Ke Solo Mau Main Kemana? Ini Referensi Tempat Jalan-Jalan di Solo

3 min read

Jalan-Jalan di Solo – Kalau kamu termasuk orang dari luar kota dan sedang menempuh pendidikan di Solo pastinya sudah tau dong kalau Karanganyar itu dekat sama Solo.

Ya… walaupun kamu mungkin belum tahu dimana saja tempat-tempat yang bagus buat ngajakin teman yang dari luar kota.

jalan jalan di Solo
Sumber gambar: terpaksabikinwebsite.wordpress.com

Terkadang mereka banyak yang minta diajakin main di Solo biar tahu Solo itu kayak apa.

Nah Solo dan Karanganyar ini tempatnya berdekatan dan sayang buat dilewatkan.

Buat teman kamu punya pengalaman yang sangat indah waktu berkunjung ke Solo.

Solo dan Karanganyar bisa jadi tempat wisata baru di Indonesia yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Solo itu katanya sempit dan nggak ada objek wisata yang bagus.

Eeiitsss…. jangan salah, mungkin kamu belum tahu aja. Nih secuil informasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Solo :


The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace Solo
Sumber gambar: catatansimico.blogspot.com

The Heritage Place Solo ini tergolong tempat wisata yang terbaru.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari situs Pigunigu, bahwa tempat wisata ini adalah bekas pabrik gula Gombongan di Solo yang kini di sulap menjadi tempat wisata yang sangat diminati wisatawan.

Pabrik ini peninggalan Kolonial Belanda dan bangunannya terlihat megah dan juga bergaya klasik Eropa gitu.

Nah di The Heritage Palace Solo ini kamu bisa nikmatin jalan-jalan sambil foto-foto, soalnya disini banyak banget spot-spot menarik yang instagramable.

Cocok banget deh buat kamu yang mau nambah foto di feed instagram.

Disini ada Museum Transportasi yang mirip sama Museum angkut di Malang.

Mobilnya mobil klasik yang tertu saja bisa buat foto kamu makin keren.

Selain museum Transportasi kamu juga bisa nih foto-foto di Museum 3D Trick Art.

Ya… kamu bisa foto dengan background ilusi yang bisa membuat orang melihatnya terheran-heran.

Selain di dua museum tadi, kamu juga bisa foto di Omah Kwalik.

Omah Kwalik adalah konsep ilusi mata yang terlihat semuanya menjadi terbalik, sebenernya kamu berdiri biasa gara-gara propertinya dikasih diatas jadi kamu terlihat kebalik deh. Unik kan ?


Pasar Gedhe Solo

jalan-jalan di Pasar Gedhe Solo
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Pasar Gedhe Solo itu pasar yang paling tua di Solo. Pasar ini 24 jam beroprasi, kalo bahasa jawanya “Pasar Gedhe Ora Sare” yang artinya Pasar Gedhe tidak tidur.

Kalau kamu suka wisata kuliner, pasar ini bisa jadi destinasi yang harus dikunjungi.

Kamu bisa nikmatin berbagai kuliner khas Solo yang masih terjaga keasliannya.

Kamu pasti tahu kan makanan yang buat presiden kita selalu rindu itu ? ya benar… sate kere.

Kamu bisa nemuin sate kere di Pasar Gedhe, sate kere itu sate yang berasal dari tempe gembus, yang dulunya makanan yang dimakan oleh orang tingkat bawah yang tidak bisa beli sate daging.

Tapi sekarang malah menjadi kuliner khas yang bisa kamu temuin di Solo, sekarang bukan cuma sate kere aja, ada sate dari jerohan sapi yang menggetarkan lidah kamu.

Selain sate kere, kamu juga bisa loh nikmatin makanan khas Solo seperti Tengkleng, Selat Solo, Nasi Liwet, Timlo Solo, Gudeg Solo, dan kamu juga nggak perlu khawatir juga ada minuman tradisional juga seperti es dawet atau es krampul yang ringan.

Setelah dari Solo kamu bisa langsung capcus ke Karanganyar.

Kalau dari Pasar Gedhe, Karanganyar deket banget.

Sekitar 15 sampai 30 menit sudah sampai di perbatasan Karanganyar. Karanganyar banyak dipilih warga Solo buat berlibur soalnya cuaca disana dingin,bisa mendinginkan diri dari panasnya Solo.

Solo dan Karanganyar itu ibarat Jakarta sama Puncak Bogor.

Karanganyar bisa jadi tempat wisata baru di Indonesia.


Kebun Teh Kemuning dan Ndoro Dongker Tea House

Kebun Teh Kemuning dan Ndoro Dongker Tea House
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Siapa nih yang suka foto-foto di Kebun Teh ? ya… di sini kamu bisa foto-foto di kebun teh yang dingin banget.

Selain kamu bisa berfoto ria di Kebun teh, buat kamu yang suka ngeteh ada banyak variasi teh yang bisa kamu beli di warung-warung sekitar kebun teh.

Disana kamu bisa order teh hijau asli, teh hitam, teh melati, teh jahe dan yang paling unik ada teh kopi, wah… bisa minum teh sambil minum kopi.

Di sini juga ada tempat nongkrong yang Hits abis, namanya Ndoro Dongker Tea House.

Disini kamu bisa nongkrong cantik sambil ngeteh.

Tempatnya yang instagramable ini juga bisa jadi spot foto kamu.

Kamu yang hobi ngeteh juga tersedia berbagai jenis teh yang bisa kamu nikmati dan tentu saja tehnya fresh dari kebun teh Kemuning.

Cuaca yang dingin emang paling enak ngeteh, tapi pasti laper juga kan.

Di sini juga tersedia berbagai jenis camilan yang bisa kamu nikmatin sambil ngeteh, perut kenyang hati senang.


Omah Kelinci Resto and Farm

Omah Kelinci Resto and Farm
Sumber gambar: pungkysudrajat.blogspot.com

Hayooo siapa yang suka Kelinci ? tempat ini cocok banget buat kamu yang suka hewan imut ini.

Di sini kamu bisa bebas main sama kelinci dan juga bisa ngasih makan kelinci.

Nah kelincinya banyak loh jadi kamu bisa foto-foto seakan akan kamu jadi Putri Salju yang dikerumuni Kelinci, oh senangnyaa…

Selain bermain dengan kelinci-kelinci di sini, kamu juga bisa makan aneka masakan kelinci.

Hah kelinci dimakan? ya.. karena peternakan kelinci ini sangat maju di Karanganyar sehingga banyak warganya yang mencoba mencari alternatif untuk mengolah daging kelinci menjadi makanan yang lezat.

Disini tersedia berbagai jenis masakan kelinci seperti steak kelinci, rica-rica kelinci, sate kelinci, sup, gulai, kebab, dan lain-lain bermacam-macam pokoknya.

Olahan kelinci ini dijamin 100% halal lho… rasa daging kelinci itu nggak beda jauh lah sama daging ayam.

Tapi buat kamu yang sayang banget sama kelinci dan nggak tega buat makan, di sini juga tersedia kok olahan non kelinci.

Kamu bisa order berbagai olahan dari daging ayam, daging bebek, daging kambing, sampai daging landak pun ada loh ! haha…


Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia
Sumber gambar: twitter.com

Atsiri itu nama pohon penghasil minyak wangi kan ? ya benar sekali.

Rumah Atsiri ini memang dulunya pabrik penyulingan minyak atsiri yan terbengkalai.

Nah sekarang menjadi destinasi wisata edukasi yang bagus banget.

Di sini kamu akan disuguhi pemandangan bunga-bunga yang berwarna-warni dan design tempatnya juga sangat instagramable.

Rumah Atsiri Indonesia menjadi wisata baru di Indonesia yang tidak hanya menyuguhkan keindahan tempat namun juga bisa mnegedukasi para pengunjungnya.

Kalau kamu kesini kamu bisa jalan-jalan di taman yang memiliki tanaman yang banyak jenisnya dan juga menikmati interior taman yang sangat bagus.

Setelah kamu capek jalan-jalan kamu bisa mampir di restonya.

Di sini banyak banget menu-menu yang recomended.

Selain itu di depan restonya ada taman yang isinya bunga yang berwarna kuning dan oranye yang sangat indah.

Setelah makan, jika kamu mau berburu oleh-oleh juga bisa membelinya di toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai pernak-pernik, makanan khas atsiri bahkan bibit tanaman pun ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *