Ucapan Selamat Hari Raya Idul fitri Bahasa Jawa

4 min read

UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI BAHASA JAWA

Ucapan Selamat Hari Raya Idul fitri Bahasa Jawa – Setelah melaksanakan kewajiban salah satu rukun islam yakni puasa pada bulan ramadhan, umat islam akan merayakan Idhul Fitri pada 1 Syawal. Tetapi tahun ini orang-orang melakukan puasa dan merayakan lebaran tidak seperti biasanya karena banyak negara termasuk Indonesia sedang dilanda pandemi. Bagi orang jawa, selain menggunakan bahasa indonesia, Ucapan Selamat hari raya Idul Fitri bahasa Jawa merupakan kalimat baik yang diberikan saat sungkem. 

Tetapi jangan khawatir, meskipun tidak bisa bertemu secara langsung dengan keluarga dekat atau teman, kamu bisa memberi ucapan selamat hari raya idhul fitri melalui whatsapp atau sosial media lainnya.

Menyambut Idhul Fitri akan memberikan nuansa kehagiaan lahir dan batin. Ucapan selamat hari raya dan kata-kata maaf akan melengkapi ibadah selama bulan Ramadhan. Kalimat selamat hari raya umumnya diberikan dalam bahasa Indonesia. Artikel kali ini akan memberikan contoh ucapan selamat hari raya Idul Fitri bahasa Jawa.


Daftar isi Artikel

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Krama Inggil

Selamat Hari Raya Idul Fitri Krama Inggil

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Santri

Bagi suku jawa, penggunaan bahasa jawa disesuaikan dengan siapa kamu berbicara. Jika lawan bicaramu lebih tua, kamu perlu menggunakan kromo inggil atau bahasa jawa halus. Penggunaan kromo inggil juga mencerminkan kesopanan dan budi pekertimu. Sudah menjadi budaya, khususnya di Jawa untuk meminta maaf kepada yang lebih tua dan yang lebih dihormati.

Bapak/ibu….  nyuwun pangaputen atas kalepatan kulo dumateng bapak/ibu/

Artinya, minta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat kepada bapak/ibu. Kalimat ini cukup simpel, terutama jika digunakan dalam acara halal bihalal yang melibatkan orang banyak. 

Bapak/ibu/.. kulo ngaturaken sedoyo kalepatan kawulo ingkang dipun sengana lan boten, ing dinten riyoyo meniko kawulo nyuwun pangapunten kulo ingkang nyuwun pangapunten seageng-agengipun

Artinya, menyampaikan semua kesalahan yang disengaja dan tidak disengaja, di hari raya Idhul Fitri ini meminta maaf yang sebesar-besarnya. Sebagai Manusia pasti tak luput dari yang namanya kesalahan. Pada hari yang fitri, mintalah maaf baik ke sesama manusia maupun Tuhan agar diberikan kembali suci oleh Allah.

Sugeng riyadi kulo ucapken kangge bapak lan ibu sakeluargo mugi-mugi tansah sehat lan sentoso. Kawulo nyuwun agungipun pangapunten sadaten kalepatan kulo

Artinya, semoga bapak dan ibu sekeluarga senantiasa sehat dan sejahtera. minta maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang telah diperbuat. Kalimat ini bisa menjadi salah satu opsi untuk sungkem ke orang yang dituakan.

Dinten meniko dinten bakda riyadi, kulo menawi gadhah kalepatan ingkang disengaja lan boten dumateng bapak/ibu sakaluarga, kulo nyuwung agenging pangaksami

Artinya,  hari ini merupakan hari raya Idhul Fitri, Jika ada kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Bapak/ibu, Kawulo badhe ngaturaken sugeng riyadi 1 Syawal 14.. Hijriyah. Mugi-mugi gusti Allah ingkang maha agung tansah paring hidayah, maghfiroh lan barokah dumateng kito sadoyo. kulo nyuwun pangapunten bilih wonten kelepatan.

Artinya, memberikan kalimat ucapkan selamat hari raya Idhul Fitri 14… Hijriyah. semoga Allah senantiasa memberi hidayah, ampunan dan berkah bagi kita semua. tak lupa minta maaf atas kesalahan yang pernah diperbuat.

Saat memberikan ucapan selamat hari raya, bisa juga bisa ditambahkan dengan kalimat sepeti Taqabballahu minna wa minkum yang artinya semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu, kalimat ini juga biasanya diiringi dengan ucapan shiyamana dan shiyamakum yang artinya semoga puasa kita diterima oleh Allah.

Atau bisa menambahkan doa seperti “kullu amin wa antum bikhoir” yang bartinya semoga sepanjang tahun kalian baik baik saja. selain merupakan ucapan selamat hari raya, kalimat tersebut juga merupakan doa. Pada kalimat tersebut terkandung doa agar senantiasa diberkahi oleh Allah dan sehat selalu sepanjang tahun.

Sucining ati lan tumatining tingkah laku. Sugeng riyadi 14… Hijriyah. Nanging wonten kalepatan, kulo nyuwun pangapunten kaleh bapak/ibu

Artinya, sucinya hati sempurnanya tinggkah laku, selamat hari raya Idhul Fitri 14… Hijriyah. Jika ada kesalahan, mohon maaf kepada bapak/ibu. Ucapan selamat hari raya idul fitri bahasa jawa ini merupakan salah satu opsi yang baik untuk diberikan kepada orang yang dihormati atau lebih tua.

Sugeng riyadi, derek dipangampuro ingkang sampun kelampahan. Kulo nyuwun pangapunten saking pitutur ingkang landep lan tindak tanduk ingkang mboten kepranan.

Artinya selamat hari raya, mohon dimaafkan atas kesalahan yang sudah diperbuat. mohon maaf atas lisan yang tajam dan tingkah laku yang tidak mengenakan hati.

Kulo nyuwun agunging pangapunten sedanten kalepatan lahir lan batos boten langkung ngaturaken sugeng riyadi, mugi-mugi gusti Allah paringi ridho lan rahmatipun dumateng kito sedoyo,

Artinya, mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang pernah diperbuat lahir maupun batin, tak lupa mengucapkan selamat hari raya Idhul Fitri, semoga Allah memberikan ridho dan rahmatNya bagi kita semua,


Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa Ngoko

Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa Ngoko

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Sahabat Bahasa Inggris

Bahasa jawa ngoko biasanya digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih muda atau sebaya. Kamu juga bisa menggunakannya saat halal bihalal dengan peserta yang sangat banyak misalnya saat di masjid setelah melakukan sholat Id. Beberapa ucapan selamat hari raya idul fitri bahasa jawa ngko ini bisa kamu berikan kepada teman sebaya atau saudaramu.

Mas/mba… sedoyo lepat kulo nyuwun pangapunten nggih

Artinya, mas/mba, atas semua kesalahan,  mohon maaf ya. Ucapan ini paling simpel dan cukup bermakna.

Maaf lahir batin. Mugi-mugi gusti Allah ngapura kabeh dosa sing pernah dilakoni.

Artinya, minal aidzin wal faizin, maaf lahir batin, semoga Allah mengampuni semua dosa yang pernah diperbuat. Ini merupakan ucapan paling umum yang digunakan masyarakat.

Mangan kupat ngagem santen, menawi lepat kulo nyuwun pangapunten

Artinya, makan kupat pake santan, kalo ada kesalahan mohon maaf. Tidak ada salahnya jika menggunakan kalimat ini saat sungkem dengan teman atau saudara.

Nggodong banyuu ing ngisor ondo, godong klapa digawe atep. Salah khilaf kulo nyuwun ngapuro, mugo iso ketemu maneh neng taun ngarep

Artinya, merebus air di bawah tangga, daun kelapa dibuat atap. Atas salah dan khilaf mohon maaf, ketemu lagi taun depan. Ucapan selamat hari raya idul fitri ini bisa digunakan jika bertemu teman atau saudara sebaya yang hanya  setaun sekali bertemu, biasanya saat mudik ke kampung. Mudik merupakan tradisi orang jawa dimana mereka pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran sekaligus silaturahmi di hari yang fitri.

Sedurunge srengenge singlup meneh, kulo ngucapke minal aidzin wal faizin maaf lahir batin saka njero atiku

Artinya, sebelum matahari tenggelam, izinkan untuk mengucapkan minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir batin dari hati yang terdalam. Kalimat selamat hari raya ini dibuat dengan awal yang cukup puitis.

Ana kesalahan sing diucapke lan rampung, ing dino iki, kulo nyuwun pangapunten.

Artinya, ada kesalahan yang terucap dan telah berlalu di hari ini mohon maaf . Kalimat ini cukup singkat tetapi memiliki makna yang dalam.

Mugo-mugo gusti Allah nyediakhe kebecikan gede lan tentrem ing dina suci iki

Artinya, semoga Allah memberikan kebahagiaan yang besar  dan ketentraman di hari yang suci ini. kalimat ini selain berfungsi sebagai ucapan juga sekaligus merupakan doa yang baik.

Nah, itu dia beberapa ucapan selamat hari raya Idul Fitri bahasa jawa baik menggunakan bahasa Jawa alus atau krama inggil maupun bahasa jawa ngoko. Krama inggil bisa diaplikasikan kepada orang yang lebih tua atau yang hormati. Tetapi jika mau, kalimat tersebut juga bisa diberikan ke teman atau saudara kamu dengan sedikit perubahan kalimat agar terkesan tidak terlalu formal.

Selain memberikan selamat, beberapa contoh ucapan diatas juga mengandung doa dan nasihat agar senantiasa sehat, diridhoi Allah dan diampuni segala dosa yang telah diperbuat. Semua orang bisa menggunakan contoh ucapan selamat hari raya Idul fitri bahasa jawa diatas secara langsung maupun tidak langsung seperti melalui telepon, video call, aplikasi perpesanan, atau saat mengirim bingkisan Lebaran dengan menyelipkan kartu ucapan selamat hari raya mennggunakan bahasa Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *