (nama) dan ia dapat menempati tempat terindah di surga Bapa. Rest in peace. Tuhan memberkati.
  • Kami segenap keluarga turut berdukacita sedalam-dalamnya. Semoga mendiang kembali dalam damai menemui Bapa di surga dan mendapatkan tempat terindah bersama-Nya.
  • Turut berdukacita atas meningalnya mendiang (nama). Tuhan sungguh lebih menyayangi mendiang sehingga ia mengambilnya sebagai hamba-Nya agar dapat berkumpul bersama di Surga Bapa yang sangat agung. Semoga tenang engkau di peristirahatanmu bersama Bapa.

2. Ucapan Belasungkawa dalam Agama Hindu

Dalam agama Hindu seseorang wajib mendoakan keluarga atau kerabatnya yang meninggal dunia. Inilah ucapan belasungkawa dalam agama Hindu:

  • Om swasiatu. Turut berdukacita atas wafatnya ibu dan/atau bapak (nama orang yang meninggal). Semoga amor ring acintya.
  • Oṁ Sang Hyang Widhy Wasa Yang Maha Kuasa, kami menyampai kan belasungkawa terdalam dari lubuk hati. Ya Sang Hyang Widhy Wasa, berikanlah ampunkan atas dosa-dosanya, semoga arwahnya dapat diterima hingga mencapai kesempurnaan atas pengetahuan dan pengampunan-Mu.
  • Turut berduka cita. Dumogi amor ring acintya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan. Om swargantu. Om moksantu. Om Sunyantu.

3. Ucapan Belasungkawa dalam Agama Buddha

Buddha mengajarkan umatnya bahwa kematian merupakan hukum ketidakkekalan. Implikasinya yaitu semua hal yang bernyawa akan mengalami kematian. Peristiwa ini hendaklah menjadi bahan renungan.

Umat Buddha juga dianjurkan untuk mengucapkan ucapan belasungkawa untuk orang yang sedang berduka. Oleh karena itu umat Buddha senantiasa mengucapkan belasungkawa dengan ungkapan sebagai berikut:

  • Turut ber-samvega citta atas meninggalnya Bapak/Ibu/Saudara (nama orang yang meninggal). Sugatim vã sanggam lokam utarim vã upapajatu (semoga arwah/mendiang terlahir kembali di surga atau alam yang lebih menyenangkan dari itu)
  • Turut samvegacitta atas wafatnya (nama orang yang meninggal). Selamat jalan (nama) semoga dengan segala kebajikan yang pernah dilakukan segera merealisasikan kebebasan agung nãbana.
  • Kami segenap (nama keluarga) mengucapkan turut samvegacitta atas meninggalnya (nama orang yang meninggal). Selamat jalan. Semoga dengan karma baik yang beliau lakukan selama ini beliau terlahir di alam bahagia dan mencapai kebebasan tertinggi.

Kematian merupakan peristiwa yang selalu tidak menyenangkan. Entah itu bagi orang dewasa, lansia atau bahkan anak-anak. Selalu terdapat kesedihan yang menyelimuti peristiwa itu. Isak tangis seakan tidak pernah lepas dalam prosesi pemakaman seorang jenazah.

Maka sebagai manusia hendaknya turut merasakan (empati) untuk keluarga yang sedang berduka. Hendaknya diri saling mendoakan dan mengirimkan kebaikan dengan doa tersebut. Selanjutnya, dianjurkan juga mengucapkan perasaan dukacita dengan perasaan yang tulus dan mendalam.

Demikianlah beberapa ucapan belasungkawa yang telah dirangkum sehingga dapat diungkapkan sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *