9 Cara Membuat Video TikTok Viral, Bisa Dicoba untuk Seluruh Kalangan!

Cara Membuat Video TikTok Viral

Cara Membuat Video TikTok Viral – Siapa bilang cara membuat video TikTok viral itu susah? Selama kita mengikuti langkah yang benar, menciptakan konten tren dan masuk FYP bukanlah hal sulit. Ikuti caranya di sini!

TikTok adalah platform jejaring sosial yang telah populer sejak beberapa tahun ke belakang. Lewat aplikasi ini, orang-orang bisa saling melihat video, berkomentar, mengikuti akun populer, berkiprah sebagai content creator, hingga mendapatkan penghasilan tambahan.

Melihat fungsinya sebagai ajang popularitas untuk berbagai macam tujuan, tak jarang para pengguna seringkali berusaha menerapkan cara membuat video yang lagi trend di TikTok. Semakin viral, tentu semakin banyak jumlah likers hingga penonton Anda.

Cara membuat video di TikTok agar viral sebetulnya mudah, tetapi kita harus telaten dan tak boleh melewatkan detail sekecil apapun demi meraih kesuksesan. Apalagi jika sampai FYP!

Sebagai informasi, fitur For Your Page (FYP) berisi konten video rekomendasi langsung dari TikTok berdasarkan riwayat jumlah tontonan dan likes. Jika konten Anda viral, algoritma TikTok bakal secara otomatis memasukkan video ke laman FYP.

Bagaimana cara membuat video TikTok yang viral, tren, dan berpotensi besar FYP? Agar lebih jelas, simak selengkapnya sebagai berikut.


9 Cara Membuat Video TikTok Viral dan Masuk FYP

1. Tentukan Konsep Akun Terlebih Dahulu

Sebelum memulai pencapaian yang gemilang, tentukan terlebih dahulu konsep akun TikTok yang ingin ditonjolkan. Apakah Anda seorang content creator kuliner, humor, atau ingin berbagi tips memperoleh uang secara online? Apapun itu, tentukan sejak awal.

2. Bangun Narasi yang Kuat

Sekadar menari atau mengikuti challenge saja bisa viral, apalagi jika Anda menyisipkan cerita sendiri? Cara membuat video di TikTok agar viral dan bertahan lama adalah membangun narasi yang kuat dan orisinal dalam video.

Narasi video TikTok yang viral bisa apa saja. Mau itu sesuatu yang menarik dalam hidup Anda, hal-hal random sehari-hari, proyek yang sedang lakukan, life hacks, tips sederhana, semua bisa berpotensi viral selama itu orisinal. Narasikan sebuah cerita dan pertahankan keasliannya.

3. Gunakan Teks Sebagai Pembuka

Mulailah video dengan teks di slide pertama. Umumnya, pengguna TikTok menghabiskan beberapa detik untuk membaca lantas menonton videonya sampai tuntas. Anda dapat menulis teks dengan bahasa yang menggugah agar penonton penasaran sejak awal.

Cara ini tak hanya bagus untuk meningkatkan algoritma, tetapi juga berpeluang tinggi mempertahankan followers untuk menyimak konten Anda sampai habis. Jadi, biasakan membuat narasi pembuka yang bagus dan mampu mewakili isi konten.

4. Kemas Video Sesingkat Mungkin

Jika tidak sedang menceritakan kisah panjang yang benar-benar membutuhkan waktu satu menit penuh, disarankan agar video Anda tetap pendek agar lebih to the point. Berdasarkan analisis, Tiktok melihat rata-rata lama waktu tonton dibandingkan dengan durasi video sebagai metode untuk mengevaluasi kualitas.

  Ingin Berselancar di Dunia Medsos Via Whatsapp Web? Pelajari Dulu 7 Cara Menggunakan Whatsapp Web Berikut!

5. Gunakan Audio yang Sedang Tren

Meski menggunakan suara pribadi, ada baiknya jika Anda menggunakan musik yang sedang tren di video. TikTok adalah platform sosial tempat orang-orang mengikuti tren, jadi menggunakan musik atau audio yang sedang tren juga bakal memperbesar peluang viral.

6. Pakai Aplikasi Pembuat Video Khusus

Seringkali orang-orang merasa terbatas dengan fitur pembuat video bawaan TikTok. Jika Anda merasakan hal serupa, cobalah untuk memakai aplikasi pembuat video khusus. Jadi, edit video TikTok pakai apa? Ada banyak pilihan untuk diambil, salah satunya Canva.

Cara membuat video TikTok di Canva cukup mudah. Tersedia fitur lengkap, kebebasan mengatur durasi, hingga memilih berbagai macam format video. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengaplikasikan cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan secara praktis di sini.

 Selain Canva, aplikasi pembuat video lainnya juga bisa Anda gunakan sesuai preferensi.

7. Sisipkan Unsur Call to Action (CTA)

Menyisipkan Call to Action (CTA) atau ajakan bertindak, selain membantu meningkatkan peluang viral, bisa juga untuk mengembangkan jumlah pengikut. Bakal lebih efektif jika tak hanya jumlah penonton yang bertambah, tapi juga followers.

Contoh nyata Content Creator yang sukses menerapkan CTA adalah ketika banyak orang berkomentar untuk melihat kelanjutan video, lalu sang kreator membuat konten part dua. Saat orang-orang sudah suka, bukan tak mungkin mereka selalu meminta kelanjutan video.

8. Bagikan Tips dan Hal-Hal Bermanfaat

Faktanya, orang-orang juga suka belajar di TikTok. Maka dari itu, jika Anda memiliki keahlian dalam subjek tertentu, buatlah video informasi untuk membantu orang mempelajari lebih lanjut.

Video poin-poin dengan transisi cepat sangat cocok untuk meningkatkan engagement. Dengan teks di atas layar, hal tersebut juga mampu memandu pengguna dalam mengikuti setiap langkah yang Anda jelaskan dalam konten.

Tak dipungkiri pula bahwa segmentasi pasar di TikTok hobi berbelanja, sehingga berbagi rekomendasi produk pun mampu menjadi cara yang sangat mudah untuk mendapatkan daya tarik sekaligus menghasilkan uang dalam bentuk afiliasi atau promosi bisnis.

9. Konsisten Membuat Video TikTok

Sederet cara dan tips di atas, bakal terasa kurang efektif jika Anda tidak konsisten. Anda harus menggarap konten dan mengunggahnya secara berkala, semisal seminggu tiga kali atau bahkan sehari sekali jika memiliki waktu luang cukup banyak.

Demikian cara membuat video TikTok agar viral, tren, dan masuk FYP. Selebihnya Anda dapat bereksplorasi sendiri sesuai keinginan, jangan lupa juga untuk ramah dan sebisa mungkin membalas reply para pengikut agar mereka setia menyimak konten Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.