Contoh Pantun Untuk Guru

3 min read

Pantun Untuk Guru

Pantun Untuk GuruPantun adalah kreasi mengolah kata untuk menyampaikan suatu perasaan atau informasi kepada orang yang membacanya. Perasaan untuk mengucapkan terima kasih mampu menjadi dasar keinginan dalam membuat pantun. Pantun untuk guru bertujuan untuk mengungkapkan perasaan pada guru di sekolah.

Guru di sekolah akan selalu menjadi panutan meskipun mungkin, telah lulus dan tidak menjadi siswanya lagi. Guru banyak membantu dalam belajar ilmu pengetahuan di sekolah. Ilmu pengetahuan tersebut yang akan memudahkan menghadapi kehidupan sehari-hari.

Janganlah melupakan jasa guru, karena ilmu yang berguna yang telah diajarkan akan selalu tertanam di hati begitu pula kasih sayang diterima selama di sekolah. Namun bagaimana kalau tidak bisa membuat pantun untuk guru yang tercinta. Yuk, simak bersama: 


1. Pantun untuk Guru Matematika

1. Pantun Untuk Guru Matematika

Guru matematika mampu mengajak mengerti dalam berhitung menggunakan angka. Seorang siswa dapat membalas jasa beliau menggunakan pantun untuk guru matematika. Dengan goresan bait yang tidak begitu jauh dengan angka akan membuat beliau terkesan. Semoga dengan begitu akan membuat beliau menjadi lebih bersemangat mengajar matematika di kelas.

Pantun yang dimuat untuk guru matematika memiliki arti bahwa sangat menghargai jasa beliau dalam mengajarkan materi di sekolah. Dari tanpa mampu berhitung angka 1 sampai 10 hingga mampu belajar algoritma. Semua diajarkan oleh guru matematika dengan sabar tanpa mengeluh. Berikut pantun yang ditujukan untuk guru matematika.

  • Tiap hari berhitung angka
  • Angka satu sampai sembilan
  • Terima kasih guru matematika
  • Karena berhitung jadi menyenangkan

Pantun yang disampaikan untuk berterima kasih kepada beliau yang sabar setiap hari berdiri dan menyampaikan materi matematika di depan kelas hingga paham. Seorang siswa menguasai hitung bilangan dengan terampil. Meski harus lebih berkonsentrasi daripada pelajaran lain, tetapi disitulah letak menyenangkannya pelajaran ini.


2. Pantun untuk Guru Paud

2. Pantun Untuk Guru Paud

Anak-anak yang masih berusia di bawah lima tahun selalu ceria dan lebih suka untuk bermain. Mereka bermain dengan teman sebayanya. Terkadang orang tua menyekolahkan anaknya di PAUD untuk mempersiapkan si buah hati masuk ke Taman kanak-kanak. Mereka diberikan pembelajaran yang dikemas dalam permainan.

Seyogyanya orang tua yang mendaftarkan dan menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan paud harus menghormati dan berterima kasih kepada guru yang bertugas di sana. Ucapan terima kasih terkadang terkesan terdengar seperti hal yang lumrah di kalangan semua. Orang tua siswa harus membuat lebih berkesan di hati beliau melalui pantun untuk guru paud.

  • Anak tersayang tersenyum dan menyapa
  • Bermain sambil mewarnai buku
  • Tidak mudah mengajarkan balita
  • Terima kasih guru paudku

Anak-anak yang bersekolah di paud akan lebih banyak mendapatkan bekal. Mereka telah mampu untuk menulis mengikuti garis tulisan yang ringan dan menyanyi. Semoga dengan memberikan pantun untuk guru paud anak. Beliau menjadi lebih tekun dan sabar dalam menghadapi anak-anak.

Baca Juga: Pantun Ulang Tahun


3. Pantun untuk Guru BK

3. Pantun Untuk Guru BK

Guru bimbingan konseling atau yang disingkat menjadi guru bk adalah sosok yang disiplin dan ditakuti. Beliau yang menghukum para siswa yang tidak mentaati peraturan. Menghukum disini bukan dengan cara kekerasan fisik yang tidak mendidik. Beliau menghukum dengan hukuman yang pantas dengan tujuan mendidik siswa menjadi lebih baik.

Tujuan dari guru bk sebenarnya adalah sangat baik dan mulia. Beliau ingin mendisiplinkan sehingga kelak siap untuk terjun dan bekerja di masyarakat. Sosoknya harus diapresiasi. Karena meskipun dibenci dan ditakuti, tetap mendidik dengan tulus. Menyampaikan apresiasi dapat dilakukan dengan cara membuatkan pantun untuk guru bk.

  • Siswa senang belajar bersama
  • Selain belajar juga bantu teman
  • Guru bk rela disiplinkan siswa
  • Demi sukses kami di masa depan

Tidak hanya untuk mendisiplinkan, guru bk juga tempat curhat. Bercerita tentang permasalahan pelajaran atau masalah dengan teman. Perasaan sangat senang dan nyaman untuk bercerita dengan beliau. Beliau banyak memberikan solusi. Yuk buat pantun untuk beliau.


4. Pantun untuk Guru Bahasa Indonesia

4. Pantun untuk Guru Bahasa Indonesia

Guru Bahasa Indonesia adalah guru yang telah berjasa dalam mengajarkan tata Bahasa Indonesia. Dengan tulus beliau mengajar di depan kelas setiap hari. Selalu tergambar kesabaran di wajah beliau. Maka untuk berterima kasih kepada beliau bisa memberikan pantun untuk Guru Bahasa Indonesia.

  • Ke perpustakaan membaca buku
  • Ketika bicara harus berbisik
  • Mengajar selalu Guru bahasaku
  • Semoga dibalas yang lebih baik

Berkat Guru Bahasa Indonesia, siswa mampu membuat pantun yang sopan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berkomunikasi dengan bahasa yang tepat dan dimengerti oleh teman yang diajak bicara. Interaksi menjadi nyaman adalah hasil yang diajarkan oleh beliau.

Diharapkan pantun yang dibuat akan menginspirasi untuk mengungkapkan rasa hormat dan terima kasih pada beliau. Membuat karya yang sederhana namun besar artinya bagi beliau. Selama di kelas akan semakin berusaha untuk mencerdaskan siswa akan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Pantun Pembuka Salam


5. Pantun Perpisahan untuk Guru

Book In Library With Open Textbook,education Learning Concept

Bersekolah dan menuntut ilmu adalah kewajiban seorang siswa. Aktivitas belajar mengembangkan kemampuan akan bermanfaat untuk diri sendiri sebagai seorang pelajar.

Ulangan adalah proses yang harus dilewati agar menjadi lebih baik dalam pelajaran. Tidak jarang siswa harus belajar sampai larut malam untuk mempersiapkan ulangan.setelah melewati ulangan demi ulangan maka akan merasakan perpisahan dengan guru yang disayangi.

Pantun perpisahan untuk guru adalah salah satu pilihan hadiah yang tepat untuk beliau. Membuat pantun tentang perpisahan dan membacanya di depan para guru akan membuat mereka senang. Pantun yang dimaksudkan harus sopan dan mengandung kesan yang baik. Seperti inilah pantun perpisahan untuk guru.

  • Hendak pergi diriku gundah
  • Mata berair tangan di saku
  • Meski saatnya siswa berpisah
  • selalu di hati guru sekolahku

6. Pantun Perpisahan untuk Siswa

6. Pantun Perpisahan Untuk Siswa

Jika menjadi seorang tenaga pendidik, hati ini juga sedih jika harus berpisah. Banyak kenangan bersama. Mengajar siswa dengan semangat, menasehati yang bandel, dan berekreasi dengan siswa adalah memori kenangan yang tidak akan dilupakan oleh seorang guru. banyak yang telah dilalui bersama-sama

Guru akan sedih dan ingin memberikan hadiah saat persiapan pada siswa-siswanya yang selama ini diajar. Pantun perpisahan untuk siswa akan menjadi hadiah untuk mereka. Pantun yang sederhana yang semoga akan menjadi pengingat mereka akan kebersamaan saat proses belajar mengajar. Berikut adalah contoh pantun perpisahan untuk siswa:

  • Rekreasi bersama ke Bengkulu
  • Pulangnya dengan perasaan terkesan
  • Terima kasih siswa didikku
  • Semoga diberikan kesuksesan

Pantun untuk guru juga menjadi sebuah doa untuk para siswa yang telah selesai menempuh jenjang pendidikan. Semoga menjadi doa yang mengantarkan siswanya meraih apa yang dicita-citakan. Orang tua akan bangga jika anaknya akan meraih sukses.

Nah itu tadi adalah kumpulan pantun untuk guru yang berjasa. Pantun mampu untuk mengungkapkan perasaan dari pembuat pantun kepada para pembaca maupun pendengar pantun. Mereka akan terkesan dan gembira akan pantun yang berisi tentang kebaikan.

Buatlah pantun sendiri yang berisikan kebaikan untuk guru juga. Diperbolehkan untuk menjadikan pantun di atas sebagai contoh dan berkreasi dengan kreativitas. Tetap semangat menyebar kebaikan bersama ya!

 

Contoh Pantun Minang

bikinartikel
3 min read

Contoh Pantun Jawa

bikinartikel
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *