Ini Properti Yang Wajib Digunakan Penari Tari Pendet

1 min read

Properti Tari Pendet – Ketika membicarakan tentang Indonesia kepada para wisatawan mancanegara tentu tidak akan lengkap jika tidak membahas Bali.

Tempat dengan berjuta daya tarik ini tidak hanya menyimpan pesona alam yang mengagumkan, tetapi juga memiliki masyarakat yang selalu memegang teguh adat istiadat dalam kehidupan sehari-harinya.

properti tari pendet

Salah satu kebudayaan yang menjadi ikon Bali adalah tari pendet.

Tari tradisional ini sangat mudah untuk kita temukan saat pergelaran kesenian tradisional yang ada di Bali.

Selain merupakan tarian yang paling popular bagi para wisatawan mancanegara, tari pendet ini juga merupakan tarian tertua yang dimiliki oleh masyarakat Bali.

Dahulu, tarian ini digunakan sebagai pengisi hiburan dalam upacara ritual masyarakat Bali yang menganut agama Hindu.

Namun, pada saat ini tari pendet sering digunakan sebagai tarian hiburan yang dibawakan para penari perempuan dengan gerakan lincah dan aktraktif.

Dijamin siapapun akan merasa terhibur dengan pergelaran seni tari pendet.

Tertarik untuk menyaksikan pementasan tarian ini?

Properti Tari Pendet dan Fungsinya (LENGKAP)

Nah, kita punya informasi menarik lainnya yang akan membuatmu semakin penasaran dengan salah satu tarian tradisional ini.

Dimana dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai properti apa saja yang digunakan para penari tari pendet saat membawakan tarian ini.

Menarik bukan? Yuk, simak ulasan penjabaran properti tari pendet berikut!

Mahkota

Properti pertama yang biasanya digunakan para penari tari pendet adalah mahkota, ini digunakan sebagai hiasan kepala berwarna yang ditambahkan dengan bunga-bungaan seperti bunga kamboja putih, mawar, dan cempaka.

Kostum

Kostum yang digunakan oleh penari tari pendet terdiri dari beberapa bagian yaitu :

  • Tapih

Tapih merupakan pakaian berbentuk kain jarik yang dihiasi dengan motif batik crapcrap dan digunakan sebagai bawahan para penari yang dilengkapi dengan sabuk stagen sebagai pengencang pada tapih.

  • Kemben

Jika ada bawahan pada kostum tentu ada juga pakaian yang digunakan sebagai penutup badan penari, nah kemben ini merupakan pakaian yang digunakan sebagai penutup badan mulai dari dada hingga pinggang dan biasanya berwarna merah atau emas.

  • Selendang (Kacrik Prade)

Properti selanjutnya yang digunakan para penari tari pendet adalah selendang, dimana selendeng biasanya digunakan dengan cara dililitkan pada tubuh penari dan biasanya berwarna merah atau kuning.

Baca Juga :  Keunikan Pakaian Adat Banten yang Memiliki Banyak Jenis

Gelang

Berbeda dengan properti sebelumnya, gelang merupakan salah satu properti yang sudah jarang digunakan oleh penari tari pendet.

Padahal penggunaan gelang ini dapat menambah keserasian juga kecantikan yang mempesona bagi para penonton.

Tidak sembarang gelang, gelang yang digunakan biasanya terbuat dari perak yang dilapisi dengan warna emas wah, terkesan mewah bukan?

Bokor (Nampan)

Properti ini merupakan salah satu dari ciri tari pendet yaitu bokor.

Bokor memiliki bentuk seperti nampan besar yang cekung dan bertepi lebar yang dibawa pada tangan kanan penari.

Bokor yang digunakan biasanya dihiasi dengan janur kuning yang berisi bunga berwarna-warni yang nantinya akan ditaburkan di depan para tamu undangan sebagai simbol ucapan selamat datang.

Selain memiliki properti pelengkap tarian yang unik, tari pendet juga memiliki beragam gerakan yang sayang untuk kamu lewatkan.

Salah satu keunikan pada tarian ini terletak pada gerakan mata penari yang bergerak ke kiri dan kanan yang dikenal dengan istilah “Nyeledet” dan gerakan mata yang berputar yang disebut dengan istilah “Ngiler”.

Gerakan mata ini tidak dimainkan secara sembarangan tetapi dengan ritme dan tempo yang beragam, ada yang cepat, sedang maupun lambat mengikuti irama musik yang mengiringi tari pendet yang dibawakan penari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: