Ternyata Ini Properti Yang Menjadi Keunikan Tari Piring

2 min read

Properti Tari Piring – Pernahkan kamu mendengar tari piring? Hmmm tentu sering ya, pada saat duduk di bangku sekolah dasar tarian ini merupakan salah satu tarian legend yang sering dibahas pada mata pelajaran seni budaya.

Jika menyimak namanya tentu saja kita akan menduga bahwa tari piring adalah sebuah tarian yang dibawakan dengan menggunakan piring sebagai properti pelengkap tariannya.

properti tari piring

Pemikiran tersebut bukanlah sebuah pemikiran yang salah karena pada saat menampilkan tariannya, kita akan melihat para penarinya menari menggunakan piring.

Untuk melihat pementasan tarian ini, kamu tidak harus berkunjung ke Solok, Sumatra Barat karena saat ini sudah banyak channel youtube yang menyajikan tarian ini sebagai pengisi kontennya.

Tahukah kamu bagaimana asal mula tarian ini serta apa fungsinya?

Dahulu, tarian ini merupakan tarian khas yang dibawakan oleh masyarakat Solok pada saat upacara adat penyerahan sesembahan kepada para dewa sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang melimpah.

Namun, pada sekarang tarian ini sering digunakan sebagai pengiring acara hiburan saja tanpa unsur magis di dalamnya.

Uniknya lagi, tarian ini tidak hanya dilengkapi oleh sebuah piring dalam propertinya loh.

Ingin tahu apa saja properti yang digunakan penari saat membawakan tari piring ini? Simak pada ulasan berikut.

Piring

Nah, properti pertama ini tentu properti yang tentu saja wajib digunakan pada saat pementasan tari piring, hal tersebut sudah sangat jelas karena nama tarian ini adalah tari piring.

Tidak hanya sebagai hiasan saja, ternyata penggunaannya pada tarian ini juga merupakan perpaduan dan penambah indah gerakan.

Biasanya para penari akan menarikan gerakan tarian sambil memegang piring di ke-2 tangannya.

Piring yang digunakan pada saat pementasan umumnya terbuat dari bahan keramik atau porselen.

Baca Juga :  Penjelasan Keunikan 21 Tari Tradisional dari Sumatera Utara

Hmmm menari sambil memegang piring, kamu dapat melakukannya?

Selendang

Properti yang akan kita bahas selanjutnya adalah bagian dari busana yang dikenakan oleh penari yaitu selendang.

Tidak hanya sebagai hiasan pemanis saja, ternyata penggunaan selendang juga merupakan ciri khas dari tari piring itu sendiri.

Busana

Umumnya pakaian yang dikenakan oleh para penari akan mencerminkan asal tarian yang dibawakan.

Hal tersebut juga tergambar pada tarian ini dimana para penarinya akan berpakaian menggunakan pakaian adat Minangkabau sebagai simbol informasi bahwa tari piring merupakan tarian adat yang berasal dari Sumatra Barat.

Ikat Pinggang

Wah, bingung bukan kenapa ikat pinggang dapat menjadi keunikan properti tari piring selanjutnya?

Penggunaan ikat pinggang sebagai properti tarian sebenarnya termasuk dalam pelengkap busana, akan tetapi tidak sembarang ikat pinggang yang digunakan.

Ikat pinggang tersebut memiliki ciri khas yaitu berwarna kuning keemasan atau berwarna kuning cerah yang diharapkan dapat memberi kesan energik bagi penari saat menampilkan tarian tersebut.

Alat Musik Tradisional

Suatu tarian tentu tidak akan lengkap jika tidak disertai bunyi-bunyian yang mengiringinya bukan?

Begitupun dengan tari piring ini, sama seperti tari tradisional lainnya tari ini juga diiringi dengan alat musik tradisional seperti Saluang, Rabab, Sarunai, dan Bansi.

Tidak hanya itu, bahkan ada peraturan yang mengharuskan bahwa alat musik itu harus dimainkan oleh laki-laki serta menggunakan pakaian adat Minangkabau.

Aksesoris

Dalam pemilihan aksesoris yang digunakan para penari tari piring, umumnya mereka akan menggunakan kalung rumbai atau kalung gadang yang memiliki panjang hingga ke bagian dada dan memiliki bongkahan dengan ukuran besar.

Selain kalung, penari juga harus menggunakan sebuah kaos kaki tipis yang mempunyai warna seperti kulit kaki yang biasanya digunakan ketika membawakan tarian tradisional ini di luar ruangan.

Baca Juga :  Keunikan Pakaian Adat Banten yang Memiliki Banyak Jenis

Selanjutnya para penari juga harus menggunakan cincin ketika menari dimana waktu mengayunkan piring akan menghasilkan bunyi ting ting yang akan membentuk suatu irama dalam tarian tersebut.

Pemilihan properti dalam tarian piring tidaklah sembarangan dimana dimaksudkan bahwa tujuan awal tari ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada dewa dewi atas hasil padi yang melimpah.

Nahh itu dia penjelasan singkat mengenai tari piring beserta propertinya, begitu unik dan bernilai edukasi budaya bukan tari piring ini?

Sehingga akan sangat disayangkan jika nantinya jenis kebudayaan ini tidak dapat dinikmati oleh anak cucu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: