N.Hafizqi N.Hafizqi nama pena dari seorang perempuan yang dilahirkan pada bulan ke-2 terakhir dalam tahun masehi. Menyukai warna merah muda serta puisi sebagai karya sastra yang memiliki berjuta teka-teki sebagai pemahaman.

Properti Pelengkap Penari Tari Merak Beserta Penjelasan

1 min read

Properti Tari Merak – Jika kita berbicara tentang Indonesia tentu sangat kental hubungannya dengan keanekaragaan budaya.

Salah satu contoh kebudayaan yang ada di Indonesia dan begitu menarik perhatian adalah tarisn khas tradisionalnya.

properti tari merak

Bagaimana bisa setiap daerah memiliki tarian khas yang berbeda-beda?

Luar biasa uniknya bukan?

Properti Tari Merak dan Penjelasannya

Pada artikel ini, kita akan membahas khusus tentang properti yang digunakan pada saat pementasan suatu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat yaitu tari Merak.

Sedikit informasi bahwa tarian ini dikatakan tari Merak karena para penarinya bergerak mengikuti gerakan burung Merak saat berada di alam bebas serta dalam penggunaan perlengkapan pada pementasan tariannya biasanya mengambil bentuk dari burung merak asli.

Unik bukan konsep dari tarian ini?

properti tari merak dan fungsinya

Tidak hanya konsepnya bahkan dalam penggunaan properti, tarian ini juga memiliki keunikan tersendiri yang tentunya mendukung terhadap gambaran tentang hal yang ingin disampaikan melalui gerakan tari Merak itu sendiri.

Lantas, apa saja properti yang digunakan pada pementasan tarian ini?

Mahkota (Siger)

Mahkota merupakan salah satu properti yang digunakan penari tari Merak sebagai hiasan kepalanya.

Garuda Mungkur

Sama seperti mahkota, garuda mungkur juga digunakan para penari sebagai hiasan kepala, tetapi bedanya ia dikenakan pada bagian belakang kepala.

Garuda mungkur memiliki keunikan pada bentuknya yaitu memiliki bentuk menyerupai kepala burung merak.

Sesuping

Berbeda dengan 2 properti sebelumnya yang digunakan untuk menghias kepala penari, sesuping justru merupakan hiasan yang digunakan pada telinga penari.

Apok

Apok merupakan kain yang dikenakan dengan cara melingkarkannya di bawah leher dan memiliki panjang yang dapat menutupi dada penari.

Baju Atas

Selain apok, penari juga akan menggunakan baju atas yang memiliki bentuk mirip dengan kemben yang memiliki corak serta warna yang dibuat menyerupai bulu burung merak.

Sayap

Karena tarian ini menggambarkan seekor burung, maka para penarinya juga memiliki sayap, sayap penari terbuat dari kain yang menyerupai selendang sebagai bentuk sayap pada burung Merak.

Sabuk

Sabuk terbuat dari kain yang berfungsi untuk mengencangkan busana merak yang dipakai penari.

Sampur

Sampur merupakan hiasan pada penari yang terbuat dari tisue dan dibentuk sedemikian rupa agar menyerupai bulu merak.

Kilat Bahu

Jenis hiasan lainnya yang digunakan penari untuk menghiasi bahu mereka agar lebih indah adalah kilat bahu.

Kilat bahu, memiliki bentuk seperti gelang, tetapi pada penggunaannya dibuat di bahu dan memiliki ukuran yang lebih besar dari gelang pada umumnya.

Gelang

Gelang merupakan aksesoris yang dikenakan penari untuk menghiasi pergelangan tangan dan biasanya berbentuk lingkaran dengan warna-warni yang senada dengan kostum yang dikenakan penari.

Rok

Penari tari merak umumnya adalah perempuan sehingga dalam penampilannya mereka harus menggunakan rok.

Rok merupakan kain yang digunakan di bagian bawah kostum merak dan memiliki corak serta warna yang berwarna-warni menyerupai warna pada burung merak.

Jika kamu tertarik dan ingin menyaksikan tarian ini secara langsung, kamu dapat berkunjung ke kota-kota yang ada di Jawa Barat terutama saat mengetahui bahwa akan datang pejabat Negara ke kota tersebut.

Saat ini tari Merak sering digunakan sebagai pengisi hiburan penyambutan tamu-tamu besar yang berkunjung ke provinsi Jawa Barat.

Selain sebagai cerminan tradisi masyarakat Jawa Barat, tari Merak ini juga dapat digunakan sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung karena mmendapat sambutan yang begitu istimewa.

N.Hafizqi N.Hafizqi nama pena dari seorang perempuan yang dilahirkan pada bulan ke-2 terakhir dalam tahun masehi. Menyukai warna merah muda serta puisi sebagai karya sastra yang memiliki berjuta teka-teki sebagai pemahaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *