N.Hafizqi N.Hafizqi nama pena dari seorang perempuan yang dilahirkan pada bulan ke-2 terakhir dalam tahun masehi. Menyukai warna merah muda serta puisi sebagai karya sastra yang memiliki berjuta teka-teki sebagai pemahaman.

4 Hal Ini Akan Terjadi Jika Tidak Memiliki Dasar Negara

2 min read

Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara – Pengetahuan tentang kebangsaan merupakan suatu hal penting dan krusial yang harus dimiliki setiap warga negara.

Bahkan untuk menanamkan pengetahuan kebangsaan tersebut sejak memasuki bangku sekolah dasar kita telah diberikan mata pelajaran kewarganegaraan.

akibat tidak memiliki dasar negara

Ada banyak hal yang harus dimiliki suatu negara, tidak hanya sebatas pelengkap administrasi yang diakui merdeka.

Beberapa komponen berdirinya suatu negara memang akan berdampak terhadap keberlangsungan negara tersebut.

Seperti yang kita ketahui tentang tanah air Indonesia, bahwa kita memiliki sebuah dasar negara yang menjadi pedoman dan tata aturan dalam segala hal yang ada di Negeri tercinta ini.

Walau kenyataannya dalam hal pelaksanaan belum sesuai keseluruhan tetapi dasar Negara tersebut telah disusun sedemikian rupa yang kita kenal dengan Pancasila.

Bagaimana sebenarnya peranan penting dari dasar negara itu sendiri?

Dasar negara berperan sebagai suatu landasan kehidupan bagi sebuah negara serta dapat dikatakan sebagai tiang berdirinya sebuah negara.

Indonesia adalah Negara yang memiliki landasan kehidupan utama yaitu Pancasila, dimana Pancasila tidak hanya memiliki nilai keindahan, tetapi juga berisi tentang cita-cita dan tujuan leluhur nenek moyang bangsa Indonesia serta menjadi rujukan hukum dari seluruh hukum yang berlaku.

Begitu pentingnya bukan peranan suatu dasar negara sehingga diibaratkan seperti tiang, lantas apa akibat yang akan terjadi di masa depan jika tidak memiliki suatu dasar negara?

Silahkan simak pada ulasan berikut!

Negara Akan Mudah Runtuh

Apabila suatu negara tidak memiliki sebuah dasar negara maka dipastikan akan mudah runtuh, karena jika tidak memilikinya ibarat juga tidak memiliki tujuan dan cita-cita yang jelas sehingga akan mudah untuk dihancurkan oleh negara lain.

Selain itu negara yang tidak memiliki dasar negara juga tidak mempunyai arah atau tujuan jelas yang hendak dicapai sehingga akan mudah terombang-ambing dalam menghadapi bermacam-macam persoalan masyarakat.

Rakyatnya Akan Mudah Terpecah Belah

Rakyat yang tidak memiliki sebuah dasar negara akan terpecah belah karena akan mementingkan ego yang ada dalam dirinya masing-masing.

Karena tidak memiliki tujuan negara bersama maka masing-masing rakyat akan mengorientasikan pola pikirnya hanya untuk memenuhi ambisi pribadinya tanpa mementingkan persaudaraan sebangsa dan setanah air.

Perpecahan ini sangat berdampak buruk khususnya pada negara yang berbentuk kepulauan dan memiliki rakyat dengan berbagai perbedaan kebudayaan.

Tidak Memiliki Dasar dan Sumber Hukum Nasional

Dasar negara umumnya juga digunakan sebagai pedoman penentuan hukum yang berlaku di suatu negara sehingga jika tidak memiliki dasar maka negara tersebut tidak memiliki sumber hukum.

Artinya semua jenis peraturan perundang-undangan yang dibentuk dan dibuat untuk penyelenggaraan pemerintahan di dalam negara tersebut dibuat tanpa berpedoman dengan dasar negara.

Tidak Memiliki Pedoman Partisipasi Warga Negara

Negara yang tidak memiliki dasar negara maka tidak memiliki pedoman dalam menggunakan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap warga negaranya.

Padahal hak dan kewajiban tersebut memiliki nilai penting dalam mempertahankan negara dan menjadi suatu bentuk partisipasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya misalnya penentuan hak dan kewajiban warga negara dalam keikutsertaannya dalam pemilihan kepala negara.

Dalam hal ini juga berarti dalam pelaksanaan kegiatan kenegaraan tidak memiliki pedoman aturan yang berlandaskan pada dasar negara sehingga tidak harus diselaraskan dengan cita-cita bangsa yang telah ada.

Dari penjelasan di atas kita dapat menilai bahwa keberadaan dasar negara bagi suatu bangsa sangatlah penting dan apabila tidak memilikinya tentu negara tersebut akan menjadi berantakan dan hancur dalam penyelenggaraan kegiatan maupun pemerintahan kenegaraan dikarenakan tidak ada yang menjadi pedoman dan landasan bagi negara tersebut.

Negara yang tidak memiliki dasar juga akan dinilai sebagai negara yang tidak mempunyai jati diri akan mudah digoyang karena tidak memiliki sistem pemerintahan dan kehidupan masyarakat yang tertata.

Dasar negara memang merupakan suatu hal yang sangat fundamental dan harus dimiliki dalam pengaturan sistem penyelenggaraan pemerintahan serta tata kenegaraan sebuah negara.

Semua negara tentunya mempunyai dasar Negaranya masing-masing yang disesuaikan dengan jenis pemerintahannya juga cita-cita negara tersebut dan memiliki cerita sejarah tersendiri dalam penyusunannya.

Dasar negara memang tidak dilahirkan secara mudah sebab itulah dasar negara memiliki peranan yang begitu penting dalam sebuah tatanan pemerintahan yang tidak hanya mengatur tentang bentuk pemerintahan tetapi juga segala aspek yang terdapat di dalam suatu negara.

N.Hafizqi N.Hafizqi nama pena dari seorang perempuan yang dilahirkan pada bulan ke-2 terakhir dalam tahun masehi. Menyukai warna merah muda serta puisi sebagai karya sastra yang memiliki berjuta teka-teki sebagai pemahaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *